Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik melalui pendekatan berdiferensiasi di SMA Negeri 7 Medan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif.  Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 yang terdiri dari 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, tes kemampuan awal kemampuan numerasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa pada siklus I persentase ketuntasan klasikal hanya 11 peserta didik (30,55%) dari 36 peserta didik, dan pada siklus II meningkat menjadi 28 peserta didik (77%) dari 36 peserta didik. Sehingga peserta didik sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal yaitu ( dengan nilai KKM 75 sesuai dengan sistem penilaian yang berlaku untuk kelas XI dalam Kurikulum 2013 di SMA Negeri 7 Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan  kemampuan numerasi peserta didik.

Article Details

How to Cite
Abdillah, T. A., Siregar, N., & Sitompul, H. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 7 MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(2), 247–256. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.247-256