Main Article Content

Abstract

Literasi numerasi merupakan sebuah keterampilan dasar yang harus  dimiliki oleh peserta didik utamanya di SMK. Model pembelajaran yang mendukung ketercapaian literasi numerasi diantaranya adalah model pembelajaran..kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas penerapan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik di SMKN 7 Semarang. Desain dari penelitian ini adalah Quasi-Eksperimen dengan melibatkan dua kelompok peserta didik. Klompok yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen akan mendapatkan pembelajaran kontekstual dan kelompok kontrol akan mendapatkan pembelajaran konvensional. Sampel penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas XI KJIJ 1 (kelompok eksperimen) dan 30 peserta didik kelas XI TME 2 (kelas kontrol). Data dikumpulkan melalui tes literasi numerasi sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran kontekstual. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t independent dan N-Gain. Hasil uji-t independent menunjukkan bahwa peserta didik yang belajar dengan metode pembelajaran kontekstual mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi numerasi dibandingkan dengan peserta didik yang belajar dengan metode konvensional (p < 0,05). Hasil N-Gain juga menunjukan bahwa kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran kontekstual efektif dalam meningkatkan literasi numerasi peserta didik SMKN 7 Semarang. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan metode pembelajaran kontekstual dalam kurikulum untuk meningkatkan kualitas pendidikan numerasi di tingkat sekolah menengah kejuruan.

Keywords

Literasi Numerasi Pembelajaran Kontekstual Pendidikan

Article Details

How to Cite
Musyafak, M., Supandi, S., Wardani, B., & Pramadyahsari, A. S. (2024). EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK SMKN 7 SEMARANG. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 167–176. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.167-176

References

  1. Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
  2. Andri. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching and Learning) Learning) Dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Muta`aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 82–88.
  3. Apriadi, H. (2021). Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 173. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3621
  4. Fitri, Y., & Juliani, S. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Bantuan Game Sederhana. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 3(1), 118–127. https://doi.org/10.32672/perisai.v3i1.1076
  5. Gafur, A. (2003). Penerapan Konsep Dan Prlnsip Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Dan Desain Pesan Dalam Pengembangan Pembelajaran Dan Bahan Ajar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 273–289.
  6. Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27
  7. Jusmiana, A., Pejuang, U., Indonesia, R., & Yogyakarta, U. N. (2024). Integrasi Filsafat dalam Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Matematika , Menerapkan dan Membangun. June. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17927.00163
  8. Kokom, K. (2011). Kontribusi Pembelajaran Kontekstual untuk Pengembangan Kompetensi Kewarganegaraan Peserta Didik SMP di Jabar. Mimbar, XXVII(1), 47–55.
  9. Kurniati, A., Rahmi, D., & Yuniati, S. (2022). Pengembangan Media Permainan Teka Teki Silang (TTS) Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1461–1474. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1346
  10. Margareth, S., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3950–3973. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1015
  11. Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4106
  12. Muarif, A., Irvan, & Nasution, M. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi. MAJU:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 10–16.
  13. Narotama, A., Nur Ismail, B., Zuliana, E., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Lintasan Belajar Kelas 5 Materi Jaring-Jaring Kubus Dengan Menggunakan Permainan Engklek. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(JP2MS), 119–124. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.119-124
  14. Nurhakim, N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Action Research Literate, 5(1), 14–26. https://doi.org/10.46799/arl.v5i1.73
  15. Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), November, 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439
  16. Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554
  17. Purwanto, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu dan Kualitas Sekolah di SD Negeri Soko. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 151–160. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26
  18. Rahmawati, I. S. (2023). Evaluasi Program Pendidikan: Tinjauan Terhadap Efektivitas dan Tantangan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 128–136. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.20229
  19. Riwu, A. A. P., & Harijono, A. (2020). Pada Mata Pelajaran Pengantar Survey Pemetaan Kelas X Teknik Geomatika Di Smk N 2 Kupang. 1(1).
  20. Rukajat, A. (2020). Pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan mutu hasil pembelajaran. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 5(3), 85–111.
  21. Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2018). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari kecemasan matematika.