Published: August 30, 2023

IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA

Ellysa Yuliani Ruhmana (1), M. Saifuddin Zuhri (2), Rizky Esty Utami (3), Padmi Susilowati (4)
(1) Prodi Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang ,
(2) Prodi Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang ,
(3) Prodi Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang ,
(4) SMA N 11 Semarang
159-168
258

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN SPASIAL SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRY WITH AUGMENTED REALITY (GO -AR)

Muhammad Ari Subhi (1), Achmad Mudrikah (2), Luki Luqmanul Hakim (3)
(1) Prodi S2 Pendidikan Matematika FPMIPA UPI ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNINUS ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNINUS
169-180
243

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH BERDASARKAN GENDER PADA MATERI BANGUN DATAR

Lovika Ardana Riswari (1), Femas Anggit Wahyu Nugroho (2), Oktaviana Indah Susanti (3)
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus ,
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus ,
(3) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
181-191
115

PROFIL KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN

Dekriati Ate (1), Florida Moza (2), Yaya Sukjaya Kusumah (3)
(1) Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Katolik Weetebula ,
(2) Universitas Katolik Weetebula ,
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
192-199
131

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN KELAS II SEKOLAH DASAR

Nina Nur Halimah (1), Arie Rakhmat Riyadi (2)
(1) Program Studi Pendidikan Profesi Guru Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Profesi Guru Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia
200-208
316

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Teni Tutiareni (1), Arie Rakhmat Riyadi (2), Renny Nugrahaeni (3)
(1) Universitas Pendidikan Indonesia ,
(2) Universitas Pendidikan Indonesia ,
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
209-218
224

EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Maydilla Fadiarahma Vistara (1), Rasiman (2), Lukman Harun (3), Marnala Marnala (4)
(1) Prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas PGRI Semarang ,
(2) Prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas PGRI Semarang ,
(3) Prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas PGRI Semarang ,
(4) Prodi SMA Negeri 6 Semarang
219-227
260

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS KELAS IV SD GEMPOLSONGO

Diana Ermawati (1), Indra Prastianing Zahro (2), Richa Ria Anika (3), Putri Tiara Hindriana Bayan (4), Shabrina Khilda Zulfia (5)
(1) Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus ,
(4) Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus ,
(5) Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
228-236
109

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Etika Prameswari (1), Zamzaili Zamzaili (2), Hanifah Hanifah (3), Insulnde J Celvia (4)
(1) Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Bengkulu ,
(2) Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Bengkulu ,
(3) Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Bengkulu ,
(4) SMA Negeri 2 Kota Bengkulu
237-246
130

PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 7 MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Tri Asih Abdillah (1), Nurhasanah Siregar (2), Hasiholan Sitompul (3)
(1) PPG Prajabatan Pendidikan Matematika UNIMED ,
(2) PPG Prajabatan Pendidikan Matematika UNIMED ,
(3) SMA Negeri 7 Medan
247-256
266

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERBASIS HOTS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Lilis Noor Taufiqiyah (1), Putri Nur Malasari (2)
(1) Prodi S1 Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Kudus ,
(2) Prodi S1 Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Kudus
257-271
128

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI POLA BILANGAN

Arif Rahmatullah (1), Nurul Astuty Yensy (2), Ringki Agustinsa (3), Tria Utari (4), Elwan Stiadi (5)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(4) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(5) Universitas Bengkulu
272-285
32

PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SPLDV KELAS VIII

Shinta Bella Margaretta (1), Zamzaili Zamzaili (2), Della Maulidiya (3), Hanifah Hanifah (4), Edi Susanto (5)
(1) Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu ,
(2) Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu ,
(3) Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu ,
(4) Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu ,
(5) Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu
286-299
53

PENGARUH SELF EFFICACY SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP

Agung Roihan (1), Zamzaili Zamzaili (2), Nur Aliyyah Irsal (3), Elwan Stiadi (4), Ratnah Lestary (5)
(1) Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(4) Universitas Bengkulu ,
(5) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB
300-313
30

DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL POLA BILANGAN DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Intan Safira (1), Ringki Agustinsa (2), Tria Utari (3), Edi Susanto (4), Elwan Stiadi (5)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(4) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(5) Universitas Bengkulu
314-322
8