Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efetivitas penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Seluma pada mata pelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variabel. Metode penelitian menggunakan kuantitatif eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Design One Grup Pretes-Posttest. Subjek penelitian ini adalah 33 orang siswa kelas X SMK Negeri 3 Seluma. Instrumen yang digunakan 20 butir pertanyaan angket, instrument tersebut telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil dari angket pretest dan posttest 50,9% dan 87,95% menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa. Hasil penelitian dengan pengujian paired sampel test menunjukan bahwa nilai asym sig. (2-lailed) sebesar 0,000 < 0,05 dimana t_hitung lebih besar dari t_tabel 24,220 > 2,037 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya penggunaan media Quizizz sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran matematika efektif terhadap minat belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran (X) berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Seluma.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Diah Selviani , Jumiati Siska, Lawrent Fortuna Lova

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Azizah, S. N., Kahar, M., & Yusda, N. (2023). Pengaruh aplikasi quizizz terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas vii2 smp swasta pab 7 Tandam Hilir. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6470–75. doi: 10.54371/jiip.v6i9.2767
- Barimbing, A., Antonius, R. A., & Patri, J. S. (2022). Analisis faktor rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas vi sd. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1065. doi: 10.33578/pjr.v6i4.8577
- Citra, C. A., & Brillian, R. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–72. doi: 10.26740/jpap.v8n2.p261-272
- Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of video blogs (vlogs) in character learning in early childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211. doi: 10.31004/obsesi.v2i2.87
- Hajar, H. I., Siska, J. , & Selviani, D. (2022). Efektivitas pembelajaran menggunakan sistem boarding school terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi di SMP Hidayatullah Bengkulu. Computer and Informatics Education Review – CIER, 3(3), 36.
- Lamsari, P., & Leony, S. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.
- Mesterjon, Suwarni, Dwi, R., & Danim, S. (2023). Evaluation study of use of interactive multimedia 4.0-based teaching materials. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 6(2), 697–703.
- Rachayu, I., Selviani, D, & Maryani, D. (2022). Optimalisasi media presentasi berbasis aplikasi prezi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1283. doi: 10.37905/aksara.8.2.1283-1290.2022
- Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–93. doi: 10.30872/psikoborneo.v5i2.4377
- Muliani, R. D., & Arusman. (2022). Faktor - faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2),133–39. doi: 10.22373/jrpm.v2i2.1684
- Rukminingsih, G. A., & Latief, M. A. (2020). Metode penelitian Pendidikan: Penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas. 53.
- Sarah, C., Karma, I. N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Identifikasi faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V Gugus III Cakranegara. Progres Pendidikan, 2(1), 13–19. doi: 10.29303/prospek.v2i1.60
- Sari, W. M., J. Siska, & Hermawansa. (2023). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis canva terhadap hasil belajar siswa kelas X SMKN 1 Seluma. Computer and Informatics Education Review, 4(2), 53–57.
- Soegiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.
- Solikah, H. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Bapala: Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1–8.
- Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. doi: 10.32585/jkp.v2i2.113
References
Azizah, S. N., Kahar, M., & Yusda, N. (2023). Pengaruh aplikasi quizizz terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas vii2 smp swasta pab 7 Tandam Hilir. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6470–75. doi: 10.54371/jiip.v6i9.2767
Barimbing, A., Antonius, R. A., & Patri, J. S. (2022). Analisis faktor rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas vi sd. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1065. doi: 10.33578/pjr.v6i4.8577
Citra, C. A., & Brillian, R. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–72. doi: 10.26740/jpap.v8n2.p261-272
Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of video blogs (vlogs) in character learning in early childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211. doi: 10.31004/obsesi.v2i2.87
Hajar, H. I., Siska, J. , & Selviani, D. (2022). Efektivitas pembelajaran menggunakan sistem boarding school terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi di SMP Hidayatullah Bengkulu. Computer and Informatics Education Review – CIER, 3(3), 36.
Lamsari, P., & Leony, S. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.
Mesterjon, Suwarni, Dwi, R., & Danim, S. (2023). Evaluation study of use of interactive multimedia 4.0-based teaching materials. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 6(2), 697–703.
Rachayu, I., Selviani, D, & Maryani, D. (2022). Optimalisasi media presentasi berbasis aplikasi prezi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1283. doi: 10.37905/aksara.8.2.1283-1290.2022
Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–93. doi: 10.30872/psikoborneo.v5i2.4377
Muliani, R. D., & Arusman. (2022). Faktor - faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2),133–39. doi: 10.22373/jrpm.v2i2.1684
Rukminingsih, G. A., & Latief, M. A. (2020). Metode penelitian Pendidikan: Penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas. 53.
Sarah, C., Karma, I. N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Identifikasi faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V Gugus III Cakranegara. Progres Pendidikan, 2(1), 13–19. doi: 10.29303/prospek.v2i1.60
Sari, W. M., J. Siska, & Hermawansa. (2023). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis canva terhadap hasil belajar siswa kelas X SMKN 1 Seluma. Computer and Informatics Education Review, 4(2), 53–57.
Soegiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Solikah, H. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Bapala: Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1–8.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. doi: 10.32585/jkp.v2i2.113