Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran problem based learning berbantuan audiovisual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri Tawangmas 01, dengan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian eksperimen one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh, dengan jumlah populasi peserta didik 28 yang terdiri dari 11 laki-laki dan 17 perempuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Normalitas dan Paired Sample T-Test. Dengan perolehan rata-rata nilai pretest adalah 46.25. Sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 77.71. Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk menganalisis data pretest dan posttest dengan perolehan hasil sig > 0.05 dengan data pretest 0.100 > 0.05 sedangkan data posttest 0.268 > 0.05 pada taraf signifikan 0.05 dan N = 28, maka H0 diterima. Uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai signifikan (2-tailed) adalah 0.000 < 0.005 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata dari skor kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dari sebelum dan sesudah diberikan treatment menggunakan model problem based learning berbantuan audiovisual. Jadi terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah peneliti menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan audiovisual.

Keywords

Problem based learning Audiovisual leaKemampuan pemecahan masalah matematis

Article Details

How to Cite
Ilfa, M. K., Rasiman, R., Hartati, H., & Saputra, H. J. (2024). PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 199–206. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.199-206

References

  1. Ermawati, D., Zahro, I. P., Anika, R. R., Bayan, P. T. H., & Zulfia, S. K. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Kelas IV SD Gempolsongo. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(2), 228-236.
  2. Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara (Widyaiswara Networks Journal), Vol: 1 No: 4, 104–117.
  3. Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 77–87.
  4. Ilfa, Muhammad Khaza, Sekar Dwi Ardianti, and Mohammad Syafruddin Kuryanto. "Pengaruh Discovery Learning Berbantu Media Audiovisual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika." Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika 6, no. 1 (2023): 141-152.
  5. Jona rosalia. (2020). Analisis pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar. Universitas Pasundan.
  6. Jumadi. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Gemolong. Jurnal Pendidikan. 30(2): 341-352.
  7. Kamilah, S. R. (2019). Penerapan Model Pemberlajaran Discovery Learning dengan Berbantu Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 70–77.
  8. Prasutri, D., Muzaqi, A., Purwati, A., Nisa, N., & Susilo, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Digital dan Keterampilan Kolaboratif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi.Prosiding Seminar Nasional dan Workshop-IPA. e-ISBN: 978-602-470-171-0
  9. Probondani, S. D. (2016). Pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Banyumas. Skripsi. Semarang: Pendidikan Matematika UIN Walisongo Semarang.
  10. Rinditia, D., Wanabuliandari, S., & Kuryanto, M. S. (2022). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Game Edukasi Quizizz. Jurnal In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT) (pp. 37-43).
  11. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
  12. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
  13. Tafonao Talizaro, (2018).“Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa”. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.