Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu lintasan belajar pada pembelajaran teorema pythagoras, Hypothetical Learning Trajectory dirancang dengan memperhatikan Learning Obstacle terhadap kemampuan penalaran matematis yang dialami peserta didik. Banyaknya perserta didik yang mengalami hambatan belajar (Learning Obstacle) pada materi teorema pythagoras dibuktikan melalui studi pendahuluan yang dilaksanakan di SMP Dharma Ksatria kelas VIII A dan VIII B sebanyak 47 peserta didik. Metode yang digunakan adalah Didactical Design Research dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil tes kemampuan penalaran matematis peserta didik dikategorikan menjadi 3 kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Beradasarkan hasil tes dan wawancara Hambatan belajar yang sering dialami oleh peserta didik pada materi teorema pythagoras seperti peserta didik tidak memahami konsep matematika yang disajikan dalam bentuk soal cerita, peserta didik tidak mampu menyelesaikan operasi akar dan peserta didik belum memahami materi prasyarat terlebih dahulu. Untuk mengatasi hambatan tersebut, peneliti mengusulkan pembuatan lintasan belajar yang berorientasi kemampuan penalaran matematis yang bertujuan memperbaiki hasil pembelajaran. Peneliti menggunakan identifikasi Learning Obstacle untuk menghasilkan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang berfokus pada penalaran matematis pada materi teorema pythagoras.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hikmi, H. I., Prabawati, M. N., & Ratnaningsih, N. (2024). HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. JP2MS, 8(2), 258–267. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.258-267

Referensi

  1. Aprilianti, Y., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan penalaran matematik siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga. Journal On Education, 1(2), 524–532.
  2. Ardiansari, L., Suryadi, D., & Dasari, D. (2023). Desain didaktis pembelajaran matematika untuk mengatasi learning obstacles siswa SMP dalam mempelajari materi aljabar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 119–128.
  3. Cahyanindya, B. A., & Mampouw, H. L. (2020). Pengembangan media puppy berbasis adobe flash cs6 untuk pembelajaran teorema pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 396–405.
  4. Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322.
  5. Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32–36.
  6. Imran, A. F., Priantinah, D., & Solikhatun, I. (2022). Development of Accounting E-Module to Improve Students’ Critical Thinking Ability. Journal of Educational Science and Technology (EST), 8(1), 1–8.
  7. Meika, I., Berliana, R., & Sartika, N. S. (2022). Desain Didaktis Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Pada Materi Teorema Pythagoras. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 411–424.
  8. Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi teorema phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 415–426.
  9. Mundanti, S. A., Ramadianti, W., & Jumri, R. (2023). Efektivitas penggunaan soal penalaran matematis pada model kooperatif tipe numbered head together (nht) untuk kemampuan penalaran. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 363–370.
  10. Muslimin, M., & Sunardi, S. (2019). Analisis kemampuan penalaran matematika siswa sma pada materi geometri ruang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 171–178.
  11. Portuna, N. D. A., Fuadiah, N. F., & Surmilasari, N. (2023). Learning obstacle materi volume bangun ruang sisi datar prisma segitiga pembelajaran matematika Kelas V SDN 80 Palembang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 480–487.
  12. Rina, R., & Bernard, M. (2021). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal pada materi teorema pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2836–2845.
  13. Sapitri, Y., Fitriani, N., & Kadarisma, G. (2020). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmetika sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 567–574.
  14. Sari, H. P., & Fuadiah, N. F. (2021). Learning obstacle, hypothetical desain hipotetik pembelajaran teorema pythagoras: hypothetical learning trajectory pembelajaran teorema pythagoras. Jurnal Didaktis Indonesia, 1(2), 104–115.
  15. Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540.
  16. Yusnimar, Y. (2022). Desain Didaktis Pada Pelajaran al-Qur’an Hadist berdasarkan Analisis Hypothetical Learning Trajectory (HTL) terhadap Learning Obstacle Siswa Kelas XI. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 2(2), 69–72.