Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, kelas yang dipilih ialah kelas VIII E yang terdiri dari 21 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretest-posttest terkait kemampuan pemahaman konsep diperoleh sebesar 45,24 dan 83,33, selanjutnya dilakukan uji paired t-test dan diperoleh nilai  taraf nyata yakni , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifkan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII.


Kata kunci : Eksperimen semu, Kemampuan pemahaman konsep, Penemuan terbimbing

Keywords

Eksperimen semu Kemampuan pemahaman konsep Penemuan terbimbing

Article Details

How to Cite
Agustinsa, R., Fajriani, R., Susanto, E., Yensy , N. A., Siagian, T. A., & Stiadi, E. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 362–371. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.362-371

References

  1. Khansa, S. L., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaraan Discovery Learning dengan Strategi Arias untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 2(4), 259–272.
  2. Laili, N., Purwanto, S. E., & Alyani, F. (2019). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Berbantu LKPD terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 6 Depok. International Journal of Humanities, Management and Social Science, 2(1), 14–37. https://doi.org/10.36079/lamintang.ij-humass-0201.20
  3. Malinda, G. (2021). Penerapan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ma Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(JP2MS), 139–146. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.139-146
  4. Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. In Buku P4TK Matematika Yogyakarta. Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika.
  5. Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
  6. Mitari, J., Rusdi, & Susanto, E. (2021). Analisis Kesesuaian Buku Matematika Kelas VII Semester 2 Terbitan Kemendikbud Berdasarkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(1), 90–98. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/12790
  7. NCTM. (2000). NCTM_principles-and-standards-for-school-mathematics.
  8. OECD. (2019). Pisa 2018: Insight And Interpretations. OECD.
  9. Putri, E. W., Agustinsa, R., & Susanto, E. (2021). Analisis Buku Teks Matematika Kelas VII Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Kurikulum 2013 Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(1), 1–10. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/12836
  10. Rusdi, Della, M., & Susanto, E. (2013). Pembelajaran Inkuiri pada Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktifitas Siswa Kelas X2 SMAN 1 Kota Bengkulu. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 455–459.
  11. Saaroh, F., Hakim, L. El, & Santi, V. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMPN 99 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(2), 35–44. https://doi.org/10.21009/jrpms.052.06
  12. Sugiyono. (2013a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
  13. Sugiyono, P. D. (2013b). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
  14. Susanto, E., Susanta, A., Maizora, S., & Rusdi, R. (2021). Analisis Kemempuan Siswa Smp/Mts Kota Bengkulu Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Timss. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(2), 131–139. https://doi.org/10.31949/th.v5i2.2567
  15. Trinofita, B., Susanta, A., & Hanifah. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 10(1), 66. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5645