Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi garis dan sudut kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ialah kelas VII E yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes sebelum dan tes setelah Discovery Learning terkait kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh sebesar 44,70 dan 77,55, kemudian dilakukan uji paired t-test dan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 10,53 > 2,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu.

Keywords

Discovery Learning Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Article Details

How to Cite
Nadia, N., Yensy B, N. A., Utari, T., Maulidiya, D., & Stiadi, E. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(3), 429–439. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.3.429-439

References

  1. Afifah, I., & Sopiany, H. N. (2017). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran matematika berbasis kontekstual. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA) (Vol. 3, No. 1, pp. 452-459). http://pmat-unsika.eu5.org/Prosiding/66IkaAfifah-SESIOMADIKA-2017.pdf
  2. Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
  3. Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bina Aksara.
  4. Cahyono, T. (2015). Statistik Uji Normalitas. Yasamas.
  5. Caprio, R. R., Noer, S. H., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(5), 630-644. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/19442
  6. Handajani, B. (2020). Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika SMP. Adab.
  7. Hasibuan, E. K., Rambe, N. A., & Saleh, S. (2021). penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTS. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 61-67. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8532
  8. Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (3rd ed.). Ghalia Indonesia.
  9. Kadir. (2016). Statistika Terapan: Konsep, Contoh, dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. PT Rajagrafindo Persada.
  10. Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Kemendikbud.
  11. Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Katapena.
  12. Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76-85. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
  13. Mullis, I. V., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results. TIMSS & PIRLS International Study Centre.
  14. Naibaho, A. J., Susanta, A., & Hanifah. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 238-246. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.238-246
  15. Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.
  16. Salmi. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XII.IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang. JURNAL PROFIT, 6(1), 1-16. http://dx.doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865
  17. Setiawan, W., Bharata, H., & Caswita. (2017). Pengaruh discovery learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(9). http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30074
  18. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  19. Suriani, T., & Devita, D. (2021). Efektivitas lembar kerja peserta didik (LKPD) menggunakan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 5(3), 59-65. https://doi.org/10.36057/jips.v5i3.501
  20. Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11-18. https://doi.org/prefix 10.30734
  21. Syafti, O. (2020). Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTsN 12 Pesisir Selatan. Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah, 5(1), 57-64. https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.468
  22. Yensy, N. A. (2020). Efektivitas pembelajaran statistika matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65-74. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11410