Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) berdasarkan gender. Penelitian menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI  Miftahul Falah Dukuhmulyo, Jakenan yang terdiri dari 14 laki-laki dan 20 perempuan. Pengumpulan data melalui soal tes pemecahan masalah berupa 5 soal uraian materi bangun datar. Analisis dilakukan berdasarkan ketercapaian indikator kemampuan pemecahan masalah matematis menurut Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perempuan lebih baik dibandingkan siswa laki-laki, terlihat dari rata-rata perolehan nilai siswa perempuan adalah 59,5 sedangkan siswa laki-laki adalah 41,4. Pada indikator memahami masalah, baik siswa laki-laki maupun perempuan rata-rata sudah mampu mengidentifikasi apa yang diketahui dan ditanyakan. Pada indikator membuat rencana, siswa perempuan lebih mampu menuliskan persamaan yang tepat daripada siswa laki-laki. Pada indikator melaksanakan rencana, siswa perempuan lebih teliti dalam perhitungan daripada siswa laki-laki. Pada indikator memeriksa hasil, baik siswa laki-laki maupun perempuan rata-rata mengabaikannya dengan tidak menuliskan penjelasan hasil. Siswa perempuan lebih unggul daripada siswa laki-laki pada semua indikator pemecahan masalah matematis meskipun tidak terlampau jauh.

Article Details

How to Cite
Riswari, L. A., Nugroho, F. A. W., & Susanti, O. I. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH BERDASARKAN GENDER PADA MATERI BANGUN DATAR. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(2), 181–191. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.181-191