Main Article Content

Abstract

Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam pembentukan individu yang kompeten dan berdaya saing. Pada zaman kemajuan teknologi saat ini, guru diharuskan mampu melakukan usaha pembaharuan dalam proses pembelajaran yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tanggapan peserta didik dan pendidik mengenai media pembelajaran berbasis Canva pada materi Persamaan Garis Lurus di SMPN 4 Pasuruan. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket. Pada penelitian ini, model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE,yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu yang pertama Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari angket respon peserta didik dan pendidik terhadap media pembelajaran berbasis android pada materi Persamaan Garis Lurus didapatkan hasil validasi  dari ahli media sebesar 80% dengan kriteria layak, dari ahli materi sebesar 90% dengan kriteria sangat layak dari angket respon guru sebesar 86% dengan kriteria sangat efektif dan dari angket respon peserta didik sebesar 89% dengan kriteria sangat efektif. Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Canva adalah layak digunakan pada proses pembelajaran serta efektif meningkatkan minat belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Article Details

How to Cite
Pramita, A., & Supriyo, S. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF CANVA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMPN 4 PASURUAN . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 74–81. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.74-81