Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar dan aktivitas siswa di SDN 76 Bengkulu Tengah dapat dipengaruhi oleh model pembelajaran tanya dengan bantuan alat peraga. Jenis penelitian yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian berbentuk nonequivalent pretest-posttest control group design atau desain dengan dua kelompok. Seluruh siswa SDN 76 Bengkulu Tengah adalah populasi penelitian ini. Siswa kelas VA terdiri dari 13 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB juga terdiri dari 13 orang sebagai kelas kontrol adalah sampel dari penelitian ini. Untuk masing-masing kelas sampel, penelitian dilakukan selama tiga pertemuan pembelajaran. Data hasil penelitian menunjukkan untuk hasil belajar menggunakan uji-t didapatkan nilai sig. (2-tailed) = 0,005 < taraf signifikan  maka disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Inquiry Learning berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar matematika siswa SDN 76 Bengkulu Tengah. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan memberikan permasalahan yang sesuai dengan konsep pembelajaran, membimbing siswa yang menghadapi masalah, dan memberikan latihan soal. Selain itu, aktivitas siswa juga dapat ditingkatkan dengan memberikan alat peraga saat pembelajaran dan LKPD menggunakan langkah-langkah model pembelajaran pertanyaan.

Article Details

How to Cite
Fashali, A. J. I., Susanta, A., & Haji, S. (2024). PENGARUH METODE INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS MATEMATIKA SISWA BERBANTUAN ALAT PERAGA DI SDN 76 BENGKULU TENGAH. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 95–102. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.95-102