Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1). Menghasilkan Paket Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT, (2) Mendiskripsikan efektivitas Pembelajaran Fisika menggunakan Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT, (3) Mendiskripsikan tingkat efektivitas Pembelajaran Fisika menggunakan Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT dan (4) Mendiskripsikan peran Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT dalam memotivasi belajar mahasiswa, menurunkan miskonsepsi mahasiswa dan wadah pengembangan inteligensi ganda mahasiswa. Metode penelitian dibagi menjadi dua bagian. Pertama, Kegiatan Pra penelitian yaitu membuat Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT yang meliputi: Analysis, Design, Code, dan Testing. Kedua adalah penelitian untuk melihat efektivitas Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT dalam pembelajaran. Selain itu dianalisa juga pengaruhnya terhadap motivasi belajar, penurunan miskonsepsi dan wadah tempat tumbuh-kembangnya inteligensi mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Berdasar hal itu peneliti menetapkan sampel semua mahasiswa S2 IPA semester 1 dan 3 tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 54 orang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa, Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT efektif digunakan dalam pembelajaran, hal itu terlihat dari nilai NGain sebesar 0,82 berada dalam kategori tinggi atau sangat efektif. Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT efektif digunakan untuk memotivasi mahasiswa belajar hal itu terlihat dari score motivasi sebesar 3,88 (dari Skala 1-4) berada dalam kategori sangat baik. Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT efektif digunakan sebagai wadah tumbuh-kembangnya inteligensi ganda siswa, hal itu terlihat dari score yang didapat sebesar 3,94 (dari Skala 1-4) berada dalam kategori sangat baik. Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT efektif digunakan untuk menurunkan miskonsepsi siswa, hal itu terlihat dari score penurunan miskonsepsi sebesar 3,94 (dari Skala 1-4) berada dalam kategori sangat baik.

Article Details

How to Cite
Mayub, A. (2020). Efektifitas Belajar Fisika Mahasiswa Melalui Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 40–49. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.40-49

References

  1. Agus S.A. 2010. E-elarning cerdas dengan personalisasi menggunakan teknik data mining dan decision support system pada elearning-ujb.net Univ. Janabadra, Ykt, Seminar Nasional Informatika 2010, Yogyakarta 2010; ISSN 1979-2328.
  2. Budi, Brian Nurjayanti. 2012. Pengembangan Metode Pembelajaran Online Berbasis E-learning pada mata kuliah Pemrograman Teknik Komputer IPB Bogor, Jurnal Sains Terapan Edisi II Vol.2 No.1 Hal 103-113, 20012.
  3. Christopher Pappas. (2005) Multiple Intelligences In eLearning: The Theory and Its Impact, e-learning industry
  4. DePorter and Hernacki. (2011). Differences in Learning Method Using Quantum Learning Flash Animation with Conventional Learning on The Concept of Temperature and Heat, Google Translate for Business: Translator Toolkit Website Translator Global Market Finder.
  5. Dian Kurniati, Dinawati Trapsilasiwi. 2014. Pengembangan model Pembelajaran analisis real berbasis web dalam bentuk e-learning; ©Kadikma, Vol.5, No.3, hal 1-12
  6. Dwi Agustine, Ketang Wiyono, M. Muslim. 2014. Pengembangan elearning berbantuan virtual laboratory untuk mata kuliah praktikum fisika dasar II di program studi pendidikan fisika FKIP UNSRI, Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika Vol.1 No.1
  7. FE Gouws. (2008). Journal Teaching and learning through multiple intelligences in the outcomes-based education classroom, Africa Education Review, Volume 4.
  8. Haryono. (2012). Virtual Learning/Virtual Classroom, Sebagai model pendidikan jarak jauh: Konsep dan penerapannya, Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, Balai Besar Pengembangan Teknologi Tepat Guna-LIPI.
  9. Hasrul, 2011. Desain Media Pembelajaran Animasi berbasis Adobe Flash CS3 pada mata kuliah intalasi listrik 2, Jurnal Medtek, Vol.3 No.2 Oktober 2011.
  10. Ishafit. 2014. Pengembangan Pembelajaran fisika dengan multiple Representations Berbasis ICT untuk meningkatkan Penguasan Konsep Kinematika, Persepesi, dan motivasi Mahasiswa PGMIPA-BI, Prosideding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY, Yogyakarta, April 2014.ISSN 0853-0823.
  11. Isni Murdiyani, 2012. Pembelajaran Biologi menggunakan elearning berbasis multiple intelligences pada system gerak manusis, Journal of Curriculum and Educational, Vo.1, No.1, 2012, ISSN 2252-7125.
  12. Jatmiko BP, J.S Sukarjo, Sri Mulyani, 2013. Penerapan Blended Learning dengan Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA N Gondangrejo, 2013, Jurnal Pendidikan Kimia Vol.2 No.4 Thn 2013, ISSN 2337-9995
  13. Kunjal Bharatkumar Mankad. (2015). The Role of Multiple Intelligence in E-Learning, IJSRD - International Journal for Scientific Research & Development| Vol. 3, Issue 05, 2015 | ISSN (online): 2321-0613
  14. Laela Halawi. (2010). Belajar Efektif Dengan E-Learning Faculty of Human Sciences, Waseda University and Faculty of Education, Nagasaki University, Japan
  15. M. Yazdi. (2012). E-learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis Teknologi Informasi, Jurnal Ilmiah Foristek Vol.2, No.1, Maret 2012
  16. M. Yazdi. 2012. E-learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis Teknologi Informasi, Jurnal Ilmiah Foristek Vol.2, No.1, Maret 2012.
  17. Mayub, 2015. Implementasi Virtual Classroom Sebagai Upaya Memotivasi Mahasiswa Belajar Fisika, Laporan Penelitian 2015
  18. Mayub, 2016. Analisis peran e-learning dalam pembelajaran Fisika Dasar Laporan Penelitian 2016
  19. Mayub, 2017. Rekayasa Model Program E-learning Sebagai Wadah Perbaikan Miskonsepsi Fisika Pada Mahasiswa, Laporan Penelitian 2017
  20. Mayub, 2018. Menumbuhkembangkan Inteligensi Ganda melalui Program E-learning Berbasiskan ICT, Laporan Penelitian 2018
  21. Medeiros Vieira, Leandro and Ferasso, Marcos and Schröeder, Christine, (2014). Connecting Multiple Intelligences through Open and Distance Learning: Going towards a Collective Intelligence? European Journal of Open, Distance and E-Learning, Volume 17, Issue 1, Jul 2014. Available at SSRN: https://ssrn.com/ abstract =2875482
  22. Morten Brekke, Peter Henrik Hosstad. 2010. New Teaching Method-Using computer technology in physics, mathematics and compoter science, International Journal of digital Society, Volume 1, issue 1, March, p.19
  23. Mustadji. 2011. Pemanfaatan Multimedia Untuk Meningkatkan kualitas Pendidikan, seminar AKAL interaktif di TB., Gramedia EXSPO Surabaya.
  24. Novi Hidayati. 2010. Sistem e-learning untuk meningkatkan proses belajar-mengajar pada SMA N 10 Bandar Lampung, Jurnal Telematika Mkom Vol.2, No.2, 2010.
  25. Numiek SH. 2013. Keefektivitas e-learning sebagai media pembelajaran di SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol.3 No.1 Februari 20013
  26. Purbo O.W., Hartanto, A.A. 2001. Teknologi e-Learning, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
  27. Risnandar. 2010. Perancangan e-learning dengan Pendekatan Product-Service System (PSS) dan DICE Framework, Konferensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia, Bandung.
  28. Sakchai Tangwannawit, Nidapan Sureerattanan, Monchai Tiantong. (2008). Multiple Intelligences Learning Activities Model in e-Learning Environment Department of Computer Education King Mongkut’s University of Technology North Bangkok Thailand
  29. Sehat Sempurna. (2012). Perkembanagn e-learning, Jur.Teknik Komputer dan jaringan ITB-SEOMOLEC, Bandung.
  30. Sianipar DB. (2010). Desain dan Pengembangan Interactive 3 Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa, Laporan Penelitian, Magister Teknik Elektro ITB, Bandung.
  31. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
  32. Sulistyo, J. 2010. 6 hari jago SPSS 17, Cakrawala, Yogyakarta
  33. Sutrisno. 1993. Fisika Komputasi dan Kurikulum Inti Pendidikan Sarjana Fisika dan Sarjana Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika ITB, Bandung.
  34. Team E-learning. 2004. Buku Panduan WebCT 4.1 Untuk Pengajar, Universiteit Utrecht dan Universitas Padjadjaran, Bandung.
  35. Victor. 2008. Pengembangan Prototipe Model Virtual Reality Interaktif, Skipsi, Program Studi Teknik Informatika Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung, Bandung.
  36. Zyainuri, Eko Marpanaji. 2012. Penerapan elearning moodle untuk pembelajaran siswa yang melaksanakan Prakerin, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol.2 No.3, 2012.