Main Article Content
Abstract
Survei Program for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa Indonesia menempati peringkat ke 72 dari 79 pada katagori matematika. Ini mengindikasikan bahwa kemampuan matematika siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Untuk memperbaiki kemampuan matematika, siswa harus mempunyai kemampuan dasar matematika. Salah satunya adalah kemampuan penalaran spasial yang memiliki tiga konstruk yaitu: rotasi mental, orientasi spasial, dan visualisasi spasial. Sebagai upaya meningkatkan kemampuan penalaran spasial siswa, maka digunakanlah media pembelajaran Geometry with Augmented Reality (GO-AR). Pendekatan penelitian eksperimen kuantitatif yang digunakan adalah Desain Pretes-Postes Grup-Statis. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sumedang, kelas IX semester 1 (2020/2021). Sampel pada penelitian ini adalah masing-masing 29 siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen melalui media pembelajaran GO-AR dengan model blended discovery learning (BDL), sedangkan di kelas kontrol dengan BDL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran siswa yang menggunakan media pembelajaran GO-AR lebih baik dari pada siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran GO-AR.
Article Details
Copyright (c) 2023 Muhammad Ari Subhi, Achmad Mudrikah, Luki Luqmanul Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.