Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS kelas IV SD Gempolsongo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui pengukuran dengan menggunakan instrumen penelitian berupa posttest. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Nilai penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV SD Gempolsongo termasuk dalam kriteria cukup dalam menyelesaikan soal HOTS dengan rata-rata 42,8. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada soal HOTS diperoleh siswa yang berada pada kriteria sangat kurang sebanyak (1 orang siswa), siswa yang bearada pada kriteria kurang sebanyak (8 orang Siswa), siswa yang berada pada kriteria cukup sebenyak (13 orang siswa), dan siswa yang berada pada kriteria baik (2 orang siswa). Secara keseluruhan, para siswa melakukan pekerjaan dengan baik.

Article Details

How to Cite
Diana Ermawati, Zahro, I. P., Anika, R. R., Bayan, P. T. H., & Zulfia, S. K. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS KELAS IV SD GEMPOLSONGO. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(2), 228–236. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.228-236