Isi Artikel Utama

Abstrak

Rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dilihat dari hasil pemberian tes awal kepada salah satu kelas VIII sebagai sampel dimana hasil tes awal dengan rata-rata 44,17 hasil tes dinilai menggunakan indikator berpikir kritis yang terdiri dari 4 indikator yaitu interpretasi dengan perolehan 9,80, analisis dengan perolehan 10,84, evaluasi dengan perolehan 17,30, dan inferensi dengan perolehan 6,25. Penerapan model problem based learning dapat membantu peserta didik untuk terbiasa menyelesaikan soal dengan proses yang sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang dipilih melalui purposive sampling. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan uji-t sampel independen. Teknis analisis data menggunakan perhitungan Microsoft Excel dan SPSS. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh nilai , yakni  dan nilai signifikan (2-tailed) lebih besar dari taraf signifikan yakni . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Septiawan, R., Susanta, A., Agustinsa, R., Stiadi, E., & Utari, T. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. JP2MS, 8(3), 374–384. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.3.374-384

Referensi

  1. Ahmatika, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Euclid, 3(1), 394–403. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324
  2. Astuti, T. P. (2019). Model problem based learning dengan mind mapping dalam pembelajaran IPA abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64-73.
  3. Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Jurnal PBL (jurnal 1). Widya ACCARYA: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, Vol 12 N0(1), 61–69.
  4. Herdiman, I., Nurismadanti, I. F., Rengganis, P., & Maryani, N. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. Prisma, 7(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.213
  5. Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh problem-based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42-46.
  6. Jailani, Sugiman, Retnawati, H., Bukhori, Apino, E., Djidu, H., & Arifin, Z. (2018). Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatih Higher Order Thinking Skill. Yogyakarta: UNY PRESS.
  7. Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.
  8. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
  9. Noor, F., & Ranti, M. G. (2019). Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 75–82. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.470
  10. Puspitawedana, D., & Jailani. (2018). Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem based Learning untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Siswa. PARAMA PUBLISHING.
  11. Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
  12. Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Penting. Ghalia Indonesia.
  13. Sani, R. A. (2016). Inovasi Pembelajaran. PT Bumi Aksara.
  14. Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082
  15. Sihotang, K. (2019). Berpikir kritis: Kecakapan hidup di era digital. PT Kanisius.
  16. Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3129
  17. Soromi, A., & Laia, S. (2020). Matematika: Belajar Ringkas Matematika yang mudah dan menyenangkan (Vol. 1). Penerbit Lutfi Gilang.
  18. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  19. Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. AR-Ruz Media.
  20. Untari, E., Rohmah, N., & Lestari, D. W. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Pembiasaan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 135-142).