Main Article Content

Abstract

Pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mengkaji, serta membuat kesimpulan terkait keseluruhan dari hasil penelitian yang berkaitan dengan pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada matematika. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini ialah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mereview semua artikel terkait pemecahan masalah matematis dalam  kurun waktu 2017 – 2022. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 7 artikel jurnal nasional dan internasional terakreditasi yang diperoleh dari Google Schoolar dan SINTA. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis memiliki hubungan dengan gaya kognitif serta mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dalam penelitian ini kemampuan pemecahan masalah di tinjau dari gaya kognitif pada subjek Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berbeda berdasarkan tingkat ditinjau dari gaya kognitif pada mata pelajaran matematika. Mayoritas siswa jenis FI lebih baik dalam menyelesaikan masalah matematis dibandingkan dengan siswa jenis FD.

Article Details

How to Cite
Lestari, A., Afvadila2, D., Salim, O. F., Aziz, S., Muchlis, E. E., & Rahimah, D. (2024). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 23–33. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.23-33