Main Article Content

Abstract

Abstract :


The objectives of study to describe job enrichment and job enlargement at Bank  Bengkulu Main Branch. This study uses a qualitative descriptive design, employee at Bank Bengkulu Main Branch in 2021 as many as 71 people and as many as five informants namely Head of Main Branch, Head of Operations Section, Head of Credit Section, Head of Marketing Section and Head of Sub- Branch Sudirman. Aata analysis using descriptive qualitative. The results showed that job enrichment at Bank Bengkulu Main Branch had been managed well, the assessment of the five dimensions of job enrichment on average was very high. Starting from the first highest dimension, Feedback, Task Identity, Task Significance, Autonomy and Skill Variety. That is, there is  an  increase in  the work of  employees by  increasing the  responsibility for planning, organizing, controlling and evaluating work. Job enlargement at Bank Bengkulu Main Branch has been well managed, the assessment of the three dimensions of job enrichment on average is very high. Starting from the first highest dimension, Task structuring, Job arrangement and Job meaningfulness. That is, there is an increase in job variations by combining or uniting two or more jobs at Bank Bengkulu Main Branch.


 


Keywords: Job Enrichment, Job Enlargement, BPD Bengkulu


 


Abstrak :


Pentingnya manajemen sumber daya manusia dalam organisasi menjadi permasalahan utama yang dihadapi  banyak  organisasi  khususnya  di  bidang  bisnis.  Kemampuan menghadapi tantangan pada  sebuah organisasi tergantung pada kemampuan dalam mengatur dan  mengelola sumber daya manusianya, karena sumber daya manusia inilah yang akan menjadi competitive advantage dari sebuah perusahaan. Permasalahan yang muncul terletak pada bagaimana mempertahankan karyawan untuk tetap dapat bekerja sesuai dengan tuntutan yang ada, dan selalu bersemangat dalam setiap pekerjaannya. Salah satunya dengan cara job enrichment dan job enlargement terhadap karyawan. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif, adalah seluruh karyawan tetap di Bank Bengkulu Cabang Utama pada tahun 2021 yakni sebanyak 71 orang dan sebanyak lima informan yaitu Kepala Cabang Utama, Kasi Bagian Operasional, Kasi Bagian Kredit, Kasi Bagian Pemasaran dan Kepala Cabang Pembantu Sudirman. Untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa job enrichment di Bank Bengkulu Cabang Utama telah diterapkan dengan baik, penilaian terhadap lima dimensi job enrichment rata-rata sebesar 4,34 (sangat tinggi). Dimulai dari dimensi tertinggi pertama Feedback (4,80), Task Identity (4,55), Task Significance (4,37),Autonomy (4,23) dan Skill Variety (3,88).Terdapat peningkatan pekerjaan karyawan dengan menambah tanggung jawab untuk merencanakan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi pekerjaan. Job enlargement di Bank Bengkulu Cabang Utama telah diterapkan dengan baik, penilaian terhadap tiga dimensi job enrichment rata-rata 4,82 (sangat tinggi). Dimulai dari dimensi tertinggi pertama Task structuring (4,85), Job arrangement (4,81) dan Job meaningfulness  (4,77). Artinya, adanya penambahan variasi pekerjaan dengan mengkombinasikan atau menyatukan dua pekerjaan atau lebih pada Bank Bengkulu Cabang Utama.


 


Kata kunci : Job Enrichment, Job Enlargement, BPD Bengkulu

Article Details

How to Cite
Utama, A. S., Praningrum, & Susetyo, S. (2022). Job Enrichment Dan Job Enlargement Di Bank Bengkulu Cabang Utama. Student Journal of Business and Management, 5(3), 795–803. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/sjbm/article/view/25828