Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang lintasan belajar  atau Hypothetical Learning Trajectory pada pembelajaran perbandingan trigonometri. Penelitian ini adalah desain didaktis (Didactical Design Research) menggunakan pendekatan kualitatif, dilakukan dengan memperhatikan hambatan belajar (learning obstcle). Lokasi penelitian dilaksanakan di MA Kabupaten Tasikmalaya, subjek penelitian ini adalah kelas X IPS yang berjumlah 20 siswa. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer terdiri dari hasil jawaban tes, hasil wawancara, dan hasil observasi dan data sekunder berdasarkan hasil penelitian orang lain yang diterbitkan melalui jurnal maupun buku yang relevan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah hasil tes tertulis (tes diagnostik), wawancara dan observasi. Hasil penelitian diperoleh hambatan belajar pada materi perbandingan trigonometri yaitu siswa belum memahami materi prasyarat dari perbandingan trigonometri, siswa belum memahami konsep dari perbandingan trigonometri, siswa keliru menggunakan rumus perbandingan trigonometri dan kemampuan pemecahan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual masih tergolong rendah. Melaui hasil yang didapatkan dibuatlah pada penelitian ini Hypothetical Learning Trajectory pada pembelajaran perbandingan trigonometri yang dibuat berdasarkan identifikasi Learning Obstacle.

Keywords

Hambatan belajar Hipotesis lintasan belajar Perbandingan trigonometrii

Article Details

How to Cite
Fina Lutpiani Thohari, F. L. T., Mega Nur Prabawati, M. N. P., & Nani Ratnaningsih, N. R. (2024). HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA PEMBELAJARAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 144–152. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.144-152

References

  1. Ardiansari, L., Suryadi, D., & Dasari, D. (2023). Desain didaktis pembelajaran matematika untuk mengatasi learning obstacles siswa SMP dalam mempelajari materi aljabar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 119–128.
  2. Aulia, S., Zetriuslita, Amelia, S., & Qudsi, R. (2021). Analisis minat belajar matematika siswa dalam menggunakan Aplikasi Scratch pada materi trigonometri. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 205–214.
  3. Cholid, Ahmadi, & Oktaviani, D. N. (2022). Analisis pemahaman konsep matematis pada siswa kelas X pada materi perbandingan trigonometri menggunakan model pembelajaran discovery learning. Teorema : Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 89–100.
  4. Fauziah, S., & Wahid, S. (2021). A Development of teaching resources : based on West Java Ethnomathematics for Grade 7 Middle School students a introduction. International Journal of Education and Humanities (IJEH), 1(2), 64–73. http://i-jeh.com/index.php/ijeh/index
  5. Gee, E. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika melalui alur belajar berbasis Realistik Mathematics Education (RME). Jurnal Education and Development, 7(3), 269–277.
  6. Gunadi, F., Lestari, W. D., & Yahkya, Z. S. (2022). Kesulitan belajar matematika siswa pada materi trigonometri berdasarkan self-esteem dan gaya belajar. Pedagogy, 7(2), 32–45.
  7. Insani, M. I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis epistemological obstacle siswa SMA pada materi trigonometri. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 547–558. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.547-558
  8. Kristian, S., Pandiangan, P., & Sugiharto. (2023). Identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri kelas X SMA Negeri 1 Kasongan. Jurnal Pendidikan, 24(1), 32–45. https://doi.org/https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.5345
  9. Lidu, M., Simarmata, J. E., & Delvion, E. B. S. (2023). Analisis minat belajar siswa pada pembelajaran matematika berbantuan aplikasi geogebra. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 395–402.
  10. Mardhiyah, N., Nabilah, N. A., Ibad, K., Al, A., & Septiadi, D. D. (2021). Pengembangan soal matematika model PISA pada materi transformasi geometri kelas XI. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 13–31. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i1.10
  11. Mufidati, D., & Kholil, M. (2021). Pengembangan modul matematika berbasis masalah dalam menumbuhkan kemampuan penalaran siswa pada mater perbadingan kelas VII. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 87–99. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i2.62
  12. Narotama, A., Ismail, B. N., & Zuliana, E. (2024). Lintasan belajar kelas 5 materi jaring-jaring kubus dengan menggunakan permainan engklek. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 119–124.
  13. Novita, N., Isnaniah, & Joni, D. (2022). Analisis kesulitan siswa kelas XI-MIPA pada materi Trigonometri di SMA N 1 Kecamatan Gunuang Omeh. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(4), 2828–6863.
  14. Rachman, A. F., & Purwasih, R. (2021). Analisis kesalahan siswa SMA Negeri di Kota Cimahi dalam menyelesaikan soal matematika pada materi trigonometri. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 739–748. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.739-748
  15. Rahayu, A., Laswadi, & Putra, A. (2024). Alur belajar perbandingan trigonometri dengan konteks bianglala. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(1), 11–22. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21628
  16. Rahma, S., Fadilah, N., Ratnaningsih, N., & Prabawati, M. N. (2022). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kecerdasan linguistik. Jurnal Kongruen, 1(2), 182–188. https://publikasi.unsi.ac.id/index.php/kongruen
  17. Ramadhan, F. A., & Hidayah, N. (2022). Penggunaan strategy Diskursus Multy Representation ( DMR ) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 75–88. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.107
  18. Sakinah, E., Darwan, & Haqq, A. A. (2019). Desain didaktis materi trigonometri dalam upaya meminimalisir hambatan belajar siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 121–130.
  19. Saputra, C. G., Kesumawati, N., & Fuadiah, N. F. (2021). Hypothetical learning trajectory pada pembelajaran perbandingan trigonometri untuk siswa SMA. Jurnal Didaktis Indonesia, 1(2), 116–125.
  20. Wakiah, W. (2020). Peningkatan hasl belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi perbandingan trigonometri di SMK N 1 Sakra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 159–162.
  21. Widiazizah, I., Fatah, A., Rahayu, I., & Pedagogical, T. (2022). Pengembangan E-Modul berbasis Techological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 95–107. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.113
  22. Wulandari, S., & Gusteti, M. U. (2020). Analisis kesalahan menyelesaikan soal trigonometri siswa kelas X SMA. Math Educa Journal, 4(1), 64–80. https://doi.org/10.15548/mej.v4i1.904