Isi Artikel Utama
Abstrak
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Fajriyah Nur Faiqah, Diki Rukmana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Adharica, A., Fanani, A., & Prastyo, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Belahantengah Mojosari. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 33–40.
- Aksari, A., Wiguna, F. A., & Basori, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Menjelaskan Energi Alternatif Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 191–203.
- Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for learning, Teaching And Assessing: a Revision of Bloom’s Taxonomyy of Educational Objectives. Longman Inc.
- Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341–1348.
- Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.
- Matondang, S. (2021). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Kelas IV SD Negeri 228 Hutagodang. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1), 11–20.
- Medi, Y., Kurniawati, M., & Sundaygara, C. (2021). perbandingan Prestasi Belajar Fisika Siswa Dengan MEnggunakan Model Pictorial Riddle Dan Problem Based Learning Secara Daring. Rainstek: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(3), 233–240.
- Purwoko, A. A., Burhanuddin, Andayani, Y., Hadisaputra, S., Yulianti, L., Fitri, Z. N., Pariza, D., & Burhanuddin. (2021). Validitas instrumen dalam rangka pengembangan metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Prosiding SAINTEK LPPM Universitas Mataram, 3, 94–102.
- Qoyyimah, T. F., & Nugroho, O. F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Pictorial Riddle Dalam Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SDN Gudang. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 141–147.
- Rahmah, K., Widodo, W., & Supardi, I. (2019). Pengembangan Kit Media Pembelajaran IPA Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Tata Surya Pada Siswa Kelas Vi SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(1), 892–899.
- Ratnasari, D., Hidayati, Y., & Syafriani. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Siswa Kelas VIII SMP N 31 Padang. Pillar of Physics Education, 13(2), 273–280.
- Sari, L. S., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1699–1703.
- Simarmata, N. I. P., Hasibuan, A., Rofiki, I., Purba, S., Tasnim, Sitorus, E., Silitonga, H. P., Sutrisno, E., Purba, B., Makbul, R., Sianturi, E., Bachtiar, E., Agustin, T., Negara, E. S., & Simarmata, J. (2021). Metode Penelitian Untuk Perguruan Tinggi. Yayasan Kita Menulis.
- Surtriyanti, E., Panjaitan, R. L., & Sudin, A. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Pictorial Riddle Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Materi Pelestarian Lingkungan. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 331–340.
Referensi
Adharica, A., Fanani, A., & Prastyo, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Belahantengah Mojosari. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 33–40.
Aksari, A., Wiguna, F. A., & Basori, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Menjelaskan Energi Alternatif Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 191–203.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for learning, Teaching And Assessing: a Revision of Bloom’s Taxonomyy of Educational Objectives. Longman Inc.
Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341–1348.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.
Matondang, S. (2021). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Kelas IV SD Negeri 228 Hutagodang. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1), 11–20.
Medi, Y., Kurniawati, M., & Sundaygara, C. (2021). perbandingan Prestasi Belajar Fisika Siswa Dengan MEnggunakan Model Pictorial Riddle Dan Problem Based Learning Secara Daring. Rainstek: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(3), 233–240.
Purwoko, A. A., Burhanuddin, Andayani, Y., Hadisaputra, S., Yulianti, L., Fitri, Z. N., Pariza, D., & Burhanuddin. (2021). Validitas instrumen dalam rangka pengembangan metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Prosiding SAINTEK LPPM Universitas Mataram, 3, 94–102.
Qoyyimah, T. F., & Nugroho, O. F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Pictorial Riddle Dalam Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SDN Gudang. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 141–147.
Rahmah, K., Widodo, W., & Supardi, I. (2019). Pengembangan Kit Media Pembelajaran IPA Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Tata Surya Pada Siswa Kelas Vi SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(1), 892–899.
Ratnasari, D., Hidayati, Y., & Syafriani. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Siswa Kelas VIII SMP N 31 Padang. Pillar of Physics Education, 13(2), 273–280.
Sari, L. S., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1699–1703.
Simarmata, N. I. P., Hasibuan, A., Rofiki, I., Purba, S., Tasnim, Sitorus, E., Silitonga, H. P., Sutrisno, E., Purba, B., Makbul, R., Sianturi, E., Bachtiar, E., Agustin, T., Negara, E. S., & Simarmata, J. (2021). Metode Penelitian Untuk Perguruan Tinggi. Yayasan Kita Menulis.
Surtriyanti, E., Panjaitan, R. L., & Sudin, A. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Pictorial Riddle Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Materi Pelestarian Lingkungan. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 331–340.