Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk merancang lintasan pembelajaran matematika yang lebih kontekstual dan menarik bagi siswa dengan memanfaatkan permainan engklek dan pendekatan PMRI. Dengan mengaitkan konsep jaring -jaring kubus dan balok dalam permainan engklek yang akrab bagi siswa, diharapkan pembelajaran matematika materi ini menjadi lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Pemahaman siswa terhadap materi pelajaran diharapkan dapat meningkatMetode yang dipilih untuk penelitian ini adalah metode Penelitian Kualitatif Deskriptif. Dalam metode ini, peneliti menampilkan data yang diperoleh apa adanya tanpa melakukan proses manipulasi atau pengubahan. Penekanan utamanya adalah pada penyajian gambaran yang lengkap mengenai pembelajaran matematika dengan pendekatan yang berbeda. Penelitian ini mengungkap bahwa penggunaan permainan tradisional engklek sebagai lintasan belajar bagi siswa kelas 5 dalam memahami materi jaring-jaring kubus yang signifikan. Melalui pendekatan PMRI, pendidikan Matematika Realistik Indonesia, siswa dapat dengan lebih mudah menginternalisasi konsep tersebut serta mengaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari. Pemahaman permainan engklek juga terkait erat dengan konsep jaring-jaring, yang merupakan topik penting dalam matematika Sekolah Dasar. Integrasi permainan engklek dalam pembelajaran matematika bukan hanya meningkatkan keterlibatan siswa tetapi juga memfasilitasi pemahaman konsep matematika yang lebih baik melalui pendekatan yang interaktif dan kontekstual.

Article Details

How to Cite
Narotama, A., Ismail, B. N., & Zuliana, E. (2024). LINTASAN BELAJAR KELAS 5 MATERI JARING-JARING KUBUS DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN ENGKLEK. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 119–124. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.119-124