Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efetivitas penggunaan Quizizz sebagai  media pembelajaran terhadap minat belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Seluma pada mata pelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variabel. Metode penelitian menggunakan kuantitatif eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Design One Grup Pretes-Posttest. Subjek penelitian ini adalah 33 orang siswa kelas X SMK Negeri 3 Seluma. Instrumen yang digunakan 20 butir pertanyaan angket,  instrument tersebut telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil dari angket pretest dan posttest 50,9% dan 87,95% menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa. Hasil penelitian dengan pengujian paired sampel test menunjukan bahwa nilai asym sig. (2-lailed) sebesar 0,000 < 0,05 dimana t_hitung   lebih besar dari t_tabel 24,220 > 2,037 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya penggunaan media Quizizz sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran matematika efektif terhadap minat belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran (X) berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Seluma.

Keywords

Efektivitas Media Pembelajaran Quizizz Minat Belajar Siswa

Article Details

How to Cite
Selviani , D., Siska, J., & Lova, L. F. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMK . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 133–143. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.133-143

References

  1. Azizah, S. N., Kahar, M., & Yusda, N. (2023). Pengaruh aplikasi quizizz terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas vii2 smp swasta pab 7 Tandam Hilir. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6470–75. doi: 10.54371/jiip.v6i9.2767
  2. Barimbing, A., Antonius, R. A., & Patri, J. S. (2022). Analisis faktor rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas vi sd. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1065. doi: 10.33578/pjr.v6i4.8577
  3. Citra, C. A., & Brillian, R. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–72. doi: 10.26740/jpap.v8n2.p261-272
  4. Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of video blogs (vlogs) in character learning in early childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211. doi: 10.31004/obsesi.v2i2.87
  5. Hajar, H. I., Siska, J. , & Selviani, D. (2022). Efektivitas pembelajaran menggunakan sistem boarding school terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi di SMP Hidayatullah Bengkulu. Computer and Informatics Education Review – CIER, 3(3), 36.
  6. Lamsari, P., & Leony, S. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.
  7. Mesterjon, Suwarni, Dwi, R., & Danim, S. (2023). Evaluation study of use of interactive multimedia 4.0-based teaching materials. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 6(2), 697–703.
  8. Rachayu, I., Selviani, D, & Maryani, D. (2022). Optimalisasi media presentasi berbasis aplikasi prezi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1283. doi: 10.37905/aksara.8.2.1283-1290.2022
  9. Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–93. doi: 10.30872/psikoborneo.v5i2.4377
  10. Muliani, R. D., & Arusman. (2022). Faktor - faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2),133–39. doi: 10.22373/jrpm.v2i2.1684
  11. Rukminingsih, G. A., & Latief, M. A. (2020). Metode penelitian Pendidikan: Penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas. 53.
  12. Sarah, C., Karma, I. N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Identifikasi faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V Gugus III Cakranegara. Progres Pendidikan, 2(1), 13–19. doi: 10.29303/prospek.v2i1.60
  13. Sari, W. M., J. Siska, & Hermawansa. (2023). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis canva terhadap hasil belajar siswa kelas X SMKN 1 Seluma. Computer and Informatics Education Review, 4(2), 53–57.
  14. Soegiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.
  15. Solikah, H. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Bapala: Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1–8.
  16. Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. doi: 10.32585/jkp.v2i2.113