Main Article Content
Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah mendesain atau menggambar lintasan belajar pecahan melalui pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia dan dengan menerapkan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas), adapun juga metode yang digunakan atau diterapkan guru masih bersifat sedikit monoton dimana cara guru menyampaikan atau menjelaskan sementara para siswa hanya mencatat, masih kurang dalam interaksi timbal balik antara guru dan siswa pada proses penerapan pembelajaran sehingga menyebabkan belajar mengajar menjadi pasif. Berdasarkan hal dan latar belakang itu , oleh karena itu peningkatan pembelajaran perlu dan harus dilakukan dan menjadi tujuan yang perlu diwujudkan oleh peneliti. Untuk meningkatkan sebuah hasil belajar mengajar, peneliti menerapkan model pembelajaran matematika realistik untuk pelajar siswa pada kelas 5 SD N Pati Wetan setiap siklus. Pada siklus memiliki 4 tahap yang pertama tahap perencanaan, kedua tahap pelaksanaan, ketiga tahap observasi dan terakhir tahap tahap refleksi, kemudian hasil data yang sudah diperoleh dapat dianalisis. Pada hasil dari penelitian ini penerapan dikelas ini dengan model pembelajaran matematika Realistik bisa memberikan peningkatan hasil pembelajaran Matematika siswa kelas 5 SD Pati Wetan 3.
Article Details
Copyright (c) 2024 Devina Norlita, Putri Wanda Nageta, Eka Zuliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.