Main Article Content

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa. Artikel ini berisi tentang hasil penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI-1. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi turunan fungsi trigonometri. Hasil dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika mengalami peningkatan dari rata-rata hasil tes pada pratindakan yaitu 40,28 siklus I yaitu 64,89 menjadi 78,56 pada siklus II. Dari penelitian ini disarankan para guru untuk memberikan pengetahuan prasyarat untuk materi yang akan diajarkan supaya siswa bisa memprediksi apa yang akan dipelajari. Selain itu guru disarankan memberi scaffolding secara khusus kepada siswa yang membutuhkan bantuan agar siswa aktif dalam berdiskusi dan dapat membangun pengetahuannya sendiri serta sebaiknya guru mengelompokkan kelompok belajar secara acak agar siswa dapat menjadi tutor sebaya bagi teman lainnya.

Keywords

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Problem Based Learning

Article Details

How to Cite
Musaidah, E., Sulandari, D., & Mariani, S. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 125–132. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.125-132

References

  1. Agustin, E. M., Solfitri, T., & Anggraini, R. D. (2024). Problem Based Learning : Solusi Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mathema Journal, 6(1), 235–244.
  2. Aldi, A. (2023). Learning Obstacle Siswa Sma Negeri 1 Kota Ternate Dalam Memahami Konsep Turunan Fungsi Ditinjau Dari Struktur Materi. SAINTIFIK@: Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 32–42. https://doi.org/10.33387/saintifik.v8i1.6221
  3. Dede Anggiana, A. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 886–894. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061
  4. Husnidar, & Hayati, R. (2022). Asimetris: jurnal pendidikan matematika dan sains. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 67–72.
  5. National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. VA: NCTM.
  6. Nurul Hikmah, B., & Eka Putri Atjo, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 154 Akkajeng Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. NSJ: Nubin Smart Journal, 3(2), 1–10. https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj
  7. Nurwahid, M., & Shodikin, A. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2218–2228. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.346
  8. Permatasari Sintya. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 2 Menggunakan Model Problem-based Learning (PBL) Di SDN Mojolangu 2 Kota Malang. Julnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2336–2347.
  9. Pramudita, M. D., Ambarwati, L., & Hidajat, F. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Kristen Kasih Kemuliaan pada Materi SPLTV. Journal on Education, 5(4), 13783–13788. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2391
  10. Rahmawati, D., Fitrianna, A. Y., Afrilianto, M., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2022). Penerapan Model Pbl Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas Vii Pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1725–1734. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1725-1734
  11. Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sma Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17–32. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5579
  12. Rahmi, A., Witarsa, R., & Noviardila, I. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Example dan Non Example. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 484–493.
  13. Roswanti, R., Supandi, S., & Nursyahidah, F. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Pada Pembelajaran Creative Problem Solving. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(3), 191–201. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i3.5878
  14. Silalahi, R. A., Siahaan, T. M., & Tambunan, L. O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA Swasta Kampus Nommensen Pematangsiantar. Journal on Education, 5(4), 14264–14275. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2453
  15. Siregar, Samosir, & N. (2021). Upaya Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran berbasis IT (geogebra). Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 103–111.
  16. Tan, S., Zou, L., Wijaya, T. T., Suci, N., & Dewi, S. (n.d.). Improving student creative thinking ability with problem based learning approach using hawgent dynamic mathematics software. http://www.hawgent.com.