Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis classPoint pada materi relasi dan fungsi dengan kriteria valid dan praktis di SMPN 4 Kota Pasuruan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu (menganalisis, merencanakan, mengembangkan, melaksanakan dan mengevaluasi). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Kota Pasuruan dan percobaan terbatas produk dilakukan pada 15 siswa kelas VIII. Berdasarkan kevalidan media yang dikembangkan, hasil persentase dari ahli media yaitu 88% dengan kriteria sangat valid, dan hasil persentase dari ahli materi 87% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan berdasarkan kepraktisan dari implementasi media diperoleh hasil persentase dari hasil angket peserta didik yaitu 85% dengan kriteria sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis classPoint yang dikembangkan sangat valid dan praktis untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VIII pada materi relasi dan fungsi di SMPN 4 Pasuruan.
Article Details
Copyright (c) 2024 Asa Mardliyatim Ni’mah, Supriyo Supriyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.