Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Margajaya 4 Kota Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar subtema Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku pada siswa kelas 4 SDN Margajaya 4 Kota Bogor Semester Genap tahun ajaran 2021/2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, homogenitas varians, dan uji hipotesis penelitian menggunakan uji t. Perhitungan N-Gain model Problem Based Learning berbantuan media video animasi sebesar 76 dengan ketuntasan hasil belajar 90,92%, nilai N-Gain model konvensional sebesar 49 dengan ketuntasan hasil belajar 75%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (7,80798) > ttabel (1,99834), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Febriani, U., Windiyani, T., & Anjaswuri, F. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku. Jurnal PGSD, 15(2), 167–175. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.2.167-175

Referensi

  1. Astuti, N., Rapani, Ningsih, D. K., & Triastuti, V. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Implementasi di SD (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.
  2. Dewi, N. M. J., Putra, D. K. N. S., & Ganing, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10.
  3. Farindhni, D. A. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Peningkatan Motivasi Belajar dan Karakter Demokratis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 172–186.
  4. Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.
  5. Isnaeni, F., & Windiyani, T. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tema 8 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Prosiding Transformasi Pendidikan Era 4.0 Dalam Mengembagkan Pendidikan Dasar Bermutu Dan Berkarakter, 41–44.
  6. Jannah, A. R., Rahmawati, I., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 342–350.
  7. Larasati, & Muhammadi. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus I Kecamatan Batang Gasan. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 825–835.
  8. Marwah, H. S., Suchyadi, Y., & Mahajani, T. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya. Journal Of Social Studies, Arts and Humanities (JSSAH), 1(1), 42–45.
  9. Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. JPGSD, 08(05), 1–11.
  10. Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Mysikat, 3(1), 171–187.
  11. Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2019). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Depok: Rajawali Pers.
  12. Rustinah, Basri, M., & Muhajir. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Murid Kelas V SDN 3 Sambung Jawa Kabupaten Pangkep. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 211–221.
  13. Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
  14. Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.
  15. Vera, M., Mawardi, & Astuti, S. (2019). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Kelas V SDN Sidorejo Lor V Salatiga. MAJU, 6(1), 11–21.
  16. Yusita, N. K. P., Rati, N. W., & Pajarastuti, D. P. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 174–182.