Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan indikator menurut Utari Sumarmo yang diantaranya yaitu:1) Mengidentifikasi informasi dalam soal, 2) Mengidentifikasi strategi dan menyusun model matematika, 3) Menerapkan strategi disertai alasan, 4) Memeriksa.kebenaran solusi, 5) Menggambarkan atau menjelaskan.hasil pemecahan masalah. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan berbagai teknik diantaranya yakni tes tertulis, angket dan wawancara. Subjek dalam penelitian yakni siswa kelasVIII MTs Negeri 4 Rembang yang berjumlah 3 siswa yang dipilih dengan metode snowball sampling dan purposive sampling dari 32 sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori tingg. Hal itu dapat dibuktikan bahwa siswa mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan pemecahan masalah pada soal kategori menganalisis, dan mencipta. Subjek gaya belajar Auditorial memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori sedang, Hal itu terbukti bahwa siswa mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan pada kategori menganalisis dan beberapa indikator kemampuan pemecahan masalah pada soal kategori mengevaluasi dan mencipta.Subjek dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori rendah, siswa belum mampu memecahkan permasalahan matematik pada kategori menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Lilis Noor Taufiqiyah , Putri Nur Malasari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.