Main Article Content

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika harus dimiliki oleh setiap siswa untuk menangani masalah-masalah yang ada dalam pembelajaran matematika. Artikel ini berpusat pada pembedaan, penilaian, dan penyimpulan hasil penelitian yang berhubungan dengan penggunaan model problem based learning, dan penggunaan media yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah. Kajian ini menggunakan studi Systematic Literature Review (SLR). Untuk mendapatkan informasi yang beragam, survei artikel eksplorasi dilakukan pada kisaran tahun 2020 dan 2024. Penelitian ini menggunakan sejumlah 12 artikel jurnal nasional dan internasioanal. Artikel-artikel ini ditemukan melalui Google Scholar dan alat pencarian web SINTA. Berdasarkan hasil eksplorasi, ditemukan bahwa penggunaan model problem based learning dan media pembelajaran scratch dalam pengalaman belajar matematika dan mata pelajaran yang berbeda memiliki dampak untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Keywords

Kemampuan Pemecahan Masalah Problem Based Learning Scratch

Article Details

How to Cite
Wahyuni, N., Mulyono, D., & Mawardi, D. N. (2024). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 153–166. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.153-166

References

  1. Agustinsa, R., Anjasari, V., & Yensy, N. A. (2023). Effect of Problem Based Learning Models Using Contextual Worksheets on Middle School Students’ Mathematical Problem Solving Ability. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(01), 48–56. https://doi.org/10.22437/edumatica.v13i01.24387
  2. Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827
  3. Anggraini, A. L., & Musyarofah, A. A. S. (2023). Analisis Kemampuan Matematika Siswa MTs Nurul Huda Mangaran dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 13. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i1.44
  4. Atmajaya, T., Susanta, A., Utari, T., Susanto, E., Maulidiya Pengaruh Game Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri, D., Bengkulu, K., Maulidiya, D., & Penulis, K. (2023). Pengaruh Game Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(JP2MS), 441–449. https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/29348/13924%0Ahttps://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.441-449
  5. Attri, R. K. (2018). Accelerating complex problem-solving skills: problem-centered training design methods. In Speed To Proficiency Research: S2Pro© (p. 74).
  6. Calder, N. (2018). Using scratch to facilitate mathematical thinking. Waikato Journal of Education, 23(2), 43–58. https://doi.org/10.15663/wje.v23i2.654
  7. Dewi, A., Juliyanto, E., & Rahayu, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Computational Thinking Berbantuan Scratch Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 4(2), 492–497. https://doi.org/10.31002/nse.v4i2.2023
  8. Fauzan Febriansyah, M., & Sumaryana, Y. (2021). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Informatics and Digital Expert (INDEX), 3(2), 61–68. https://doi.org/10.36423/index.v3i2.838
  9. Habibullah, Wardono, & Waluyo, B. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 1–6. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
  10. Hamdi, S., Suganda, I. A., & Hayati, N. (2018). Developing higher-order thinking skill (HOTS) test instrument using Lombok local cultures as contexts for junior secondary school mathematics. REID (Research and Evaluation in Education), 4(2), 126–135. https://doi.org/10.21831/reid.v4i2.22089
  11. Haqiqi, A. K., & Syarifa, S. N. (2021). Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantuan Video dalam Liveworksheets Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 193. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12048
  12. Hayati, R., Armanto, D., & Zuraini, Z. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1549. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6534
  13. Hayati, R., Fachrurazi, F., Karim, A., & Marzuki, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 621–629. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1558
  14. Hidayatsyah, H. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 458–470. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.534
  15. Hossain, M. R., Akhter, F., & Sultana, M. M. (2022). SMEs in Covid-19 Crisis and Combating Strategies: A Systematic Literature Review (SLR) and A Case from Emerging Economy. Operations Research Perspectives, 9(January), 100222. https://doi.org/10.1016/j.orp.2022.100222
  16. I.P.B.W. Wardhana, N.K. Suarni, & I.B. Putrayasa. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Self Efficacy Siswa Sekolah Dasar. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 275–286. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2488
  17. Inayah, F., & Arief Agoestanto. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Resiliensi Matematis: Tinjauan Pustaka Sistematis. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 74–86. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2798
  18. Junaid, M., Salahudin, S., & Anggraini, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Di Smpn 17 Tebo. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(April), 16. https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.709
  19. Khalil, N. A., & Wardana, M. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 121–130. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.45
  20. Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Seminar Nasinal Pascasarjana, 21(2), 702.
  21. Mahmudah, S. (2018). Media pembelajaran bahasa arab. An Nabighoh, 20(01), 129–138. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131
  22. Mariani, Y., & Susanti, E. (2019). Kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran MEA (means ends analysis). Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 13–26.
  23. Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187
  24. Maulana, B. S., & Cahyono, A. N. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa Berbantuan Scratch Dengan Konsep Kebudayaan Indonesia Dan Math-Trail Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 7(2), 92–99. https://doi.org/10.37150/jp.v7i2.2497
  25. Maureta, P. S., Pandra, V., & Mulyono, D. (2023). Penerapan model pbl dalam pembelajaran statistika untuk mengukur hasil belajar matematika kelas viii smpn 4 lubuklinggau. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 305–314. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.4675
  26. Mu’arivah, S. N., Pormes, C. O., Fitriana, E. T. N., Salsabila, S., & Sanusi, W. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Scratch pada Pemrograman Web untuk Siswa SMK. TeknoIS : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 14(1), 56–65. https://doi.org/10.36350/jbs.v14i1.229
  27. Nabilah, A. P., Alindra, A. L., Nurhikmah, I., & Nur, N. (2024). Penggunaan Media Scratch Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 1975–1986.
  28. Novita Iriyanti Ningrum, Akhdinirwanto, R. W., Fatmaryanti, S. D., & Kurniawan, E. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Scratch untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 6(1), 32–41. https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i1.365
  29. Nurfatanah, N., Rusmono, R., & Nurjannah, N. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
  30. Nurhayati, E., Dewi, S. V., & Setialesmana, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Scracth Untuk Mengoptimalkan Problem Solving Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 871. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6520
  31. OECD. (2023). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. Organisation for Economic Co-Operation and Development. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-assessment-and-analytical-framework_dfe0bf9c-en.html
  32. Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846
  33. Rahman, Z., H., &, R. S. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10080
  34. Rany Anggraeni, G. K. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VII pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1072–1082. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.334
  35. Riski Tri Widyastuti, G. S. A. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 412–418. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.366
  36. Rizky, M., Jadidah, I. T., Eprilia, W., Shawmi, A. N., & Saputra, A. D. (2024). Seberapa Besar Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Pada Hasil Belajar Siswa SD/MI? Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 4(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i1.2530
  37. Saputra, D. K., & Perdana, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan 3D Application Scratch Pada Topik Tekanan Hidrostatis. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 61–68. https://doi.org/10.30822/magneton.v2i1.3018
  38. Satria, E., Har, E., Yuza, A., Gusmaweti, G., & Anwar, V. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Magnet (MANIAKNET) Untuk Pengembangan Keterampilan Pemecahan Masalah Berpikir Komputasional Dan Berpikir Kreatif Dengan Blok Programming. IKRA-ITH Informatika : Jurnal Komputer Dan Informatika, 8(2), 209–221. https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v8i2.3045
  39. Supriatin, A., MS, Z., & Boeriswati, E. (2020). Efforts to Increase Creativity in Solving Mathematical Problems Through Scratch Media. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 318. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i8.1879
  40. Supriatin, C., & Putra, H. D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis Singgung Lingkaran Menggunakan Model Problem Based Learning berbantuan Scratch. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1851–1864. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.20811
  41. Susino, Selpia Anggraini. Destiniar. Sari, E. F. P. et al. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Didactical Mathematics, 5(2), 295–304. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5528
  42. Sutarna, N., & Ripai, I. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 130–137. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2188
  43. Sutikno, S., Susilo, S., & Hardiyanto, W. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Scratch Sebagai Media Pembelajaran. Rekayasa, 16(2), 173–178. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v16i2.17508
  44. Suwarma, D. M. (2024). Penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. 6, 4356–4361.
  45. Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/
  46. Utami, R. A., & Giarti, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3(1), 1–8.
  47. Yulhendri, Y. (2022). Peningkatan Keterampilan TIK Guru dan Pengayaan Bahan Ajar Memanfaatkan Media Pembelajaran Menggunakan Scratch di IGTKI-PGRI Cengkareng Jakarta Barat. Jurnal Abdidas, 3(3), 599–606. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.631
  48. Rahman, Z., H., &, R. S. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10080
  49. Zawacki-Richter, O., Kerres, M., ·B., S., Bond, M., & Buntins, K. (2020). Systematic reviews in education? In Revista de Ciencias Sociales.