Main Article Content
Abstract
Pemecahan masalah merupakan kemampuan dasar dalam proses pembelajaran. Hal ini membuat guru perlu menerapkan model pembelajaran yang tepat yaitu dengan menerapkan model problem based learning berbantuan geogebra. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA melalui implementasi model problem based learning berbantuan geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian terdiri dari 36 siswa kelas XI IPS 3 SMA N 11 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dengan observasi dan tes. Teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model problem based learning berbantuan geogebra mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA. Kemampuan pemecahan masalah pada siklus I dengan rata-rata persentase sebesar 56,94% dalam kriteria sedang meningkat menjadi 81,94% dalam kriteria sangat tinggi pada siklus II. Peningkatan terjadi pada setiap indikator. Peningkatan pada nilai rata-rata yaitu siklus I sebesar 73,75 menjadi 83,56 pada siklus II. Pada siklus I menunjukkan bahwa persentase jumlah siswa yang tuntas yaitu 77,78% dimana siswa belum mencapai kriteria keberhasilan tindakan yaitu ≥85%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 97,22% yang menyatakan bahwa indikator keberhasilan telah tercapai.
Article Details
Copyright (c) 2023 Ellysa Yuliani Ruhmana, M. Saifuddin Zuhri, Rizky Esty Utami, Padmi Susilowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.