Main Article Content
Abstract
Berpikir kreatif termasuk ke dalam keterampilan abad 21, khususnya salah satu kemampuan 4C yang harus dimiliki siswa untuk dapat menghadapi tantangan global. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa mencakup 4 aspek yaitu aspek kelancaran (fluency), keaslian (originality), keluwesan (flexibility), dan keterincian (elaboration). Problem-Based Learning dan STEM merupakan model dan pendekatan yang dapat membantu siswa untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan ide kreatifnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model PBL dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri di Semarang tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel satu kelas yaitu kelas XI MIPA 2. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan rata-rata, uji ketuntasan klasikal dan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa model PBL dengan pendekatan STEM efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, hal ini ditunjukan dengan nilai tes kelas kemampuan berpikir kreatif matematis tuntas BTA, nilai tes kemampuan berpikir kreatif matematis kelompok eksperimen tuntas belajar secara klasikal, dan rata-rata nilai pretest kemampuan berpikir kreatif lebih dari rata-rata nilai posttest kemampuan berpikir kreatif matematis. Penerapan model PBL terintegrasi STEM dapat diintegrasikan ke dalam media atau materi sumber belajar.
Article Details
Copyright (c) 2023 Maydilla Fadiarahma Vistara, Rasiman, Lukman Harun, Marnala Marnala

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.