Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan indikator menurut Utari Sumarmo yang diantaranya yaitu:1) Mengidentifikasi informasi dalam soal, 2) Mengidentifikasi strategi dan menyusun model matematika, 3) Menerapkan strategi disertai alasan, 4) Memeriksa.kebenaran solusi, 5) Menggambarkan atau menjelaskan.hasil pemecahan masalah. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan berbagai teknik diantaranya yakni tes tertulis, angket dan wawancara. Subjek dalam penelitian yakni siswa kelasVIII MTs Negeri 4 Rembang yang berjumlah 3 siswa yang dipilih dengan metode snowball sampling dan purposive sampling dari 32 sample.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori tingg. Hal itu dapat dibuktikan bahwa siswa mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan pemecahan masalah pada soal kategori menganalisis, dan mencipta. Subjek gaya belajar Auditorial memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori sedang, Hal itu terbukti bahwa siswa mampu memenuhi semua  indikator kemampuan pemecahan pada kategori menganalisis dan beberapa indikator kemampuan pemecahan masalah pada soal kategori mengevaluasi dan mencipta.Subjek dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori rendah, siswa belum mampu memecahkan permasalahan matematik pada kategori menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

Article Details

How to Cite
Noor Taufiqiyah , L., & Nur Malasari, P. (2023). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERBASIS HOTS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(2), 257–271. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.257-271