Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang lintasan belajar atau Hypothetical Learning Trajectory pada pembelajaran perbandingan trigonometri. Penelitian ini adalah desain didaktis (Didactical Design Research) menggunakan pendekatan kualitatif, dilakukan dengan memperhatikan hambatan belajar (learning obstcle). Lokasi penelitian dilaksanakan di MA Kabupaten Tasikmalaya, subjek penelitian ini adalah kelas X IPS yang berjumlah 20 siswa. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer terdiri dari hasil jawaban tes, hasil wawancara, dan hasil observasi dan data sekunder berdasarkan hasil penelitian orang lain yang diterbitkan melalui jurnal maupun buku yang relevan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah hasil tes tertulis (tes diagnostik), wawancara dan observasi. Hasil penelitian diperoleh hambatan belajar pada materi perbandingan trigonometri yaitu siswa belum memahami materi prasyarat dari perbandingan trigonometri, siswa belum memahami konsep dari perbandingan trigonometri, siswa keliru menggunakan rumus perbandingan trigonometri dan kemampuan pemecahan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual masih tergolong rendah. Melaui hasil yang didapatkan dibuatlah pada penelitian ini Hypothetical Learning Trajectory pada pembelajaran perbandingan trigonometri yang dibuat berdasarkan identifikasi Learning Obstacle.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Fina Lutpiani Thohari Fina Lutpiani Thohari, Mega Nur Prabawati Mega Nur Prabawati, Nani Ratnaningsih Nani Ratnaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ardiansari, L., Suryadi, D., & Dasari, D. (2023). Desain didaktis pembelajaran matematika untuk mengatasi learning obstacles siswa SMP dalam mempelajari materi aljabar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 119–128.
- Aulia, S., Zetriuslita, Amelia, S., & Qudsi, R. (2021). Analisis minat belajar matematika siswa dalam menggunakan Aplikasi Scratch pada materi trigonometri. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 205–214.
- Cholid, Ahmadi, & Oktaviani, D. N. (2022). Analisis pemahaman konsep matematis pada siswa kelas X pada materi perbandingan trigonometri menggunakan model pembelajaran discovery learning. Teorema : Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 89–100.
- Fauziah, S., & Wahid, S. (2021). A Development of teaching resources : based on West Java Ethnomathematics for Grade 7 Middle School students a introduction. International Journal of Education and Humanities (IJEH), 1(2), 64–73. http://i-jeh.com/index.php/ijeh/index
- Gee, E. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika melalui alur belajar berbasis Realistik Mathematics Education (RME). Jurnal Education and Development, 7(3), 269–277.
- Gunadi, F., Lestari, W. D., & Yahkya, Z. S. (2022). Kesulitan belajar matematika siswa pada materi trigonometri berdasarkan self-esteem dan gaya belajar. Pedagogy, 7(2), 32–45.
- Insani, M. I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis epistemological obstacle siswa SMA pada materi trigonometri. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 547–558. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.547-558
- Kristian, S., Pandiangan, P., & Sugiharto. (2023). Identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri kelas X SMA Negeri 1 Kasongan. Jurnal Pendidikan, 24(1), 32–45. https://doi.org/https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.5345
- Lidu, M., Simarmata, J. E., & Delvion, E. B. S. (2023). Analisis minat belajar siswa pada pembelajaran matematika berbantuan aplikasi geogebra. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 395–402.
- Mardhiyah, N., Nabilah, N. A., Ibad, K., Al, A., & Septiadi, D. D. (2021). Pengembangan soal matematika model PISA pada materi transformasi geometri kelas XI. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 13–31. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i1.10
- Mufidati, D., & Kholil, M. (2021). Pengembangan modul matematika berbasis masalah dalam menumbuhkan kemampuan penalaran siswa pada mater perbadingan kelas VII. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 87–99. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i2.62
- Narotama, A., Ismail, B. N., & Zuliana, E. (2024). Lintasan belajar kelas 5 materi jaring-jaring kubus dengan menggunakan permainan engklek. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 119–124.
- Novita, N., Isnaniah, & Joni, D. (2022). Analisis kesulitan siswa kelas XI-MIPA pada materi Trigonometri di SMA N 1 Kecamatan Gunuang Omeh. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(4), 2828–6863.
- Rachman, A. F., & Purwasih, R. (2021). Analisis kesalahan siswa SMA Negeri di Kota Cimahi dalam menyelesaikan soal matematika pada materi trigonometri. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 739–748. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.739-748
- Rahayu, A., Laswadi, & Putra, A. (2024). Alur belajar perbandingan trigonometri dengan konteks bianglala. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(1), 11–22. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21628
- Rahma, S., Fadilah, N., Ratnaningsih, N., & Prabawati, M. N. (2022). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kecerdasan linguistik. Jurnal Kongruen, 1(2), 182–188. https://publikasi.unsi.ac.id/index.php/kongruen
- Ramadhan, F. A., & Hidayah, N. (2022). Penggunaan strategy Diskursus Multy Representation ( DMR ) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 75–88. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.107
- Sakinah, E., Darwan, & Haqq, A. A. (2019). Desain didaktis materi trigonometri dalam upaya meminimalisir hambatan belajar siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 121–130.
- Saputra, C. G., Kesumawati, N., & Fuadiah, N. F. (2021). Hypothetical learning trajectory pada pembelajaran perbandingan trigonometri untuk siswa SMA. Jurnal Didaktis Indonesia, 1(2), 116–125.
- Wakiah, W. (2020). Peningkatan hasl belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi perbandingan trigonometri di SMK N 1 Sakra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 159–162.
- Widiazizah, I., Fatah, A., Rahayu, I., & Pedagogical, T. (2022). Pengembangan E-Modul berbasis Techological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 95–107. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.113
- Wulandari, S., & Gusteti, M. U. (2020). Analisis kesalahan menyelesaikan soal trigonometri siswa kelas X SMA. Math Educa Journal, 4(1), 64–80. https://doi.org/10.15548/mej.v4i1.904
References
Ardiansari, L., Suryadi, D., & Dasari, D. (2023). Desain didaktis pembelajaran matematika untuk mengatasi learning obstacles siswa SMP dalam mempelajari materi aljabar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 119–128.
Aulia, S., Zetriuslita, Amelia, S., & Qudsi, R. (2021). Analisis minat belajar matematika siswa dalam menggunakan Aplikasi Scratch pada materi trigonometri. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 205–214.
Cholid, Ahmadi, & Oktaviani, D. N. (2022). Analisis pemahaman konsep matematis pada siswa kelas X pada materi perbandingan trigonometri menggunakan model pembelajaran discovery learning. Teorema : Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 89–100.
Fauziah, S., & Wahid, S. (2021). A Development of teaching resources : based on West Java Ethnomathematics for Grade 7 Middle School students a introduction. International Journal of Education and Humanities (IJEH), 1(2), 64–73. http://i-jeh.com/index.php/ijeh/index
Gee, E. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika melalui alur belajar berbasis Realistik Mathematics Education (RME). Jurnal Education and Development, 7(3), 269–277.
Gunadi, F., Lestari, W. D., & Yahkya, Z. S. (2022). Kesulitan belajar matematika siswa pada materi trigonometri berdasarkan self-esteem dan gaya belajar. Pedagogy, 7(2), 32–45.
Insani, M. I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis epistemological obstacle siswa SMA pada materi trigonometri. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 547–558. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.547-558
Kristian, S., Pandiangan, P., & Sugiharto. (2023). Identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri kelas X SMA Negeri 1 Kasongan. Jurnal Pendidikan, 24(1), 32–45. https://doi.org/https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.5345
Lidu, M., Simarmata, J. E., & Delvion, E. B. S. (2023). Analisis minat belajar siswa pada pembelajaran matematika berbantuan aplikasi geogebra. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 395–402.
Mardhiyah, N., Nabilah, N. A., Ibad, K., Al, A., & Septiadi, D. D. (2021). Pengembangan soal matematika model PISA pada materi transformasi geometri kelas XI. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 13–31. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i1.10
Mufidati, D., & Kholil, M. (2021). Pengembangan modul matematika berbasis masalah dalam menumbuhkan kemampuan penalaran siswa pada mater perbadingan kelas VII. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 87–99. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i2.62
Narotama, A., Ismail, B. N., & Zuliana, E. (2024). Lintasan belajar kelas 5 materi jaring-jaring kubus dengan menggunakan permainan engklek. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 119–124.
Novita, N., Isnaniah, & Joni, D. (2022). Analisis kesulitan siswa kelas XI-MIPA pada materi Trigonometri di SMA N 1 Kecamatan Gunuang Omeh. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(4), 2828–6863.
Rachman, A. F., & Purwasih, R. (2021). Analisis kesalahan siswa SMA Negeri di Kota Cimahi dalam menyelesaikan soal matematika pada materi trigonometri. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 739–748. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.739-748
Rahayu, A., Laswadi, & Putra, A. (2024). Alur belajar perbandingan trigonometri dengan konteks bianglala. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(1), 11–22. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21628
Rahma, S., Fadilah, N., Ratnaningsih, N., & Prabawati, M. N. (2022). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kecerdasan linguistik. Jurnal Kongruen, 1(2), 182–188. https://publikasi.unsi.ac.id/index.php/kongruen
Ramadhan, F. A., & Hidayah, N. (2022). Penggunaan strategy Diskursus Multy Representation ( DMR ) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 75–88. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.107
Sakinah, E., Darwan, & Haqq, A. A. (2019). Desain didaktis materi trigonometri dalam upaya meminimalisir hambatan belajar siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 121–130.
Saputra, C. G., Kesumawati, N., & Fuadiah, N. F. (2021). Hypothetical learning trajectory pada pembelajaran perbandingan trigonometri untuk siswa SMA. Jurnal Didaktis Indonesia, 1(2), 116–125.
Wakiah, W. (2020). Peningkatan hasl belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi perbandingan trigonometri di SMK N 1 Sakra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 159–162.
Widiazizah, I., Fatah, A., Rahayu, I., & Pedagogical, T. (2022). Pengembangan E-Modul berbasis Techological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 95–107. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.113
Wulandari, S., & Gusteti, M. U. (2020). Analisis kesalahan menyelesaikan soal trigonometri siswa kelas X SMA. Math Educa Journal, 4(1), 64–80. https://doi.org/10.15548/mej.v4i1.904