Main Article Content
Abstract
Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam pembentukan individu yang kompeten dan berdaya saing. Pada zaman kemajuan teknologi saat ini, guru diharuskan mampu melakukan usaha pembaharuan dalam proses pembelajaran yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tanggapan peserta didik dan pendidik mengenai media pembelajaran berbasis Canva pada materi Persamaan Garis Lurus di SMPN 4 Pasuruan. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket. Pada penelitian ini, model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE,yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu yang pertama Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari angket respon peserta didik dan pendidik terhadap media pembelajaran berbasis android pada materi Persamaan Garis Lurus didapatkan hasil validasi dari ahli media sebesar 80% dengan kriteria layak, dari ahli materi sebesar 90% dengan kriteria sangat layak dari angket respon guru sebesar 86% dengan kriteria sangat efektif dan dari angket respon peserta didik sebesar 89% dengan kriteria sangat efektif. Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Canva adalah layak digunakan pada proses pembelajaran serta efektif meningkatkan minat belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Article Details
Copyright (c) 2024 Andalusia Lusi, Supriyo Supriyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.