Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk merancang lintasan pembelajaran matematika yang lebih kontekstual dan menarik bagi siswa dengan memanfaatkan permainan engklek dan pendekatan PMRI. Dengan mengaitkan konsep jaring -jaring kubus dan balok dalam permainan engklek yang akrab bagi siswa, diharapkan pembelajaran matematika materi ini menjadi lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Pemahaman siswa terhadap materi pelajaran diharapkan dapat meningkatMetode yang dipilih untuk penelitian ini adalah metode Penelitian Kualitatif Deskriptif. Dalam metode ini, peneliti menampilkan data yang diperoleh apa adanya tanpa melakukan proses manipulasi atau pengubahan. Penekanan utamanya adalah pada penyajian gambaran yang lengkap mengenai pembelajaran matematika dengan pendekatan yang berbeda. Penelitian ini mengungkap bahwa penggunaan permainan tradisional engklek sebagai lintasan belajar bagi siswa kelas 5 dalam memahami materi jaring-jaring kubus yang signifikan. Melalui pendekatan PMRI, pendidikan Matematika Realistik Indonesia, siswa dapat dengan lebih mudah menginternalisasi konsep tersebut serta mengaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari. Pemahaman permainan engklek juga terkait erat dengan konsep jaring-jaring, yang merupakan topik penting dalam matematika Sekolah Dasar. Integrasi permainan engklek dalam pembelajaran matematika bukan hanya meningkatkan keterlibatan siswa tetapi juga memfasilitasi pemahaman konsep matematika yang lebih baik melalui pendekatan yang interaktif dan kontekstual.
Article Details
Copyright (c) 2024 Angga Narotama, Budi Nur Ismail, Eka Zuliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.