Main Article Content

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kemampuan numerasi siswa yang saat ini masih bervariasi dan siswa masih kesulitan pada materi konten bilangan. Tujuannya adalah menganalisis kemampuan numerasi siswa laki-laki dan perempuan pada konten bilangan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif dan subjeknya siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin berjumlah 21 orang dengan metode pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan wawancara. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya diperoleh bahwa kemampuan numerasi siswa SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin kelas VIII termasuk kategori sedang dengan persentase 43,45% dimana kemampuan numerasi siswa laki-laki menunjukkan kategori kurang yaitu 36,33 sedangkan kemampuan numerasi siswa perempuan menunjukkan kategori sedang yaitu 51,29. Siswa laki-laki dengan kemampuan tinggi memenuhi enam indikator, siswa laki-laki dengan kemampuan sedang memenuhi lima indikator, dan siswa laki-laki dengan kemampuan rendah hanya memenuhi tiga indikator. Adapun siswa perempuan dengan kemampuan tinggi dan sedang memenuhi enam indikator dan siswa perempuan dengan kemampuan rendah hanya memenuhi tiga indikator.

Keywords

Gender Kemampuan Numerasi Konten Bilangan

Article Details

How to Cite
Mayada, M., Ulfah, F., & Nugroho, A. G. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP KELAS VIII PADA KONTEN BILANGAN DITINJAU DARI GENDER. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 177–190. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.177-190

References

  1. Alfarisi, Suryaningrum, C. W., & Firdaus, H. P. E. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Ditinjau dari Gender. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 64–78. https://doi.org/10.33387/dpi.v12i1.6046
  2. Ariyanti, I., Ulfah, F., Djamilah, S., Lazwardi, A., & Nurmeidina, R. (2023). Pengenalan dan Pelatihan Pembuatan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Guru-Guru Matematika SMP. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 207–213. https://doi.org/10.56910/safari.v3i2.888
  3. Fauzi, F. G., Khoirunnisa, Melyana, F., Rahmawati, D., Yasmin, S., & Nurrahmah, A. (2021). Analisis Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII di SMP Petri Jaya Jakarta Timur pada Konten Aljabar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 83–91.
  4. Hidayah, N., & Syukur, M. (2023). Analisis Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Kelas V di SDN 41 Malewang Melalui Pelaksanaan AKM Kelas (Kampus Mengajar). Jurnal Ilmu Komunikasi dan Sosial, 1(2), 132–145. https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v1i2.439
  5. Hidayat, N., Siskawati, F. S., & Irawati, T. N. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 12(2), 84–91. https://doi.org/10.23887/jppmi.v12i2.2675
  6. Inaroh, A., Faradiba, S. S., & Hasana, S. N. (2023). Pelevelan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII Berdasarkan Pengetahuan Metakognitif pada Konten Bilangan. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 18(2), 1–16.
  7. Iryanto, W., & Aminah, N. (2024). Analisis Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 13–22. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.13-22
  8. Jumarniati, J., Baharuddin, M. R., & Firman, S. (2021). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gender. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 123–132. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1094
  9. Junaedi, Y., Yulianto, D., & Hayunah. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Program Kampus Mengajar Angkatan 6. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 602–610.
  10. Kertani, N. A., Affandi, L. H., & Khair, B. N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Membaca dan Numerasi Dasar Siswa Kelas IIA di MI Darul Hikmah Darek Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1026
  11. Khoirunnisa, S., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP pada Era Merdeka Belajar. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 925–936. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17393
  12. Kusmaryono, I., & Dwijanto, D. (2016). Peranan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa Terhadap Peningkatan Mathematical Power. JIPMat, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i1.1089
  13. Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.662
  14. Maulidia, A., Saputro, M., & Susiaty, U. D. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Spltv Berorientasi Pisa dengan Konten Change and Relationship. Journal of Comprehensive Science, 2(6), 1877–1883.
  15. Nastiti, M. D., & Dwiyanti, A. N. (2022). Kajian Literatur: Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4, 126–133.
  16. OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume 1) What Students Know and Can do. Paris: OECD Publishing.
  17. Pusat Asesmen Pendidikan. (2022). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) (Revisi Tahun 2023).
  18. Putri, A. M. A. U., Ningtyas, Y. D. W. K., & Galatea, C. K. (2022). Pengembangan Soal Matematika Model Programme for International Student Assessment (PISA) Konten Quantity dalam Konteks Budaya Jember. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 164. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.4851
  19. Raharjo, S., Saleh, H., & Sawitri, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 36–43. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1881
  20. Sabagestra, D. P., Rif’at, M., & Munaldus, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pengurangan Bilangan Desimal pada Siswa di Sekolah Menengah Pertama Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 1–8.
  21. Setyaningsih, R., & Munawaroh, L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Konten Uncertainty and Data. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1656.
  22. Siregar, R. S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pisa pada Kelas VIII MTsN 2 Medan. Jurnal Pembelajaran dan Matematika SIGMA (JPMS), 9(2), 144–153. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4699
  23. Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa COVID-19. Arah Kebijakan Pendidikan dan Kajian Riset di Era New Normal, 253–261.
  24. Soelistyoningrum, J. N. (2020). Pengaruh Gender dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT XYZ). ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(1), 42–51.
  25. Sumardi, S., & Aslami, W. N. (2022). Analisis Tingkat Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1453–1461. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4951
  26. Trisnaningtyas, N. O., & Khotimah, R. P. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal AKM Ditinjau dari Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2714–2724. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5662
  27. Vebri, N. A. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaiakan Permasalahan Ukuran Pemusatan Data Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Universitas Jember.
  28. Wahyuningsih, S. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  29. Wulandari, K. A., Septiati, E., & Mulbasari, A. S. (2023). Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM di SMP. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 438–448.
  30. Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya Kemampuan Numerasi bagi Siswa. PROSIDING SINAPMASAGI, 2, 44–48.
  31. Zahro, K., Sulaiman, raden, & Ismail. (2022). Profil Penalaran Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal AKM Literasi Numerasi Ditinjau dari Perbedaan. Pi: Mathematics Education Journal, 5(2), 72–83. https://doi.org/10.21067/pmej.v5i2.7197