Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21

Authors

  • Sarwiji Suwandi Universitas Sebelas Maret

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan yang bermutu mempersyaratkan tersedianya kurikukum yang baik. Kurikulum yang baik akan mampu mengarahkan dan menjadi acuan pendidik dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum harus dilakukan secara cermat dengan prosedur yang tepat,  mendasarkan pada sejumlah landasan, serta memperhatikan kebutuhan masyarakat pengguna dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).  Sungguhpun disadari bahwa kurikulum memiliki peran strategis, pemahaman pemangku kepentingan pendidikan tentang ihwal kurikulum dan pengembangannya masih sangat beragam, terlebih pengembangan kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang memang tergolong sebagai kebijakan baru. Bertalian dengan itu, makalah ini akan menjelaskan landasan pengembangan kurikulum, anatomi dan tahap pengembangan kurikulum, kurikulum era industri 4.0 dan society 5.0, dan pengembangan kurikulum merdeka belajar-kampus merdeka.

Author Biography

Sarwiji Suwandi, Universitas Sebelas Maret

Dosen Universitas Sebelas Maret

References

Lickona, T. 2015. Educating for Character; Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

McNeil, J. D. 2006. Contemporary Curriculum in Thought and Action, Sixth Edition. Hoboken: John Wiley &Sons, Inc.

Oliva, P. F. 2009. Developing the Curriculum, Seventh Edition. Boston: Person Education, Inc.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 109 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pada Pendidikan Tinggi

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Richards, Jack C. 2001. Curriculum Development in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Suwandi, S. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Mencerdaskan dan Tanggung Jawab Menghasilkan Generasi Literat. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional dengan tema “Berliterasi dengan Bahasa dan Sastra” yang diselenggarakan oleh Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Kuningan, 27 Oktober.

Suwandi, S. 2019. Pendidikan Literasi: Membangun Budaya Belajar, Profesionalisme Pendidik, dan Budaya Kewirausahaan untuk Mewujudkan Marwah Bangsa. Bandung: Rosdakarya.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Published

2020-10-21