Main Article Content
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika harus dimiliki oleh setiap siswa untuk menangani masalah-masalah yang ada dalam pembelajaran matematika. Artikel ini berpusat pada pembedaan, penilaian, dan penyimpulan hasil penelitian yang berhubungan dengan penggunaan model problem based learning, dan penggunaan media yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah. Kajian ini menggunakan studi Systematic Literature Review (SLR). Untuk mendapatkan informasi yang beragam, survei artikel eksplorasi dilakukan pada kisaran tahun 2020 dan 2024. Penelitian ini menggunakan sejumlah 12 artikel jurnal nasional dan internasioanal. Artikel-artikel ini ditemukan melalui Google Scholar dan alat pencarian web SINTA. Berdasarkan hasil eksplorasi, ditemukan bahwa penggunaan model problem based learning dan media pembelajaran scratch dalam pengalaman belajar matematika dan mata pelajaran yang berbeda memiliki dampak untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Nurul Wahyuni, Dodik Mulyono, Dona Ningrum Mawardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Agustinsa, R., Anjasari, V., & Yensy, N. A. (2023). Effect of Problem Based Learning Models Using Contextual Worksheets on Middle School Students’ Mathematical Problem Solving Ability. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(01), 48–56. https://doi.org/10.22437/edumatica.v13i01.24387
- Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827
- Anggraini, A. L., & Musyarofah, A. A. S. (2023). Analisis Kemampuan Matematika Siswa MTs Nurul Huda Mangaran dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 13. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i1.44
- Atmajaya, T., Susanta, A., Utari, T., Susanto, E., Maulidiya Pengaruh Game Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri, D., Bengkulu, K., Maulidiya, D., & Penulis, K. (2023). Pengaruh Game Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(JP2MS), 441–449. https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/29348/13924%0Ahttps://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.441-449
- Attri, R. K. (2018). Accelerating complex problem-solving skills: problem-centered training design methods. In Speed To Proficiency Research: S2Pro© (p. 74).
- Calder, N. (2018). Using scratch to facilitate mathematical thinking. Waikato Journal of Education, 23(2), 43–58. https://doi.org/10.15663/wje.v23i2.654
- Dewi, A., Juliyanto, E., & Rahayu, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Computational Thinking Berbantuan Scratch Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 4(2), 492–497. https://doi.org/10.31002/nse.v4i2.2023
- Fauzan Febriansyah, M., & Sumaryana, Y. (2021). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Informatics and Digital Expert (INDEX), 3(2), 61–68. https://doi.org/10.36423/index.v3i2.838
- Habibullah, Wardono, & Waluyo, B. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 1–6. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
- Hamdi, S., Suganda, I. A., & Hayati, N. (2018). Developing higher-order thinking skill (HOTS) test instrument using Lombok local cultures as contexts for junior secondary school mathematics. REID (Research and Evaluation in Education), 4(2), 126–135. https://doi.org/10.21831/reid.v4i2.22089
- Haqiqi, A. K., & Syarifa, S. N. (2021). Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantuan Video dalam Liveworksheets Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 193. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12048
- Hayati, R., Armanto, D., & Zuraini, Z. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1549. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6534
- Hayati, R., Fachrurazi, F., Karim, A., & Marzuki, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 621–629. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1558
- Hidayatsyah, H. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 458–470. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.534
- Hossain, M. R., Akhter, F., & Sultana, M. M. (2022). SMEs in Covid-19 Crisis and Combating Strategies: A Systematic Literature Review (SLR) and A Case from Emerging Economy. Operations Research Perspectives, 9(January), 100222. https://doi.org/10.1016/j.orp.2022.100222
- I.P.B.W. Wardhana, N.K. Suarni, & I.B. Putrayasa. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Self Efficacy Siswa Sekolah Dasar. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 275–286. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2488
- Inayah, F., & Arief Agoestanto. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Resiliensi Matematis: Tinjauan Pustaka Sistematis. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 74–86. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2798
- Junaid, M., Salahudin, S., & Anggraini, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Di Smpn 17 Tebo. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(April), 16. https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.709
- Khalil, N. A., & Wardana, M. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 121–130. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.45
- Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Seminar Nasinal Pascasarjana, 21(2), 702.
- Mahmudah, S. (2018). Media pembelajaran bahasa arab. An Nabighoh, 20(01), 129–138. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131
- Mariani, Y., & Susanti, E. (2019). Kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran MEA (means ends analysis). Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 13–26.
- Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187
- Maulana, B. S., & Cahyono, A. N. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa Berbantuan Scratch Dengan Konsep Kebudayaan Indonesia Dan Math-Trail Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 7(2), 92–99. https://doi.org/10.37150/jp.v7i2.2497
- Maureta, P. S., Pandra, V., & Mulyono, D. (2023). Penerapan model pbl dalam pembelajaran statistika untuk mengukur hasil belajar matematika kelas viii smpn 4 lubuklinggau. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 305–314. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.4675
- Mu’arivah, S. N., Pormes, C. O., Fitriana, E. T. N., Salsabila, S., & Sanusi, W. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Scratch pada Pemrograman Web untuk Siswa SMK. TeknoIS : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 14(1), 56–65. https://doi.org/10.36350/jbs.v14i1.229
- Nabilah, A. P., Alindra, A. L., Nurhikmah, I., & Nur, N. (2024). Penggunaan Media Scratch Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 1975–1986.
- Novita Iriyanti Ningrum, Akhdinirwanto, R. W., Fatmaryanti, S. D., & Kurniawan, E. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Scratch untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 6(1), 32–41. https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i1.365
- Nurfatanah, N., Rusmono, R., & Nurjannah, N. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
- Nurhayati, E., Dewi, S. V., & Setialesmana, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Scracth Untuk Mengoptimalkan Problem Solving Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 871. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6520
- OECD. (2023). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. Organisation for Economic Co-Operation and Development. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-assessment-and-analytical-framework_dfe0bf9c-en.html
- Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846
- Rahman, Z., H., &, R. S. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10080
- Rany Anggraeni, G. K. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VII pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1072–1082. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.334
- Riski Tri Widyastuti, G. S. A. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 412–418. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.366
- Rizky, M., Jadidah, I. T., Eprilia, W., Shawmi, A. N., & Saputra, A. D. (2024). Seberapa Besar Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Pada Hasil Belajar Siswa SD/MI? Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 4(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i1.2530
- Saputra, D. K., & Perdana, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan 3D Application Scratch Pada Topik Tekanan Hidrostatis. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 61–68. https://doi.org/10.30822/magneton.v2i1.3018
- Satria, E., Har, E., Yuza, A., Gusmaweti, G., & Anwar, V. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Magnet (MANIAKNET) Untuk Pengembangan Keterampilan Pemecahan Masalah Berpikir Komputasional Dan Berpikir Kreatif Dengan Blok Programming. IKRA-ITH Informatika : Jurnal Komputer Dan Informatika, 8(2), 209–221. https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v8i2.3045
- Supriatin, A., MS, Z., & Boeriswati, E. (2020). Efforts to Increase Creativity in Solving Mathematical Problems Through Scratch Media. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 318. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i8.1879
- Supriatin, C., & Putra, H. D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis Singgung Lingkaran Menggunakan Model Problem Based Learning berbantuan Scratch. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1851–1864. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.20811
- Susino, Selpia Anggraini. Destiniar. Sari, E. F. P. et al. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Didactical Mathematics, 5(2), 295–304. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5528
- Sutarna, N., & Ripai, I. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 130–137. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2188
- Sutikno, S., Susilo, S., & Hardiyanto, W. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Scratch Sebagai Media Pembelajaran. Rekayasa, 16(2), 173–178. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v16i2.17508
- Suwarma, D. M. (2024). Penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. 6, 4356–4361.
- Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/
- Utami, R. A., & Giarti, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3(1), 1–8.
- Yulhendri, Y. (2022). Peningkatan Keterampilan TIK Guru dan Pengayaan Bahan Ajar Memanfaatkan Media Pembelajaran Menggunakan Scratch di IGTKI-PGRI Cengkareng Jakarta Barat. Jurnal Abdidas, 3(3), 599–606. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.631
- Rahman, Z., H., &, R. S. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10080
- Zawacki-Richter, O., Kerres, M., ·B., S., Bond, M., & Buntins, K. (2020). Systematic reviews in education? In Revista de Ciencias Sociales.
References
Agustinsa, R., Anjasari, V., & Yensy, N. A. (2023). Effect of Problem Based Learning Models Using Contextual Worksheets on Middle School Students’ Mathematical Problem Solving Ability. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(01), 48–56. https://doi.org/10.22437/edumatica.v13i01.24387
Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827
Anggraini, A. L., & Musyarofah, A. A. S. (2023). Analisis Kemampuan Matematika Siswa MTs Nurul Huda Mangaran dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 13. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i1.44
Atmajaya, T., Susanta, A., Utari, T., Susanto, E., Maulidiya Pengaruh Game Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri, D., Bengkulu, K., Maulidiya, D., & Penulis, K. (2023). Pengaruh Game Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(JP2MS), 441–449. https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/29348/13924%0Ahttps://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.441-449
Attri, R. K. (2018). Accelerating complex problem-solving skills: problem-centered training design methods. In Speed To Proficiency Research: S2Pro© (p. 74).
Calder, N. (2018). Using scratch to facilitate mathematical thinking. Waikato Journal of Education, 23(2), 43–58. https://doi.org/10.15663/wje.v23i2.654
Dewi, A., Juliyanto, E., & Rahayu, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Computational Thinking Berbantuan Scratch Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 4(2), 492–497. https://doi.org/10.31002/nse.v4i2.2023
Fauzan Febriansyah, M., & Sumaryana, Y. (2021). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Informatics and Digital Expert (INDEX), 3(2), 61–68. https://doi.org/10.36423/index.v3i2.838
Habibullah, Wardono, & Waluyo, B. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 1–6. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Hamdi, S., Suganda, I. A., & Hayati, N. (2018). Developing higher-order thinking skill (HOTS) test instrument using Lombok local cultures as contexts for junior secondary school mathematics. REID (Research and Evaluation in Education), 4(2), 126–135. https://doi.org/10.21831/reid.v4i2.22089
Haqiqi, A. K., & Syarifa, S. N. (2021). Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantuan Video dalam Liveworksheets Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 193. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12048
Hayati, R., Armanto, D., & Zuraini, Z. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1549. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6534
Hayati, R., Fachrurazi, F., Karim, A., & Marzuki, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 621–629. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1558
Hidayatsyah, H. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 458–470. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.534
Hossain, M. R., Akhter, F., & Sultana, M. M. (2022). SMEs in Covid-19 Crisis and Combating Strategies: A Systematic Literature Review (SLR) and A Case from Emerging Economy. Operations Research Perspectives, 9(January), 100222. https://doi.org/10.1016/j.orp.2022.100222
I.P.B.W. Wardhana, N.K. Suarni, & I.B. Putrayasa. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Self Efficacy Siswa Sekolah Dasar. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 275–286. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2488
Inayah, F., & Arief Agoestanto. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Resiliensi Matematis: Tinjauan Pustaka Sistematis. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 74–86. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2798
Junaid, M., Salahudin, S., & Anggraini, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Di Smpn 17 Tebo. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(April), 16. https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.709
Khalil, N. A., & Wardana, M. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 121–130. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.45
Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Seminar Nasinal Pascasarjana, 21(2), 702.
Mahmudah, S. (2018). Media pembelajaran bahasa arab. An Nabighoh, 20(01), 129–138. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131
Mariani, Y., & Susanti, E. (2019). Kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran MEA (means ends analysis). Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 13–26.
Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187
Maulana, B. S., & Cahyono, A. N. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa Berbantuan Scratch Dengan Konsep Kebudayaan Indonesia Dan Math-Trail Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 7(2), 92–99. https://doi.org/10.37150/jp.v7i2.2497
Maureta, P. S., Pandra, V., & Mulyono, D. (2023). Penerapan model pbl dalam pembelajaran statistika untuk mengukur hasil belajar matematika kelas viii smpn 4 lubuklinggau. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 305–314. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.4675
Mu’arivah, S. N., Pormes, C. O., Fitriana, E. T. N., Salsabila, S., & Sanusi, W. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Scratch pada Pemrograman Web untuk Siswa SMK. TeknoIS : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 14(1), 56–65. https://doi.org/10.36350/jbs.v14i1.229
Nabilah, A. P., Alindra, A. L., Nurhikmah, I., & Nur, N. (2024). Penggunaan Media Scratch Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 1975–1986.
Novita Iriyanti Ningrum, Akhdinirwanto, R. W., Fatmaryanti, S. D., & Kurniawan, E. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Scratch untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 6(1), 32–41. https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i1.365
Nurfatanah, N., Rusmono, R., & Nurjannah, N. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Nurhayati, E., Dewi, S. V., & Setialesmana, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Scracth Untuk Mengoptimalkan Problem Solving Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 871. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6520
OECD. (2023). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. Organisation for Economic Co-Operation and Development. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-assessment-and-analytical-framework_dfe0bf9c-en.html
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846
Rahman, Z., H., &, R. S. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10080
Rany Anggraeni, G. K. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VII pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1072–1082. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.334
Riski Tri Widyastuti, G. S. A. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 412–418. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.366
Rizky, M., Jadidah, I. T., Eprilia, W., Shawmi, A. N., & Saputra, A. D. (2024). Seberapa Besar Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Pada Hasil Belajar Siswa SD/MI? Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 4(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i1.2530
Saputra, D. K., & Perdana, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan 3D Application Scratch Pada Topik Tekanan Hidrostatis. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 61–68. https://doi.org/10.30822/magneton.v2i1.3018
Satria, E., Har, E., Yuza, A., Gusmaweti, G., & Anwar, V. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Magnet (MANIAKNET) Untuk Pengembangan Keterampilan Pemecahan Masalah Berpikir Komputasional Dan Berpikir Kreatif Dengan Blok Programming. IKRA-ITH Informatika : Jurnal Komputer Dan Informatika, 8(2), 209–221. https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v8i2.3045
Supriatin, A., MS, Z., & Boeriswati, E. (2020). Efforts to Increase Creativity in Solving Mathematical Problems Through Scratch Media. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 318. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i8.1879
Supriatin, C., & Putra, H. D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis Singgung Lingkaran Menggunakan Model Problem Based Learning berbantuan Scratch. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1851–1864. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.20811
Susino, Selpia Anggraini. Destiniar. Sari, E. F. P. et al. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Didactical Mathematics, 5(2), 295–304. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5528
Sutarna, N., & Ripai, I. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 130–137. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2188
Sutikno, S., Susilo, S., & Hardiyanto, W. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Scratch Sebagai Media Pembelajaran. Rekayasa, 16(2), 173–178. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v16i2.17508
Suwarma, D. M. (2024). Penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. 6, 4356–4361.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/
Utami, R. A., & Giarti, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3(1), 1–8.
Yulhendri, Y. (2022). Peningkatan Keterampilan TIK Guru dan Pengayaan Bahan Ajar Memanfaatkan Media Pembelajaran Menggunakan Scratch di IGTKI-PGRI Cengkareng Jakarta Barat. Jurnal Abdidas, 3(3), 599–606. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.631
Rahman, Z., H., &, R. S. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10080
Zawacki-Richter, O., Kerres, M., ·B., S., Bond, M., & Buntins, K. (2020). Systematic reviews in education? In Revista de Ciencias Sociales.