Main Article Content

Abstract

 Abstrak

 

          Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati, salah satunya adalah Coura amboinensis yang terletak di Aceh, Bengkulu dan Enggano. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran audio visual yang dikembangkan dari hubungan kekerabatan Coura amboinensis dari Aceh, Bengkulu, Enggano menggunakan DNA mitokondria untuk digunakan sebagai referensi ketika mengisi Lembar Diskusi Siswa untuk mengukur kemampuan siswa kelas 10 Madrasah Aliyah Ja -alhaq Bengkulu untuk materi keragaman genetik. Tipe Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dianalisis pengembangannya. Hasil penelitian menunjukkan desain media dengan merakit kegiatan eksperimen DNA Cuora amboinensis menjadi video pembelajaran melalui tahapan analisis kurikulum, validasi ahli membentuk media audio visual yang mampu menarik perhatian siswa saat pembelajaran karena video terdiri dari video pengantar berasal dari youtube, isi dari seri dan penutup proses eksperimental. Hasil penelitian media ini menyimpulkan bahwa penggunaan media pengajaran audio visual berhasil membuat siswa mudah memahami materi keragaman genetik.

 

Kata kunci: Pemahaman siswa; keanekaragaman genetik; eksperimen DNA; Cuora amboinensis.

Article Details

How to Cite
Fitriani, Y., Ruyani, A., & Karyadi, B. (2018). Pemahaman siswa SMA tentang keanekaragaman genetik berdasarkan eksperimen DNA mitokondria Cuora amboinensis Sumatera. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 153–157. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.153-157