Main Article Content

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk menganalisis tingkat self-confidence atau rasa percaya diri siswa SMPN 23 Pekanbaru dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Seluruh  siswa kelas VII SMPN 23 Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024 merupakan pupulasi yang digunakan dalam penelitian ini. Sampel dipilih secara simple random sampling dan  diperoleh 25 siswa yang diambil secara acak dari 6 kelas. Penelitian ini menggunakan instrumen non-tes berupa angket rasa percaya diri yang terdiri dari 30 pernyataan atau pertanyaan yang dibagikan kepada siswa kemudian dilakukan analisis. Tujuan pengambilan data adalah untuk mengukur tingkat rasa percaya diri siswa dalam mempelajari matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir setengah dari siswa memiliki rasa percaya diri dengan perolehan presentase sebesar 34,60%.                                                                                                                                                           

Article Details

How to Cite
Santika, C. T., Rahmi, D., Yuniati, S., & Kurniati, A. (2024). ANALISIS SELF-CONFIDENCE SISWA KELAS VII SMP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 112–118. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.112-118