Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan serta faktor- faktor penyebab yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah kelas VII-B SMP Negeri 10 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 peserta didik. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) jenis-jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik berupa kesalahan membaca dengan rata-rata 0% , kesalahan memahami dengan rata-rata 15,28%, kesalahan transformasi rata-rata 20,83%, kesalahan keterampilan proses rata-rata 37,50%, dan kesalahan jawaban akhir rata-rata 70,84%, b) faktor penyebab kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses dan jawaban akhir dalam penelitian ini adalah tidak dapat menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, kehabisan waktu, kurang paham perbandingan antara harga dengan barang atau jumlah hari dengan jumlah pekerja, kurang memahami materi, terburu-buru, salah dalam tahap sebelumnya, kurang menguasai operasi perhitungan  dasar matematika seperti perkalian dan pembagian, kurang paham cara menuliskan kesimpulan serta tidak terbiasa menulis kesimpulan.

Article Details

How to Cite
Suma, K., Rahimah, D., Yensy , N. A., Utari, T., & Siagian, T. A. (2024). ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN NEMWAN ERROR ANALYSIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERBANDINGAN . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.1-12