Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran problem based learning berbantuan audiovisual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri Tawangmas 01, dengan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian eksperimen one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh, dengan jumlah populasi peserta didik 28 yang terdiri dari 11 laki-laki dan 17 perempuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Normalitas dan Paired Sample T-Test. Dengan perolehan rata-rata nilai pretest adalah 46.25. Sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 77.71. Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk menganalisis data pretest dan posttest dengan perolehan hasil sig > 0.05 dengan data pretest 0.100 > 0.05 sedangkan data posttest 0.268 > 0.05 pada taraf signifikan 0.05 dan N = 28, maka H0 diterima. Uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai signifikan (2-tailed) adalah 0.000 < 0.005 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata dari skor kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dari sebelum dan sesudah diberikan treatment menggunakan model problem based learning berbantuan audiovisual. Jadi terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah peneliti menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan audiovisual.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Muhammad Khaza Ilfa, Rasiman Rasiman, Hartati Hartati, Henry Januar Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ermawati, D., Zahro, I. P., Anika, R. R., Bayan, P. T. H., & Zulfia, S. K. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Kelas IV SD Gempolsongo. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(2), 228-236.
- Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara (Widyaiswara Networks Journal), Vol: 1 No: 4, 104–117.
- Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 77–87.
- Ilfa, Muhammad Khaza, Sekar Dwi Ardianti, and Mohammad Syafruddin Kuryanto. "Pengaruh Discovery Learning Berbantu Media Audiovisual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika." Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika 6, no. 1 (2023): 141-152.
- Jona rosalia. (2020). Analisis pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar. Universitas Pasundan.
- Jumadi. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Gemolong. Jurnal Pendidikan. 30(2): 341-352.
- Kamilah, S. R. (2019). Penerapan Model Pemberlajaran Discovery Learning dengan Berbantu Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 70–77.
- Prasutri, D., Muzaqi, A., Purwati, A., Nisa, N., & Susilo, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Digital dan Keterampilan Kolaboratif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi.Prosiding Seminar Nasional dan Workshop-IPA. e-ISBN: 978-602-470-171-0
- Probondani, S. D. (2016). Pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Banyumas. Skripsi. Semarang: Pendidikan Matematika UIN Walisongo Semarang.
- Rinditia, D., Wanabuliandari, S., & Kuryanto, M. S. (2022). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Game Edukasi Quizizz. Jurnal In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT) (pp. 37-43).
- Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
- Tafonao Talizaro, (2018).“Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa”. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.
References
Ermawati, D., Zahro, I. P., Anika, R. R., Bayan, P. T. H., & Zulfia, S. K. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Kelas IV SD Gempolsongo. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(2), 228-236.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara (Widyaiswara Networks Journal), Vol: 1 No: 4, 104–117.
Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 77–87.
Ilfa, Muhammad Khaza, Sekar Dwi Ardianti, and Mohammad Syafruddin Kuryanto. "Pengaruh Discovery Learning Berbantu Media Audiovisual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika." Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika 6, no. 1 (2023): 141-152.
Jona rosalia. (2020). Analisis pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar. Universitas Pasundan.
Jumadi. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Gemolong. Jurnal Pendidikan. 30(2): 341-352.
Kamilah, S. R. (2019). Penerapan Model Pemberlajaran Discovery Learning dengan Berbantu Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 70–77.
Prasutri, D., Muzaqi, A., Purwati, A., Nisa, N., & Susilo, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Digital dan Keterampilan Kolaboratif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi.Prosiding Seminar Nasional dan Workshop-IPA. e-ISBN: 978-602-470-171-0
Probondani, S. D. (2016). Pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Banyumas. Skripsi. Semarang: Pendidikan Matematika UIN Walisongo Semarang.
Rinditia, D., Wanabuliandari, S., & Kuryanto, M. S. (2022). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Game Edukasi Quizizz. Jurnal In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT) (pp. 37-43).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tafonao Talizaro, (2018).“Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa”. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.