Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak : Rendahnya kemampuan literasi masih menjadi permasalahan penting terutama pada peserta didik


sekolah dasar. Oleh karena itu perlu dilakukan inovasi baru untuk meningkatkan literasi siswa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.  Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan produk e-comic sebagai suatu inovasi pembelajaran pada mata pelajaran IPAS. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R & D) Borg & Gall yang tahapanya sesuai dengan  kebutuhan pengembangan produk. Hasil validasi produk sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan yang diperoleh yaitu dari ahli materi 89,00%, ahli media 94,00% dan praktisi guru yaitu 85,00 %. Hasil respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil 89,00 %, uji coba kelompok besar 92,00% serta hasil post-test memperoleh N-Gain 93,74% dengan kriteria efektif. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa e-comic berbasis pendidikan karakter dan HOTS ini sangat layak dan efektif digunakan sehingga dapat dikembangkan sebagai inovasi pembelajaran di masa mendatang.


Kata Kunci: E-Comic, Pendidikan Karakter, HOTS


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Firiyanti, I., Hamidah, A., Widodo, A., Maghfiroh, L., Susanti, N., Ashirotun Ni’ma, R., & Mashfufah, A. (2024). Pengembangan E-Comic Berbasis Pendidikan Karakter dan High Order Thinking Skills (HOTS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal PGSD, 17(2), 97–106. https://doi.org/10.33369/pgsd.17.2.97-106

Referensi

  1. Alfauziah. (2022). Pengaruh Parenting Terhadap Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Dasar The Effect Of Parenting On Character Education Of Children In Elementary Schools 1*Alfauziah. 88–98.
  2. Amaliyyah, E. (2022). Pengembangan media komik pada kelas iv sekolah dasar comic media development in grade iv elementary school. Jurnal UM Palangkaraya, 7(1), 66–74.
  3. Chairunisa, E. D., & Zamhari, A. (2022). Pengembangan E-Modul Strategi Pembelajaran Sejarah dalam Upaya Peningkatan Literasi Digital Mahasiswa. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(1), 84–96. https://doi.org/10.36706/jc.v11i1.16047
  4. Cindy, N. L. C. R., I Wayan Sujana, & Ni Nyoman Ganing. (2023). Media Pop-Up Book Berbasis Literasi Muatan IPS Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 449–465. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.58022
  5. Fanani, A., & Kusmaharti, D. (n.d.). Pengembangan pembelajaran berbasis hots ( higher order thinking skill ) di sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1–11.
  6. Fayrus, & Slamet, A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D). Institut Agama Islam Sunan Kalojogo Malang.
  7. Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2020). Pengembangan Komik Digital Interaktif untuk Memperkuat Kemampuan Membaca pada Materi Pengukuran Panjang dan Berat Kelas II SD. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
  8. Kurniawan, A. T., Juanda, S., & Rahman, I. N. (2021). Implementing School Literature Movement (Slm) To Strengthen Students’ Character Values. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1377. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8408
  9. Muhammad, H. (2023). Construct validity of the instrument of digital skill literacy Muhammad. 42(3), 781–790.
  10. Mulyani, M., Budiyono, B., Alfi Muhimmah, H., Abidin, Z., Setiawan, R., & Istiq’faroh, N. (2023). Aktivitas STEAM dalam “Miniatur Crane” dengan Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3895–3906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4919
  11. Mustofa, N. (2019). Pemanfaatan media powtoon pada materi komik di sekolah. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,3(2), 147–157.
  12. Ningrum, A. R., Yuliana, R. & Firdaus. (2024). Pengembangan E-Komik Berbasis Literasi Numerasi di Kelas IV Sekolah Dasar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 12(1), 61–68.
  13. Pratama, R. N., Subekti, E. E., & Wardana, Y. S. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika pada soal hots materi bilangan bulat siswa kelas IV SDN 1 Gunungsari. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 89-101.
  14. Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B. & Jumasi, J. (2025). Penggunaan media komik dalam pembelajaran ipa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif dan afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420.
  15. Rozhana, K. M. (2017). Model problem based intruction berbantuan mind mapping pada materi permasalahan sosial di lingkungan setempat untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD, Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2), 198–198.
  16. Saputro, H. B., & Soeharto, S. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 61–72. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4065