Main Article Content
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan. Peneliti menemukan salah satu alternatif pemecahan masalah melalui penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning; 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning; 3) Peningkatan hasil belajar model Problem Based Learning. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC Taggart sebanyak 3 siklus digunakan untuk mendapatkan data penelitian di SD yang berada di Kecamatan Coblong Kota Bandung. Aktivitas peserta didik meningkat disetiap siklusnya yaitu peserta didik lebih memahami tahap menyelesaikan operasi hitung pecahan dan lebih percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil diskusi. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata kelas 80,21. Siklus II mencapai nilai rata-rata kelas 88,95. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem based learning pada materi operasi hitung pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa .
Article Details
Copyright (c) 2023 Nina Nur Halimah, Arie Rakhmat Riyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.