Main Article Content
Abstract
Salah satu kebijakan pendidikan merdeka belajar adalah Asesmen kompetensi minimum dan survey karakter. Untuk asesmen kompetensi minimum, kompetensi yang diuji adalah kemampuan literasi numerasi. Agar siswa dapat memiliki kemampuan ini, maka terlebih dahulu siswa harus menguasai konsep dasar berhitung. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VI dalam menyelesaikan soal perhitungan penjumlahan dan pengurangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDK Bali Loura. Data dikumpulkan melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 30% siswa yang mampu menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan dengan penyebut sama maupun penyebut berbeda, sedangkan 70% siswa melakukan kesalahan; 28% siswa mampu menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan yang berpenyebut sama maupun penyebut berbeda, sedangkan 72% siswa melakukan kesalahan. Tipe kesalahan siswa meliputi kesalahan prosedur dan kesalahan konsep.
Article Details
Copyright (c) 2023 Dekriati Ate, Florida Moza, Yaya Sukjaya Kusumah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.