Main Article Content

Abstract

Berpikir kreatif termasuk ke dalam keterampilan abad 21, khususnya salah satu kemampuan 4C yang harus dimiliki siswa untuk dapat menghadapi tantangan global. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa mencakup 4 aspek yaitu aspek kelancaran (fluency), keaslian (originality), keluwesan (flexibility), dan keterincian (elaboration). Problem-Based Learning dan STEM merupakan model dan pendekatan yang dapat membantu siswa untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan ide kreatifnya.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model PBL dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri di Semarang tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel satu kelas yaitu kelas XI MIPA 2.  Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan rata-rata, uji ketuntasan klasikal dan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa model PBL dengan pendekatan STEM efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, hal ini ditunjukan dengan nilai tes kelas kemampuan berpikir kreatif matematis tuntas BTA, nilai tes kemampuan berpikir kreatif matematis kelompok eksperimen tuntas belajar secara klasikal, dan rata-rata nilai pretest kemampuan berpikir kreatif lebih dari rata-rata nilai posttest kemampuan berpikir kreatif matematis. Penerapan model PBL terintegrasi STEM dapat diintegrasikan ke dalam media atau materi sumber belajar.

Article Details

Author Biographies

Rasiman, Prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas PGRI Semarang

      Dr. Rasiman, M.Pd. (215601575)
Fakultas: Pascasarjana - Program Studi: Pendidikan Dasar
Email: rasiman@upgris.ac.id - Jenjang Pendidikan: S3
Jabatan Akademik: Lektor Kepala - Golongan: IVB-Pembina Tingkat I

Lukman Harun, Prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas PGRI Semarang

Universitas PGRI Semarang | IKIP PGRI Semarang · Mathematics Education Doctor of Education

Marnala Marnala, Prodi SMA Negeri 6 Semarang

Guru Matematika SMA N 6 Semarang

How to Cite
Vistara, M. F., Rasiman, Harun, L., & Marnala, M. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(2), 219–227. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.219-227