Main Article Content
Abstract
Perkuliahan evaluasi pembelajaran matematika di tingkat perguruan tinggi khususnya di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu belum memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan di era industri 4.0, belum memberikan informasi dan pengetahuan yang lengkap mengenai penilaian kurikulum mardeka di sekolah menengah, dan belum memberikan pemahaman yang baik kepada mahasiswa tentang evaluasi pembelajaran matematika. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu penelitian dengan tujuan menghasilkan bahan ajar yang dapat mengatasi masalah-masalah tersebut. Produk dikembangkan berdasarkan pada kemampuan mahasiswa Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan pembaharuan dari instrumen perkuliahan evaluasi perkuliahan yang telah digunakan. Produk dikembangkan berdasarkan model pengembangan bahan ajar PLOMP, yang terdiri atas 3 Fase, yakni fase investigasi awal, fase pengembangan, dan fase penilaian. Produk bahan ajar yang dihasilkan terdiri atas rencana pembelajaran semester (RPS) dan modul evaluasi pembelajaran matematika. Produk telah melalui uji validitas ahli, antara lain ahli materi, ahli evaluasi dan ahli bahasa. Produk juga melalui uji praktikalitas oleh pengguna produk. yakni dosen dan mahasiswa. Hasil uji validitas ahli melalui angket terbuka, yang menghasilkan kesimpulan bahwa produk telah valid, hasil uji praktikalitas penggunaan produk melalui angket tertutup, dengan rata-rata sebesar 77,92% dalam kriteria praktis oleh pengguna mahasiswa, dan rata-rata 90% dalam kriteria sangat praktis oleh pengguna dosen. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas ini, disimpulkan bahwa produk telah layak digunakan untuk perkuliahan evaluasi pembelajaran matematika di Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Uji keefektifan dibutuhkan sebagai tindak lanjut dari penyempurnaan hasil penelitian ini.
Article Details
Copyright (c) 2024 Poni Saltifa, Erik Perdana Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.