Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan pemahaman matematika dan kemampuan berfikir kritis siswa SMA Negeri 2 kota bengkulu pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas dengan sampel penelitian sebanyak 36 siswa dari kelas X MIPA H SMA Negeri 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2022/2023. Dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes. Untuk analisis data instrumen tes menggunakan uji Manova. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan uji dari keempat prosedur untuk pengujian secara multivariat menunjukan angka 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan pemahaman matematika dan kemampuan berfikir kritis matematika.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Etika Prameswari, Zamzaili Zamzaili, Hanifah Hanifah, Insulnde J Celvia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.