Main Article Content

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah mendesain atau menggambar lintasan belajar pecahan melalui pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia dan dengan menerapkan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas), adapun juga metode yang digunakan atau diterapkan guru masih bersifat sedikit monoton dimana cara guru menyampaikan atau menjelaskan sementara para siswa hanya mencatat, masih kurang dalam interaksi timbal balik antara guru dan siswa pada proses penerapan pembelajaran sehingga menyebabkan belajar mengajar menjadi pasif. Berdasarkan hal dan latar belakang itu , oleh karena itu peningkatan pembelajaran perlu dan harus dilakukan dan menjadi tujuan yang perlu diwujudkan oleh peneliti. Untuk meningkatkan sebuah hasil belajar mengajar, peneliti menerapkan model pembelajaran matematika realistik untuk pelajar siswa pada kelas 5 SD N Pati Wetan setiap siklus. Pada siklus memiliki 4 tahap yang pertama tahap perencanaan, kedua tahap pelaksanaan, ketiga tahap observasi dan terakhir tahap tahap refleksi, kemudian hasil data yang sudah diperoleh dapat dianalisis. Pada hasil dari penelitian ini penerapan dikelas ini dengan model pembelajaran matematika Realistik bisa memberikan peningkatan hasil pembelajaran Matematika siswa kelas 5 SD Pati Wetan 3.

Article Details

How to Cite
Norlita, D., Nageta, P. W., & Zuliana, E. (2024). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN DENGAN MEDIA RODA PECAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH DASAR . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 68–73. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.68-73