Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonquivalent One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan peserta didik kelas VIII B. Analisis data yang dilakukan dengan uji-t independen dan perhitungan nilai N-Gain. Pada uji-t independen untuk hasil Pretest-Posttest dengan taraf signifikan ( = 0,05) didapat angka sig.(2-tailed) = 0,000 < taraf siginifikan () = 0,005 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning. Pada perhitungan nilai N-Gain didapat rata-rata angka N-gain pada saat pretest yakni 49,88 dan didapat rata-rata angka N-gain pada saat posttest yakni 80,51 dengan kategori tinggi, maka didapat bahwa angka kenaikan hasil belajar peserta didik saat posttest lebih tinggi dari angka kenaikan pada saat pretest. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Erli Puspita Purnama, Nurul Astuty Yensy B, Tria Utari, Elwan Stiadi, Dewi Rahimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19603.
- Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa sma pada dimensi tiga melaluimodel pembelajaran pbl berbantuan alat peraga. kreano, jurnal matematika kreatif-inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366.
- Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidik (Revisi). PT Bina Aksara.
- Arifin, Z., & Murtadlo, A. (2016). Evaluasi Pembelajaran: PT Remaja Rosdakarya.
- Aniswita, N. (2020). Perkembangan kognitif, bahasa, perkembangan sosio-emosional implikasin dalam pembelajaran. https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2380.
- Cahyono. (2015). Statistik Uji Normalitas. Yayasan Sanitarian Banyumas.
- Darlin, I., & Fathonah, N. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 48 Surabaya. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1237
- Fergiyanti, M., & Masjudin, M. (2016). Pengaruh problem based learning (problem based learning) terhadap aktivitas dan hasil belajar segiempat pada siswa Kelas VII SMPN. Media Pendidikan Matematika, 4(1), 14–19. https://doi.org/10.33394/mpm.v4i1.119.
- Kadir. (2018). Statistik Terapan: Konsep, Contoh, dan Analisis data dengan program SPSS/Lisrel dalam penelitian: PT RajaGrafindo Persada.
- Kotto. (2022). Meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui model problem based learning. https://doi.org/10.24246/juses.v5i1p24-27.
- Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
- Linsida. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap pemhamaan konsep matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.2.297-307.
- Nasruddin, N., Mashuri, S., & Nafiah, U. (2020). Peningkatan hasil belajar matematika pada materi segitiga melalui pendekatan penemuan terbimbing siswa SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 80–94. https://journal-center.litpam.com/index.php/e-Saintika/article/ view/169
- Nasution, J., & Alzaber. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika Kelas VII. Aksiomatik, 8(3), 66–72. https://repository.uir.ac.id/7430/1/156410970.pdf
- Rahayu, W. D., Rohaeti, E. E., & Yuliani, A. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematika siswa mts di kabupaten bandung barat. jurnal math educator nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 79. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.11998.
- Rusmono. (2014). strategi pembelajaran dengan problem based learning itu perlu : untuk meningkatkan profesional guru. Ghalia Indonesia.
- Yuafian, A., & Astuti S. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning. Jurnal riset pendidikan dasar, 03 (1), (2020) 17-24. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3216.
- Yensy, N. A. (2020). Efektifitas pembelajaran statistika matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65–74. https://doi.org/DOI:%20Https://Doi.Org/10.33369/Jpmr.V5i2.11410.
References
Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19603.
Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa sma pada dimensi tiga melaluimodel pembelajaran pbl berbantuan alat peraga. kreano, jurnal matematika kreatif-inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366.
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidik (Revisi). PT Bina Aksara.
Arifin, Z., & Murtadlo, A. (2016). Evaluasi Pembelajaran: PT Remaja Rosdakarya.
Aniswita, N. (2020). Perkembangan kognitif, bahasa, perkembangan sosio-emosional implikasin dalam pembelajaran. https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2380.
Cahyono. (2015). Statistik Uji Normalitas. Yayasan Sanitarian Banyumas.
Darlin, I., & Fathonah, N. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 48 Surabaya. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1237
Fergiyanti, M., & Masjudin, M. (2016). Pengaruh problem based learning (problem based learning) terhadap aktivitas dan hasil belajar segiempat pada siswa Kelas VII SMPN. Media Pendidikan Matematika, 4(1), 14–19. https://doi.org/10.33394/mpm.v4i1.119.
Kadir. (2018). Statistik Terapan: Konsep, Contoh, dan Analisis data dengan program SPSS/Lisrel dalam penelitian: PT RajaGrafindo Persada.
Kotto. (2022). Meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui model problem based learning. https://doi.org/10.24246/juses.v5i1p24-27.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
Linsida. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap pemhamaan konsep matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.2.297-307.
Nasruddin, N., Mashuri, S., & Nafiah, U. (2020). Peningkatan hasil belajar matematika pada materi segitiga melalui pendekatan penemuan terbimbing siswa SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 80–94. https://journal-center.litpam.com/index.php/e-Saintika/article/ view/169
Nasution, J., & Alzaber. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika Kelas VII. Aksiomatik, 8(3), 66–72. https://repository.uir.ac.id/7430/1/156410970.pdf
Rahayu, W. D., Rohaeti, E. E., & Yuliani, A. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematika siswa mts di kabupaten bandung barat. jurnal math educator nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 79. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.11998.
Rusmono. (2014). strategi pembelajaran dengan problem based learning itu perlu : untuk meningkatkan profesional guru. Ghalia Indonesia.
Yuafian, A., & Astuti S. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning. Jurnal riset pendidikan dasar, 03 (1), (2020) 17-24. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3216.
Yensy, N. A. (2020). Efektifitas pembelajaran statistika matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65–74. https://doi.org/DOI:%20Https://Doi.Org/10.33369/Jpmr.V5i2.11410.