Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan karakteristik sebaran temperatur udara di daerah pesisir pantai Kota Bengkulu bagian Utara, 2) mendeskripsikan pengaruh sebaran temperatur udara terhadap pola kecepatan angin di daerah pesisir pantai Kota Bengkulu bagian Utara, 3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, dan 4) menjelaskan perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.  Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Temperatur udara dipengaruhi oleh waktu, koordinat, tutupan awan dan vegetasi. Temperatur udara tertinggi sebesar 31,80C, terendah sebesar 24,60C dan rata-rata sebesar 30,10C; 2) Temperatur udara berpengaruh terhadap kecepatan angin. Fenomena ekstrim mengenai pengaruh temperatur udara terhadap kecepatan angin terjadi pada hari Rabu 6 Maret 2017. Temperatur udara mengalami penurunan drastis dari 30,50C menjadi 24,60C yang diikuti dengan perubahan kecepatan angin secara ekstrim dari 2,7 m/s berubah menjadi 7,2 m/s, 3) terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning sebesar 0,72 (tinggi) dan pembelajaran konvensional sebesar 0,36 (sedang); 4) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan siswa diajar secara konvensional yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel (4,49 > 2,01) dengan taraf signifikasi 5%.

Kata kunci: Temperatur udara; kecepatan angin; pesisir pantai; Kota Bengkulu.

Article Details

How to Cite
Triono, N., Farid, M., & Medrianti, R. (2018). Pembelajaran menggunakan media karakteristik sebaran temperatur udara dan kecepatan angin di pesisir pantai Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 123–130. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.123-130