Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan rencana pembelajaran, pelaksanaan, dan peningkatan pemahaman konsep siswa pada pelajaran matematika di kelas III SDN 1 Margoyoso. Dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL), penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah ini. Penelitian ini melibatkan 18 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah pendekatan yang digunakan. PTK terdiri dari langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan tes. Lembar observasi, catatan lapangan, dan lembar kerja siswa digunakan untuk menganalisis pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode CTL berhasil meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 66% dengan nilai rata-rata 73,61%. Sedangkan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 83% dengan nilai rata-rata 80,56% yang menunjukkan kriteria sangat baik. Dengan demikian, model pembelajaran CTL terbukti efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas III.

Keywords

Kata kunci : CTL, LKS, Pemahaman Konsep Matematika

Article Details

How to Cite
Sabiela, R. N., Permadani, R. A., & Ermawati, D. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 191–198. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.191-198

References

  1. Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani (ed.); 1st ed.). PT Bumi Aksara.
  2. Atmaja, I. M. D. (2021). Koneksi Indikator Pemahaman Konsep Matematika Dan Keterampilan Metakognisi. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2048–2056.
  3. Ermawati, D., Anisa, R. N., Saputro, R. W., Ummah, N., & Azura, F. N. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 1 Dersalam. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(2), 82–92.
  4. Ester, K., Sakka, F. S., Mamonto, F., & Anthonieta, E. M. (2023). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) di SD Gmim II Sarongsong Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Psikologi , Universitas Negeri Manado. 9(20), 967–973.
  5. Fitriya, A. N., Indriani, D. A., Setiani, F., Pujianti, R., & Ermawati, D. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan SD 1 Barongan. 5(1), 205–211. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.4910
  6. Handayani, F., Ramadhani, E., & Kuswidyanarko, A. (2022). Keefektifan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri 98 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 5028–5032.
  7. Mutaqin, E. J., & Sopiana, A. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III SDN 4 Wanakerta Pada Materi Perkalian. 02(01), 1–11.
  8. Nababan, D., & Sipayung, C. (2023). Pemahaman Model Pembelajaran Kontekstual dalam Model Pembelajaran (CTL). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 825–837.
  9. Norlita, D., Nageta, P. W., & Zuliana, E. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Dengan Media Roda Pecahan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 68–73. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1015
  10. Prastiyo, F. (2024). Media Bola Pancasila dengan Team Games Tournament dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1), 67–86. https://doi.org/10.26811/didaktika.v8i1.1304
  11. Primasari, I. F. N. D., Zulela, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Model Mathematics Realistic Education (Rme) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888–1899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115
  12. Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 37–41. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2278
  13. Putri, S. A., Asbari, M., & Hapizi, M. Z. (2024). Perkembangan Pendidikan Indonesia : Evaluasi Potensi Implementasi Merdeka Belajar. JISMA, 03(02), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.950
  14. Rohmah, M., Hilyana, F. S., & Ermawati, D. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Materi Pecahan. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 708. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3425
  15. Rohmah, T. N., Ermawati, D., & Santoso, D. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas II SD Melalui Metode Jarimatika. 08(May), 1101–1111.
  16. Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275–290. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1261
  17. Sari, I. R., Hilyana, F. S., & Fardani, M. A. (2023). Development of Micado (Local Wisdom-Based Module) to Improve The Ability of Conceptive Comprehension of V-Grade Students. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 125–132.
  18. Septiana, E., Ermawati, D., & Kironoratri, L. (2023). Peningkatan Pemahamn Konsep Materi Sudut dan Simbol Siswa Kelas III SD Melalui Media Patatik. 14(2). https://doi.org/10.31942/mgs
  19. Setyaningrum, Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Memahami Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Sidomulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 2548–6950.