Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah pada 29 orang siswa di kelas VIII A di SMP Negeri 23 Seluma berdasarkan langkah Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data berupa tes soal kemampuan pemecahan masalah matematika pada soal pola bilangan, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa rata-rata keseluruhan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 23 Seluma adalah 37% dan memenuhi kriteria rendah. Rata-rata siswa dalam kemampuan memahami masalah adalah 39% memenuhi kriteria rendah, rata-rata  kemampuan menyusun rencana penyelesaian adalah 52% memenuhi kriteria sedang, rata-rata pada melaksanakan rencana penyelesaian adalah 40% memenuhi  kriteria rendah, dan rata-rata pada memeriksa kembali adalah 16% dengan kriteria sangat rendah.

Article Details

Author Biographies

Arif Rahmatullah, Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB

Nurul Astuty Yensy, Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB

Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB

Ringki Agustinsa, Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB

Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB

Tria Utari, Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB

Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB

Elwan Stiadi, Universitas Bengkulu

Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB

How to Cite
Rahmatullah, A., Yensy, N. A., Agustinsa, R., Utari, T., & Stiadi, E. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI POLA BILANGAN. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(2), 272–285. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.272-285