Published: August 31, 2024

HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA PEMBELAJARAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI

Fina Lutpiani Thohari (1), Mega Nur Prabawati (2), Nani Ratnaningsih (3)
(1) Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Siliwangi ,
(2) Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Siliwangi ,
(3) Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Siliwangi
144-152
210

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN

Nurul Wahyuni (1), Dodik Mulyono (2), Dona Ningrum Mawardi (3)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Silampari ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Silampari ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Silampari
153-166
859

EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK SMKN 7 SEMARANG

Musyafak Musyafak (1), Supandi Supandi (2), Bayu Wardani (3), Agnita Siska Pramadyahsari (4)
(1) PPG Prajabatan Matematika, Universitas PGRI Semarang ,
(2) PPG Prajabatan Matematika, Universitas PGRI Semarang ,
(3) SMK N 7 Semarang ,
(4) PPG Prajabatan Matematika, Universitas PGRI Semarang
167-176
423

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP KELAS VIII PADA KONTEN BILANGAN DITINJAU DARI GENDER

Mayada Mayada (1), Fithria Ulfah (2), Arif Ganda Nugroho (3)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UMBJM, UM Banjarmasin ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UMBJM, UM Banjarmasin ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UMBJM, UM Banjarmasin
177-190
472

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD

Royana Nafisa Sabiela (1), Rohani Anggita Permadani (2), Diana Ermawati (3)
(1) Universitas Muria Kudus ,
(2) Universitas Muria Kudus ,
(3) Universitas Muria Kudus
191-198
244

PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Muhammad Khaza Ilfa (1), Rasiman Rasiman (2), Hartati Hartati (3), Henry Januar Saputra (4)
(1) Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang ,
(2) Universitas PGRI Semarang ,
(3) SDN Tawangmas 01 ,
(4) Universitas PGRI Semarang
199-206
123

PENGEMBANGAN MEDIA MANIPULATIF DONTIK (DONAT STATISTIK) PADA MATERI STATISTIKA UNTUK KELAS VIII SMP/MTS

Muhammad Al Farabi (1), Alifah Shofia Fuadah (2), Khoirunnisak Khoirunnisak (3)
(1) Prodi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ,
(2) Prodi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ,
(3) Prodi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
207-217
765

IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA BAAMBOOLOZE TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SDN TAWANG MAS 01

Shifliya Baroroh Rizqiyani (1), Khusnul Fajriyah (2), Hartati Hartati (3)
(1) Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang ,
(2) Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang ,
(3) Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang
218-225
299

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN DATAR

Muhammad Boy Saputro (1), Rizky Esti Utami (2), Nora Widyastuti (3), Arfilia Wijayanti (4)
(1) Universitas PGRI Semarang ,
(2) Universitas PGRI Semarang ,
(3) SDN Gemah ,
(4) Universitas PGRI Semarang
226-233
331

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI MATEMATIS BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK SISWA SD/MI

Risma Firda Diana (1), Siti Lailatul Fitriani (2)
(1) Institut Al Fithrah Surabaya ,
(2) Institut Al Fithrah Surabaya
234-241
395

EFEKTIVITAS MEDIA KONKRET JELLYFISH MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS 1 MATERI PENGURANGAN SD NEGERI TAWANGMAS 01 SEMARANG

Novida Ismiyana (1), Agnita Siska Pramasdyahsari (2), Hartati Hartati (3), Henry Januar Saputra (4)
(1) Universitas PGRI Semarang ,
(2) Universitas PGRI Semarang ,
(3) Universitas PGRI Semarang ,
(4) Universitas PGRI Semarang
242-249
263

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK PEMAHAMAN NUMERASI MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS 2 SDN SARIREJO SEMARANG

Chlaresa Larasati (1), Ngurah Ayu Nyoman Murniati (2), Afina Farkhahani (3), Aryo Andri Nugroho (4)
(1) Universitas PGRI Semarang ,
(2) Universitas PGRI Semarang ,
(3) SDN Sarirejo Semarang ,
(4) Universitas PGRI Semarang
250-257
214

HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Hikmi Inayah (1), Mega Nur Prabawati (2), Nani Ratnaningsih (3)
(1) Prodi S2 Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi ,
(2) Prodi S2 Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi ,
(3) Prodi S2 Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi
258-267
267

PRAKTIKALITAS E-MODUL STATISTIKA SMK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

Nurul Shakinah (1), Sefna R ismen (2), Mulia Suryani (3)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika Universitas PGRI Sumatera Barat ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika Universitas PGRI Sumatera Barat ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika Universitas PGRI Sumatera Barat
268-275
127

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EKSPONEN BERDASARKAN KRITERIA NEWMAN KELAS X E10 SMA KARTIKA 1-5 PADANG

Fauza Yolanda Putri (1), Sefna Rismen (2), Ainil Mardiyah (3)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika Universitas PGRI Sumatera Barat ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika Universitas PGRI Sumatera Barat ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika Universitas PGRI Sumatera Barat
276-283
68