Main Article Content
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa. Artikel ini berisi tentang hasil penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI-1. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi turunan fungsi trigonometri. Hasil dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika mengalami peningkatan dari rata-rata hasil tes pada pratindakan yaitu 40,28 siklus I yaitu 64,89 menjadi 78,56 pada siklus II. Dari penelitian ini disarankan para guru untuk memberikan pengetahuan prasyarat untuk materi yang akan diajarkan supaya siswa bisa memprediksi apa yang akan dipelajari. Selain itu guru disarankan memberi scaffolding secara khusus kepada siswa yang membutuhkan bantuan agar siswa aktif dalam berdiskusi dan dapat membangun pengetahuannya sendiri serta sebaiknya guru mengelompokkan kelompok belajar secara acak agar siswa dapat menjadi tutor sebaya bagi teman lainnya.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Evadatul Musaidah, Dewi Sulandari, Scolastika Mariani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Agustin, E. M., Solfitri, T., & Anggraini, R. D. (2024). Problem Based Learning : Solusi Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mathema Journal, 6(1), 235–244.
- Aldi, A. (2023). Learning Obstacle Siswa Sma Negeri 1 Kota Ternate Dalam Memahami Konsep Turunan Fungsi Ditinjau Dari Struktur Materi. SAINTIFIK@: Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 32–42. https://doi.org/10.33387/saintifik.v8i1.6221
- Dede Anggiana, A. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 886–894. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061
- Husnidar, & Hayati, R. (2022). Asimetris: jurnal pendidikan matematika dan sains. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 67–72.
- National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. VA: NCTM.
- Nurul Hikmah, B., & Eka Putri Atjo, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 154 Akkajeng Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. NSJ: Nubin Smart Journal, 3(2), 1–10. https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj
- Nurwahid, M., & Shodikin, A. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2218–2228. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.346
- Permatasari Sintya. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 2 Menggunakan Model Problem-based Learning (PBL) Di SDN Mojolangu 2 Kota Malang. Julnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2336–2347.
- Pramudita, M. D., Ambarwati, L., & Hidajat, F. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Kristen Kasih Kemuliaan pada Materi SPLTV. Journal on Education, 5(4), 13783–13788. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2391
- Rahmawati, D., Fitrianna, A. Y., Afrilianto, M., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2022). Penerapan Model Pbl Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas Vii Pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1725–1734. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1725-1734
- Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sma Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17–32. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5579
- Rahmi, A., Witarsa, R., & Noviardila, I. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Example dan Non Example. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 484–493.
- Roswanti, R., Supandi, S., & Nursyahidah, F. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Pada Pembelajaran Creative Problem Solving. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(3), 191–201. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i3.5878
- Silalahi, R. A., Siahaan, T. M., & Tambunan, L. O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA Swasta Kampus Nommensen Pematangsiantar. Journal on Education, 5(4), 14264–14275. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2453
- Siregar, Samosir, & N. (2021). Upaya Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran berbasis IT (geogebra). Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 103–111.
- Tan, S., Zou, L., Wijaya, T. T., Suci, N., & Dewi, S. (n.d.). Improving student creative thinking ability with problem based learning approach using hawgent dynamic mathematics software. http://www.hawgent.com.
References
Agustin, E. M., Solfitri, T., & Anggraini, R. D. (2024). Problem Based Learning : Solusi Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mathema Journal, 6(1), 235–244.
Aldi, A. (2023). Learning Obstacle Siswa Sma Negeri 1 Kota Ternate Dalam Memahami Konsep Turunan Fungsi Ditinjau Dari Struktur Materi. SAINTIFIK@: Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 32–42. https://doi.org/10.33387/saintifik.v8i1.6221
Dede Anggiana, A. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 886–894. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061
Husnidar, & Hayati, R. (2022). Asimetris: jurnal pendidikan matematika dan sains. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 67–72.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. VA: NCTM.
Nurul Hikmah, B., & Eka Putri Atjo, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 154 Akkajeng Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. NSJ: Nubin Smart Journal, 3(2), 1–10. https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj
Nurwahid, M., & Shodikin, A. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2218–2228. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.346
Permatasari Sintya. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 2 Menggunakan Model Problem-based Learning (PBL) Di SDN Mojolangu 2 Kota Malang. Julnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2336–2347.
Pramudita, M. D., Ambarwati, L., & Hidajat, F. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Kristen Kasih Kemuliaan pada Materi SPLTV. Journal on Education, 5(4), 13783–13788. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2391
Rahmawati, D., Fitrianna, A. Y., Afrilianto, M., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2022). Penerapan Model Pbl Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas Vii Pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1725–1734. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1725-1734
Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sma Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17–32. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5579
Rahmi, A., Witarsa, R., & Noviardila, I. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Example dan Non Example. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 484–493.
Roswanti, R., Supandi, S., & Nursyahidah, F. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Pada Pembelajaran Creative Problem Solving. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(3), 191–201. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i3.5878
Silalahi, R. A., Siahaan, T. M., & Tambunan, L. O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA Swasta Kampus Nommensen Pematangsiantar. Journal on Education, 5(4), 14264–14275. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2453
Siregar, Samosir, & N. (2021). Upaya Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran berbasis IT (geogebra). Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 103–111.
Tan, S., Zou, L., Wijaya, T. T., Suci, N., & Dewi, S. (n.d.). Improving student creative thinking ability with problem based learning approach using hawgent dynamic mathematics software. http://www.hawgent.com.