Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis classPoint pada materi relasi dan fungsi dengan kriteria valid dan praktis di SMPN 4 Kota Pasuruan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu (menganalisis, merencanakan, mengembangkan, melaksanakan dan mengevaluasi). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Kota Pasuruan dan percobaan terbatas produk dilakukan pada 15 siswa kelas VIII. Berdasarkan kevalidan media yang dikembangkan, hasil persentase dari ahli media yaitu 88% dengan kriteria sangat valid, dan hasil persentase dari ahli materi 87% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan berdasarkan kepraktisan dari implementasi media diperoleh hasil persentase dari hasil angket peserta didik yaitu 85% dengan kriteria sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis classPoint yang dikembangkan sangat valid dan praktis untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VIII pada materi relasi dan fungsi di SMPN 4 Pasuruan.

Article Details

How to Cite
Ni’mah, A. M., & Supriyo, S. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CLASSPOINT PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI SMPN 4 PASURUAN. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 46–55. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.46-55