Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran program Sehari Berbudaya Pasti Aceh (SEDATI) dalam upaya melestarikan kearifan budaya lokal di SD Negeri 53 Banda Aceh. Program ini merupakan kebijakan yang diluncurkan oleh pemerintah kota Banda Aceh melalui dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) untuk memperkenalkan kearifan budaya lokal Aceh kepada siswa sejak dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Sehari Berbudaya Pasti Aceh (SEDATI) efektif meningkatkan pemahaman dan apresiasi siswa terhadap budaya Aceh. Selain itu, program ini memperkuat identitas dan kebanggaan di kalangan siswa. Kesimpulannya, program Sehari Berbudaya Pasti Aceh telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam melestarikan kearifan budaya lokal di lingkungan SD dan dapat menjadi model bagi inisiatif serupa di daerah lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran program Sehari Berbudaya Pasti Aceh (SEDATI) dalam upaya melestarikan kearifan budaya lokal di SD Negeri 53 Banda Aceh. Program ini merupakan kebijakan yang diluncurkan oleh pemerintah kota Banda Aceh melalui dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) untuk memperkenalkan kearifan budaya lokal Aceh kepada siswa sejak dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Sehari Berbudaya Pasti Aceh (SEDATI) efektif meningkatkan pemahaman dan apresiasi siswa terhadap budaya Aceh. Selain itu, program ini memperkuat identitas dan kebanggaan di kalangan siswa. Kesimpulannya, program Sehari Berbudaya Pasti Aceh telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam melestarikan kearifan budaya lokal di lingkungan SD dan dapat menjadi model bagi inisiatif serupa di daerah lain.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Roslinda Linda, Putry Julia, Hafidh Maksum

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
-
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Fadhilah, E. A., Saputri, S., Rustini, T., & Arifin, M. H. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Siswa Sd Melalui Upacara Adat “Ngertakeun Bumi Lamba.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(1), 13–20. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.55868
Fatmawati. (2022). Melestarikan Budaya dan Kearifan Lokal melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Cakaplah.Com.
Ginting, B., & Mahara, S. (2022, July). Peran Guru dalam Menerapkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Era Revolusi Industri 4.0 pada Peserta Didik. Seminar Nasional 2022-NBM Arts.
Hidayati, D. (2017). Memudarnya Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Dalam Pengelolaan Sumber Daya Air. Jurnal Kependudukan Indonesia, 11(1), 39.
Jum’addi. (2018). Strategi Majelis Adat Aceh (MAA) dalam Melestarikan Budaya Aceh. Al -Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, 2(2), 152
Kusnadi. (2022). Merdeka Belajar Untuk Menumbuhkan Kearifan Lokal: Suatu Proses Pembelajaran Memperkuat Pilar Pendidikan. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XIV, 14(1), 63–76.
Lamri. (2019). Menanamkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Mempererat Integrasi Bangsa. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 9(2), 55–68.
Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Sebayang, S., & Rajagukguk, T. (2019). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SD Dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 2(2), 105–114.
Sukardi. (2005). Metodelogi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. AlfaBeta
Referensi
Fadhilah, E. A., Saputri, S., Rustini, T., & Arifin, M. H. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Siswa Sd Melalui Upacara Adat “Ngertakeun Bumi Lamba.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(1), 13–20. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.55868
Fatmawati. (2022). Melestarikan Budaya dan Kearifan Lokal melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Cakaplah.Com.
Ginting, B., & Mahara, S. (2022, July). Peran Guru dalam Menerapkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Era Revolusi Industri 4.0 pada Peserta Didik. Seminar Nasional 2022-NBM Arts.
Hidayati, D. (2017). Memudarnya Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Dalam Pengelolaan Sumber Daya Air. Jurnal Kependudukan Indonesia, 11(1), 39.
Jum’addi. (2018). Strategi Majelis Adat Aceh (MAA) dalam Melestarikan Budaya Aceh. Al -Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, 2(2), 152
Kusnadi. (2022). Merdeka Belajar Untuk Menumbuhkan Kearifan Lokal: Suatu Proses Pembelajaran Memperkuat Pilar Pendidikan. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XIV, 14(1), 63–76.
Lamri. (2019). Menanamkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Mempererat Integrasi Bangsa. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 9(2), 55–68.
Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Sebayang, S., & Rajagukguk, T. (2019). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SD Dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 2(2), 105–114.
Sukardi. (2005). Metodelogi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. AlfaBeta