Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) berdasarkan gender. Penelitian menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Miftahul Falah Dukuhmulyo, Jakenan yang terdiri dari 14 laki-laki dan 20 perempuan. Pengumpulan data melalui soal tes pemecahan masalah berupa 5 soal uraian materi bangun datar. Analisis dilakukan berdasarkan ketercapaian indikator kemampuan pemecahan masalah matematis menurut Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perempuan lebih baik dibandingkan siswa laki-laki, terlihat dari rata-rata perolehan nilai siswa perempuan adalah 59,5 sedangkan siswa laki-laki adalah 41,4. Pada indikator memahami masalah, baik siswa laki-laki maupun perempuan rata-rata sudah mampu mengidentifikasi apa yang diketahui dan ditanyakan. Pada indikator membuat rencana, siswa perempuan lebih mampu menuliskan persamaan yang tepat daripada siswa laki-laki. Pada indikator melaksanakan rencana, siswa perempuan lebih teliti dalam perhitungan daripada siswa laki-laki. Pada indikator memeriksa hasil, baik siswa laki-laki maupun perempuan rata-rata mengabaikannya dengan tidak menuliskan penjelasan hasil. Siswa perempuan lebih unggul daripada siswa laki-laki pada semua indikator pemecahan masalah matematis meskipun tidak terlampau jauh.
Article Details
Copyright (c) 2023 Lovika Ardana Riswari, Femas Anggit Wahyu Nugroho, Oktaviana Indah Susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.