Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi garis dan sudut kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ialah kelas VII E yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes sebelum dan tes setelah Discovery Learning terkait kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh sebesar 44,70 dan 77,55, kemudian dilakukan uji paired t-test dan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 10,53 > 2,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Nadia Nadia, Nurul Astuty Yensy B, Tria Utari, Della Maulidiya, Elwan Stiadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Afifah, I., & Sopiany, H. N. (2017). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran matematika berbasis kontekstual. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA) (Vol. 3, No. 1, pp. 452-459). http://pmat-unsika.eu5.org/Prosiding/66IkaAfifah-SESIOMADIKA-2017.pdf
- Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
- Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bina Aksara.
- Cahyono, T. (2015). Statistik Uji Normalitas. Yasamas.
- Caprio, R. R., Noer, S. H., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(5), 630-644. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/19442
- Handajani, B. (2020). Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika SMP. Adab.
- Hasibuan, E. K., Rambe, N. A., & Saleh, S. (2021). penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTS. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 61-67. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8532
- Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (3rd ed.). Ghalia Indonesia.
- Kadir. (2016). Statistika Terapan: Konsep, Contoh, dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. PT Rajagrafindo Persada.
- Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Kemendikbud.
- Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Katapena.
- Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76-85. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
- Mullis, I. V., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results. TIMSS & PIRLS International Study Centre.
- Naibaho, A. J., Susanta, A., & Hanifah. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 238-246. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.238-246
- Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.
- Salmi. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XII.IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang. JURNAL PROFIT, 6(1), 1-16. http://dx.doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865
- Setiawan, W., Bharata, H., & Caswita. (2017). Pengaruh discovery learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(9). http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30074
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
- Suriani, T., & Devita, D. (2021). Efektivitas lembar kerja peserta didik (LKPD) menggunakan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 5(3), 59-65. https://doi.org/10.36057/jips.v5i3.501
- Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11-18. https://doi.org/prefix 10.30734
- Syafti, O. (2020). Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTsN 12 Pesisir Selatan. Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah, 5(1), 57-64. https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.468
- Yensy, N. A. (2020). Efektivitas pembelajaran statistika matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65-74. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11410
References
Afifah, I., & Sopiany, H. N. (2017). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran matematika berbasis kontekstual. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA) (Vol. 3, No. 1, pp. 452-459). http://pmat-unsika.eu5.org/Prosiding/66IkaAfifah-SESIOMADIKA-2017.pdf
Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bina Aksara.
Cahyono, T. (2015). Statistik Uji Normalitas. Yasamas.
Caprio, R. R., Noer, S. H., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(5), 630-644. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/19442
Handajani, B. (2020). Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika SMP. Adab.
Hasibuan, E. K., Rambe, N. A., & Saleh, S. (2021). penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTS. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 61-67. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8532
Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (3rd ed.). Ghalia Indonesia.
Kadir. (2016). Statistika Terapan: Konsep, Contoh, dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. PT Rajagrafindo Persada.
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Kemendikbud.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Katapena.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76-85. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Mullis, I. V., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results. TIMSS & PIRLS International Study Centre.
Naibaho, A. J., Susanta, A., & Hanifah. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 238-246. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.238-246
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.
Salmi. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XII.IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang. JURNAL PROFIT, 6(1), 1-16. http://dx.doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865
Setiawan, W., Bharata, H., & Caswita. (2017). Pengaruh discovery learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(9). http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30074
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suriani, T., & Devita, D. (2021). Efektivitas lembar kerja peserta didik (LKPD) menggunakan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 5(3), 59-65. https://doi.org/10.36057/jips.v5i3.501
Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11-18. https://doi.org/prefix 10.30734
Syafti, O. (2020). Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTsN 12 Pesisir Selatan. Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah, 5(1), 57-64. https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.468
Yensy, N. A. (2020). Efektivitas pembelajaran statistika matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65-74. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11410