Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS kelas IV SD Gempolsongo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui pengukuran dengan menggunakan instrumen penelitian berupa posttest. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Nilai penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV SD Gempolsongo termasuk dalam kriteria cukup dalam menyelesaikan soal HOTS dengan rata-rata 42,8. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada soal HOTS diperoleh siswa yang berada pada kriteria sangat kurang sebanyak (1 orang siswa), siswa yang bearada pada kriteria kurang sebanyak (8 orang Siswa), siswa yang berada pada kriteria cukup sebenyak (13 orang siswa), dan siswa yang berada pada kriteria baik (2 orang siswa). Secara keseluruhan, para siswa melakukan pekerjaan dengan baik.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Diana Ermawati, Indra Prastianing Zahro, Richa Ria Anika, Putri Tiara Hindriana Bayan, Shabrina Khilda Zulfia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.