Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu lintasan belajar pada pembelajaran teorema pythagoras, Hypothetical Learning Trajectory dirancang dengan memperhatikan Learning Obstacle terhadap kemampuan penalaran matematis yang dialami peserta didik. Banyaknya perserta didik yang mengalami hambatan belajar (Learning Obstacle) pada materi teorema pythagoras dibuktikan melalui studi pendahuluan yang dilaksanakan di SMP Dharma Ksatria kelas VIII A dan VIII B sebanyak 47 peserta didik. Metode yang digunakan adalah Didactical Design Research dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil tes kemampuan penalaran matematis peserta didik dikategorikan menjadi 3 kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Beradasarkan hasil tes dan wawancara Hambatan belajar yang sering dialami oleh peserta didik pada materi teorema pythagoras seperti peserta didik tidak memahami konsep matematika yang disajikan dalam bentuk soal cerita, peserta didik tidak mampu menyelesaikan operasi akar dan peserta didik belum memahami materi prasyarat terlebih dahulu. Untuk mengatasi hambatan tersebut, peneliti mengusulkan pembuatan lintasan belajar yang berorientasi kemampuan penalaran matematis yang bertujuan memperbaiki hasil pembelajaran. Peneliti menggunakan identifikasi Learning Obstacle untuk menghasilkan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang berfokus pada penalaran matematis pada materi teorema pythagoras.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Hikmi Inayah Hikmi, Mega Nur Prabawati, Nani Ratnaningsih

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Aprilianti, Y., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan penalaran matematik siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga. Journal On Education, 1(2), 524–532.
- Ardiansari, L., Suryadi, D., & Dasari, D. (2023). Desain didaktis pembelajaran matematika untuk mengatasi learning obstacles siswa SMP dalam mempelajari materi aljabar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 119–128.
- Cahyanindya, B. A., & Mampouw, H. L. (2020). Pengembangan media puppy berbasis adobe flash cs6 untuk pembelajaran teorema pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 396–405.
- Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322.
- Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32–36.
- Imran, A. F., Priantinah, D., & Solikhatun, I. (2022). Development of Accounting E-Module to Improve Students’ Critical Thinking Ability. Journal of Educational Science and Technology (EST), 8(1), 1–8.
- Meika, I., Berliana, R., & Sartika, N. S. (2022). Desain Didaktis Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Pada Materi Teorema Pythagoras. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 411–424.
- Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi teorema phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 415–426.
- Mundanti, S. A., Ramadianti, W., & Jumri, R. (2023). Efektivitas penggunaan soal penalaran matematis pada model kooperatif tipe numbered head together (nht) untuk kemampuan penalaran. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 363–370.
- Muslimin, M., & Sunardi, S. (2019). Analisis kemampuan penalaran matematika siswa sma pada materi geometri ruang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 171–178.
- Portuna, N. D. A., Fuadiah, N. F., & Surmilasari, N. (2023). Learning obstacle materi volume bangun ruang sisi datar prisma segitiga pembelajaran matematika Kelas V SDN 80 Palembang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 480–487.
- Rina, R., & Bernard, M. (2021). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal pada materi teorema pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2836–2845.
- Sapitri, Y., Fitriani, N., & Kadarisma, G. (2020). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmetika sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 567–574.
- Sari, H. P., & Fuadiah, N. F. (2021). Learning obstacle, hypothetical desain hipotetik pembelajaran teorema pythagoras: hypothetical learning trajectory pembelajaran teorema pythagoras. Jurnal Didaktis Indonesia, 1(2), 104–115.
- Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540.
- Yusnimar, Y. (2022). Desain Didaktis Pada Pelajaran al-Qur’an Hadist berdasarkan Analisis Hypothetical Learning Trajectory (HTL) terhadap Learning Obstacle Siswa Kelas XI. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 2(2), 69–72.
Referensi
Aprilianti, Y., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan penalaran matematik siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga. Journal On Education, 1(2), 524–532.
Ardiansari, L., Suryadi, D., & Dasari, D. (2023). Desain didaktis pembelajaran matematika untuk mengatasi learning obstacles siswa SMP dalam mempelajari materi aljabar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 119–128.
Cahyanindya, B. A., & Mampouw, H. L. (2020). Pengembangan media puppy berbasis adobe flash cs6 untuk pembelajaran teorema pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 396–405.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322.
Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32–36.
Imran, A. F., Priantinah, D., & Solikhatun, I. (2022). Development of Accounting E-Module to Improve Students’ Critical Thinking Ability. Journal of Educational Science and Technology (EST), 8(1), 1–8.
Meika, I., Berliana, R., & Sartika, N. S. (2022). Desain Didaktis Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Pada Materi Teorema Pythagoras. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 411–424.
Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi teorema phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 415–426.
Mundanti, S. A., Ramadianti, W., & Jumri, R. (2023). Efektivitas penggunaan soal penalaran matematis pada model kooperatif tipe numbered head together (nht) untuk kemampuan penalaran. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 363–370.
Muslimin, M., & Sunardi, S. (2019). Analisis kemampuan penalaran matematika siswa sma pada materi geometri ruang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 171–178.
Portuna, N. D. A., Fuadiah, N. F., & Surmilasari, N. (2023). Learning obstacle materi volume bangun ruang sisi datar prisma segitiga pembelajaran matematika Kelas V SDN 80 Palembang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 480–487.
Rina, R., & Bernard, M. (2021). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal pada materi teorema pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2836–2845.
Sapitri, Y., Fitriani, N., & Kadarisma, G. (2020). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmetika sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 567–574.
Sari, H. P., & Fuadiah, N. F. (2021). Learning obstacle, hypothetical desain hipotetik pembelajaran teorema pythagoras: hypothetical learning trajectory pembelajaran teorema pythagoras. Jurnal Didaktis Indonesia, 1(2), 104–115.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540.
Yusnimar, Y. (2022). Desain Didaktis Pada Pelajaran al-Qur’an Hadist berdasarkan Analisis Hypothetical Learning Trajectory (HTL) terhadap Learning Obstacle Siswa Kelas XI. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 2(2), 69–72.