Isi Artikel Utama

Abstrak

Siswa kelas lima di SD Madani Islamic School Riau menjadi subjek penelitian ini, yang bertujuan untuk mengidentifikasi korelasi antara metode pembelajaran yang disukai siswa dan kinerja mereka dalam penilaian terkait IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan strategi penelitian korelasional. Kuesioner tertutup digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai karakteristik gaya belajar, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data mengenai hasil belajar. Dengan menggunakan pendekatan purposive sampling, 24 responden yang merupakan siswa kelas 5 SD Madani Islamic School Riau dipilih untuk penelitian ini. Statistik deskriptif dan statistik inferensial, yaitu uji One Way Anova, digunakan untuk mengevaluasi data. Terdapat total 19 siswa SD Madani Islamic School Riau yang condong ke arah pembelajaran visual (79%), 3 siswa condong ke arah pembelajaran auditori (13%), dan 2 siswa condong ke arah pembelajaran kinestetik (8%). Nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS (seperti yang ditunjukkan dari hasil ujian akhir semester) adalah 85,6 untuk siswa dengan gaya belajar visual, 88,0 untuk siswa dengan gaya belajar auditori, dan 86,5 untuk siswa dengan gaya belajar kinestetik. Ambang batas signifikansi sebesar 5% digunakan dalam analisis data One Way ANOVA, dan hasilnya adalah 0,478 > 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Ha tidak diterima sedangkan Ho diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas lima di SD Madani Islamic School Riau tidak berbeda secara signifikan dalam prestasi belajar IPS mereka berdasarkan gaya belajar masing-masing siswa.

Kata Kunci

Learning Styles Learning Outcomes Social Studies Gaya Belajar Hasil Belajar IPS

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Saleh, K., Nurainun, Amir, Z., & Harpizon, N. A. (2024). HUBUNGAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V DI SD MADANI ISLAMIC SCHOOL RIAU. Jurnal PGSD, 17(2), 140–148. https://doi.org/10.33369/pgsd.17.2.140-148

Referensi

  1. Adami, Z., Affan, M. H., & Hajidin. (2017). Hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 135–140.
  2. Agustin, P., & Permatasari, R. I. (2020). Pengaruh Pendidikan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Divisi NPD Pada PT. Mayora Indah Tbk. Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(2), 174–184. https://doi.org/10.35968/m-pu.v10i2.442
  3. Angraini, wilda D. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(8), 1–11. https://repository.unsri.ac.id/27031/
  4. Anikma, W. (2017). Upaya Guru dalam Mengatasi Diferensiasi Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih. In Skripi.
  5. B. Uno, H. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  6. Batubara, I. H., Wandin, R. R., & Pohan, N. A. (2023). Gaya Belajar Siswa SD/MI Kelas Tinggi. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(3), 7061–7067. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2348
  7. Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. (2017). Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X Sman 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 8(1), 77. https://doi.org/10.31958/js.v8i1.443
  8. Cica, F., Wedywati, N., & Parida, L. (2022). Korelasi Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 07 Pagal Ii/Tayak Kecamatan Tempunak Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 86–95. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.385
  9. DePorter, B. (2004). Quantum Teaching (Terjemahan). Bandung : Kaifa.
  10. Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2012). Gaya Belajar: Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  11. Hartati, & Sismulyasih, N. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran SAVI ( Somatis Auditori Visual Intelektual ) dengan Audiovisual untuk Meningkatkan Keterempilan Menulis Siswa SD. Kemajuan Dalam Penelitian Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora, 118.
  12. Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. (2022). Hakikat, Tujuan Dan Karakteristik Pembelajaran Ips Yang Bermakna Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 141–149. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.25
  13. Huriah, R. (2014). Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
  14. Irham, W. H., & Mahmud, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif dan Penggunaan Media Animasi Komputer. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(1), 241–245. https://doi.org/10.32734/st.v2i1.350
  15. Magdalena, I., Septiarini, A. A., & Nurhaliza, S. (2020). Penerapan Model-Model Desain Pembelajaran Madrasah Aliyah Negeri 12 Jakarta Barat. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 241–265.
  16. Mas Ramadhan, G. (2024). Penerapan model pembelajaran contextual teaching learning (CTL) berbantuan e-module untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 07(01), 51–58.
  17. Mufidah, L. luk N. (2017). Memahami Gaya Belajar untuk Meningkatkan Potensi Anak. Jurnal Perempuan Dan Anak, 1(2), 245–260.
  18. Nasution, F. Z., & Elvira. (2022). Memahami Gaya Belajar untuk meningkatkan Potensi Anak. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI), 1(2), 10–23. https://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/jppmi/article/view/808/827
  19. Niswandi, A., Nurhasanah, & Affandi, L. H. (2021). Hubungan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas IV SDN Gugus 04 Masbagik Tahun 2020/2021. Jurnal Renjana Pendidikan Dasar, 1(4), 305–311. http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/177%0Ahttp://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/download/177/123
  20. Rahayu, H., Halidjah, S., & Pranata, R. (2023). Korelasi Antara Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 13 Pontianak Barat. Journal on Education, 06(01), 6782–6789. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/3906
  21. Setiawan, C. K., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Green Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1), 1–9.
  22. Setiawan, D., Baihaqi, A. A., Hambali, A., & Basri, H. (2024). Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Implementasi Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial Pada Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Darul Ma ’ arif Kabupaten Bandung. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(7), 35–40.
  23. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (7th ed.). Alfabeta.
  24. Syoftan, H. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Esa Unggul. Eduscience, 1(2), 70–79.
  25. Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037
  26. Yustika, G. P. (2013). Modul II ANOVA. In Modul II ANOVA (p. 49).