Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengemas hasil profil protein hati Mus musculus dengan elektroforesis dua dimensi ke dalam buku elektronik (e-book), dan mengetahui kemampuan berpikir kreatif  mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran menggunakan media e-book. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research). Hasil penelitian ini  yaitu media pembelajaran e-book yang dibangun berdasarkan hasil riset secara struktural terdiri dari; a) pendahuluan, b) materi isi elektroforesis, c) analisis hasil penelitian,  d) kesimpulan, e) evaluasi, dan f) biodata penulis. Setelah e-book diimplementasi terhadap mahasiswa sebanyak 30 orang menunjukkan bahwa mahasiswa yang berpikir sangat kreatif berjumlah 19 orang (63%), mahasiswa berpikir kreatif 7 orang (23,3%), dan mahasiswa berpikir cukup kreatif 3 orang (13,3%).

Kata kunci : E-book ; elektroforesis 2-D; kemampuan berpikir kreatif.

Article Details

How to Cite
Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 131–134. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.131-134