Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model teka-teki bergambar berbantuan aplikasi Canva terhadap motivasi belajar dan penguasaan konsep IPA pada siswa kelas IV SDS Budi Murni Cipayung. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas IV SDS Budi Murni Cipayung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki nilai thitung (7,892) > tta tabel (2,2010) pada taraf signifikansi 0,05 sedangkan untuk menguasai konsep nilai t hitung ( 11,285 ) > ttabel ( 2,2010 ) pada taraf signifikansi 0,000 < 0 ,05 .Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model teka-teki bergambar berbantuan aplikasi Canva berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SDS Budi Murni Cipayung.

Kata Kunci

Pictorial Riddle Canva Learning Motivation Mastery of Science Concepts. Pictorial Riddle Canva Learning Motivation Mastery of Science Concepts.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Faiqah, F. N., & Rukmana, D. (2022). Pengaruh Model Pictorial Riddle Berbantuan Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas IV. Jurnal PGSD, 15(2), 176–185. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.2.176-185

Referensi

  1. Adharica, A., Fanani, A., & Prastyo, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Belahantengah Mojosari. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 33–40.
  2. Aksari, A., Wiguna, F. A., & Basori, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Menjelaskan Energi Alternatif Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 191–203.
  3. Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for learning, Teaching And Assessing: a Revision of Bloom’s Taxonomyy of Educational Objectives. Longman Inc.
  4. Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341–1348.
  5. Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.
  6. Matondang, S. (2021). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Kelas IV SD Negeri 228 Hutagodang. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1), 11–20.
  7. Medi, Y., Kurniawati, M., & Sundaygara, C. (2021). perbandingan Prestasi Belajar Fisika Siswa Dengan MEnggunakan Model Pictorial Riddle Dan Problem Based Learning Secara Daring. Rainstek: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(3), 233–240.
  8. Purwoko, A. A., Burhanuddin, Andayani, Y., Hadisaputra, S., Yulianti, L., Fitri, Z. N., Pariza, D., & Burhanuddin. (2021). Validitas instrumen dalam rangka pengembangan metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Prosiding SAINTEK LPPM Universitas Mataram, 3, 94–102.
  9. Qoyyimah, T. F., & Nugroho, O. F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Pictorial Riddle Dalam Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SDN Gudang. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 141–147.
  10. Rahmah, K., Widodo, W., & Supardi, I. (2019). Pengembangan Kit Media Pembelajaran IPA Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Tata Surya Pada Siswa Kelas Vi SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(1), 892–899.
  11. Ratnasari, D., Hidayati, Y., & Syafriani. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Siswa Kelas VIII SMP N 31 Padang. Pillar of Physics Education, 13(2), 273–280.
  12. Sari, L. S., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1699–1703.
  13. Simarmata, N. I. P., Hasibuan, A., Rofiki, I., Purba, S., Tasnim, Sitorus, E., Silitonga, H. P., Sutrisno, E., Purba, B., Makbul, R., Sianturi, E., Bachtiar, E., Agustin, T., Negara, E. S., & Simarmata, J. (2021). Metode Penelitian Untuk Perguruan Tinggi. Yayasan Kita Menulis.
  14. Surtriyanti, E., Panjaitan, R. L., & Sudin, A. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Pictorial Riddle Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Materi Pelestarian Lingkungan. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 331–340.