Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berfokus pada kemampuan numerasi siswa yang saat ini masih bervariasi dan siswa masih kesulitan pada materi konten bilangan. Tujuannya adalah menganalisis kemampuan numerasi siswa laki-laki dan perempuan pada konten bilangan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif dan subjeknya siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin berjumlah 21 orang dengan metode pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan wawancara. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya diperoleh bahwa kemampuan numerasi siswa SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin kelas VIII termasuk kategori sedang dengan persentase 43,45% dimana kemampuan numerasi siswa laki-laki menunjukkan kategori kurang yaitu 36,33 sedangkan kemampuan numerasi siswa perempuan menunjukkan kategori sedang yaitu 51,29. Siswa laki-laki dengan kemampuan tinggi memenuhi enam indikator, siswa laki-laki dengan kemampuan sedang memenuhi lima indikator, dan siswa laki-laki dengan kemampuan rendah hanya memenuhi tiga indikator. Adapun siswa perempuan dengan kemampuan tinggi dan sedang memenuhi enam indikator dan siswa perempuan dengan kemampuan rendah hanya memenuhi tiga indikator.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Mayada Mayada, Fithria Ulfah, Arif Ganda Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Alfarisi, Suryaningrum, C. W., & Firdaus, H. P. E. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Ditinjau dari Gender. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 64–78. https://doi.org/10.33387/dpi.v12i1.6046
- Ariyanti, I., Ulfah, F., Djamilah, S., Lazwardi, A., & Nurmeidina, R. (2023). Pengenalan dan Pelatihan Pembuatan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Guru-Guru Matematika SMP. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 207–213. https://doi.org/10.56910/safari.v3i2.888
- Fauzi, F. G., Khoirunnisa, Melyana, F., Rahmawati, D., Yasmin, S., & Nurrahmah, A. (2021). Analisis Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII di SMP Petri Jaya Jakarta Timur pada Konten Aljabar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 83–91.
- Hidayah, N., & Syukur, M. (2023). Analisis Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Kelas V di SDN 41 Malewang Melalui Pelaksanaan AKM Kelas (Kampus Mengajar). Jurnal Ilmu Komunikasi dan Sosial, 1(2), 132–145. https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v1i2.439
- Hidayat, N., Siskawati, F. S., & Irawati, T. N. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 12(2), 84–91. https://doi.org/10.23887/jppmi.v12i2.2675
- Inaroh, A., Faradiba, S. S., & Hasana, S. N. (2023). Pelevelan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII Berdasarkan Pengetahuan Metakognitif pada Konten Bilangan. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 18(2), 1–16.
- Iryanto, W., & Aminah, N. (2024). Analisis Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 13–22. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.13-22
- Jumarniati, J., Baharuddin, M. R., & Firman, S. (2021). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gender. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 123–132. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1094
- Junaedi, Y., Yulianto, D., & Hayunah. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Program Kampus Mengajar Angkatan 6. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 602–610.
- Kertani, N. A., Affandi, L. H., & Khair, B. N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Membaca dan Numerasi Dasar Siswa Kelas IIA di MI Darul Hikmah Darek Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1026
- Khoirunnisa, S., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP pada Era Merdeka Belajar. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 925–936. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17393
- Kusmaryono, I., & Dwijanto, D. (2016). Peranan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa Terhadap Peningkatan Mathematical Power. JIPMat, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i1.1089
- Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.662
- Maulidia, A., Saputro, M., & Susiaty, U. D. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Spltv Berorientasi Pisa dengan Konten Change and Relationship. Journal of Comprehensive Science, 2(6), 1877–1883.
- Nastiti, M. D., & Dwiyanti, A. N. (2022). Kajian Literatur: Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4, 126–133.
- OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume 1) What Students Know and Can do. Paris: OECD Publishing.
- Pusat Asesmen Pendidikan. (2022). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) (Revisi Tahun 2023).
- Putri, A. M. A. U., Ningtyas, Y. D. W. K., & Galatea, C. K. (2022). Pengembangan Soal Matematika Model Programme for International Student Assessment (PISA) Konten Quantity dalam Konteks Budaya Jember. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 164. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.4851
- Raharjo, S., Saleh, H., & Sawitri, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 36–43. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1881
- Sabagestra, D. P., Rif’at, M., & Munaldus, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pengurangan Bilangan Desimal pada Siswa di Sekolah Menengah Pertama Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 1–8.
- Setyaningsih, R., & Munawaroh, L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Konten Uncertainty and Data. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1656.
- Siregar, R. S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pisa pada Kelas VIII MTsN 2 Medan. Jurnal Pembelajaran dan Matematika SIGMA (JPMS), 9(2), 144–153. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4699
- Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa COVID-19. Arah Kebijakan Pendidikan dan Kajian Riset di Era New Normal, 253–261.
- Soelistyoningrum, J. N. (2020). Pengaruh Gender dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT XYZ). ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(1), 42–51.
- Sumardi, S., & Aslami, W. N. (2022). Analisis Tingkat Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1453–1461. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4951
- Trisnaningtyas, N. O., & Khotimah, R. P. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal AKM Ditinjau dari Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2714–2724. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5662
- Vebri, N. A. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaiakan Permasalahan Ukuran Pemusatan Data Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Universitas Jember.
- Wahyuningsih, S. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
- Wulandari, K. A., Septiati, E., & Mulbasari, A. S. (2023). Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM di SMP. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 438–448.
- Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya Kemampuan Numerasi bagi Siswa. PROSIDING SINAPMASAGI, 2, 44–48.
- Zahro, K., Sulaiman, raden, & Ismail. (2022). Profil Penalaran Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal AKM Literasi Numerasi Ditinjau dari Perbedaan. Pi: Mathematics Education Journal, 5(2), 72–83. https://doi.org/10.21067/pmej.v5i2.7197
References
Alfarisi, Suryaningrum, C. W., & Firdaus, H. P. E. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Ditinjau dari Gender. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 64–78. https://doi.org/10.33387/dpi.v12i1.6046
Ariyanti, I., Ulfah, F., Djamilah, S., Lazwardi, A., & Nurmeidina, R. (2023). Pengenalan dan Pelatihan Pembuatan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Guru-Guru Matematika SMP. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 207–213. https://doi.org/10.56910/safari.v3i2.888
Fauzi, F. G., Khoirunnisa, Melyana, F., Rahmawati, D., Yasmin, S., & Nurrahmah, A. (2021). Analisis Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII di SMP Petri Jaya Jakarta Timur pada Konten Aljabar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 83–91.
Hidayah, N., & Syukur, M. (2023). Analisis Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Kelas V di SDN 41 Malewang Melalui Pelaksanaan AKM Kelas (Kampus Mengajar). Jurnal Ilmu Komunikasi dan Sosial, 1(2), 132–145. https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v1i2.439
Hidayat, N., Siskawati, F. S., & Irawati, T. N. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 12(2), 84–91. https://doi.org/10.23887/jppmi.v12i2.2675
Inaroh, A., Faradiba, S. S., & Hasana, S. N. (2023). Pelevelan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII Berdasarkan Pengetahuan Metakognitif pada Konten Bilangan. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 18(2), 1–16.
Iryanto, W., & Aminah, N. (2024). Analisis Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 13–22. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.13-22
Jumarniati, J., Baharuddin, M. R., & Firman, S. (2021). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gender. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 123–132. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1094
Junaedi, Y., Yulianto, D., & Hayunah. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Program Kampus Mengajar Angkatan 6. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 602–610.
Kertani, N. A., Affandi, L. H., & Khair, B. N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Membaca dan Numerasi Dasar Siswa Kelas IIA di MI Darul Hikmah Darek Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1026
Khoirunnisa, S., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP pada Era Merdeka Belajar. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 925–936. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17393
Kusmaryono, I., & Dwijanto, D. (2016). Peranan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa Terhadap Peningkatan Mathematical Power. JIPMat, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i1.1089
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.662
Maulidia, A., Saputro, M., & Susiaty, U. D. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Spltv Berorientasi Pisa dengan Konten Change and Relationship. Journal of Comprehensive Science, 2(6), 1877–1883.
Nastiti, M. D., & Dwiyanti, A. N. (2022). Kajian Literatur: Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4, 126–133.
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume 1) What Students Know and Can do. Paris: OECD Publishing.
Pusat Asesmen Pendidikan. (2022). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) (Revisi Tahun 2023).
Putri, A. M. A. U., Ningtyas, Y. D. W. K., & Galatea, C. K. (2022). Pengembangan Soal Matematika Model Programme for International Student Assessment (PISA) Konten Quantity dalam Konteks Budaya Jember. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 164. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.4851
Raharjo, S., Saleh, H., & Sawitri, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 36–43. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1881
Sabagestra, D. P., Rif’at, M., & Munaldus, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pengurangan Bilangan Desimal pada Siswa di Sekolah Menengah Pertama Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 1–8.
Setyaningsih, R., & Munawaroh, L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Konten Uncertainty and Data. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1656.
Siregar, R. S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pisa pada Kelas VIII MTsN 2 Medan. Jurnal Pembelajaran dan Matematika SIGMA (JPMS), 9(2), 144–153. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4699
Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa COVID-19. Arah Kebijakan Pendidikan dan Kajian Riset di Era New Normal, 253–261.
Soelistyoningrum, J. N. (2020). Pengaruh Gender dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT XYZ). ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(1), 42–51.
Sumardi, S., & Aslami, W. N. (2022). Analisis Tingkat Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1453–1461. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4951
Trisnaningtyas, N. O., & Khotimah, R. P. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal AKM Ditinjau dari Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2714–2724. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5662
Vebri, N. A. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaiakan Permasalahan Ukuran Pemusatan Data Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Universitas Jember.
Wahyuningsih, S. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Wulandari, K. A., Septiati, E., & Mulbasari, A. S. (2023). Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM di SMP. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 438–448.
Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya Kemampuan Numerasi bagi Siswa. PROSIDING SINAPMASAGI, 2, 44–48.
Zahro, K., Sulaiman, raden, & Ismail. (2022). Profil Penalaran Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal AKM Literasi Numerasi Ditinjau dari Perbedaan. Pi: Mathematics Education Journal, 5(2), 72–83. https://doi.org/10.21067/pmej.v5i2.7197