Main Article Content

Abstract

Pembelajaran matematika seharusnya menarik, menantang, menginspirasi, berpusat pada siswa, kontekstual, dan memungkinkan pengembangan kreativitas sesuai dengan pertumbuhan psikologis peserta didik. Tujuan studi ini untuk mengembangkan media pembelajaran manipulatif Dontik yang valid, praktis, dan menarik pada materi Statistika kelas VIII SMP/MTs. Model pengembangan ASSURE digunakan dalam studi ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket dengan analisis data melalui data kualitatif dan kuantitatif. Temuan studi ini menunjukkan validitas produk menunjukkan kevalidan dari ahli materi sebesar 87,5% dan ahli media sebesar 95,8%. Kepraktisan sebesar 94,4% ditunjukkan dari validasi praktisi. Serta, kemenarikan sebesar 83% ditunjukkan dari respons peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa media manipulatif Dontik sangat valid, sangat praktis, dan menarik untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Keywords

Kontekstual media manipulatif pengembangan statistika

Article Details

How to Cite
Muhammad Al, F., Alifah Shofia, F., & Khoirunnisak. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA MANIPULATIF DONTIK (DONAT STATISTIK) PADA MATERI STATISTIKA UNTUK KELAS VIII SMP/MTS. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 207–217. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.207-217

References

  1. Adisel, A., Aprilia, Z. U., Putra, R., & Prastiyo, T. (2022). Komponen-Komponen Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 298–304. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3646
  2. Afifah, D., & Kristin, F. (2023). Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan dengan Media Manipulatif pada Kelas I Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 1537–1548.
  3. Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru Dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008–2014. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1056
  4. Anggraini, P., & Qur’ani, H. B. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kontekstual Guru SMP Muhammadiyah 2 Kota Batu Berbasis Ekologi Sosial. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 757–767. https://doi.org/10.30653/002.202053.583
  5. Aphrodita, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 3 Metro Pusat. Universitas Lampung.
  6. Aprilla, C. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2), 52–62. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.30042
  7. Arijumiati, R., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran oleh Guru pada Masa Pandemi di SDN 1 Lajut Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 698–704. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.320
  8. Farhana, S., Amaliyah, A., Safitri, A., & Anggraeni, R. (2022). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran media manipulatif matematika di sekolah dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(12), 892–896. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i12.171
  9. Fitri, A. (2023). Inovasi Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(2), 442–448.
  10. Garsinia, D., Kusumawati, R., & Wahyuni, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon pada Materi SPLDV. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 3(2), 44–51.
  11. Hasanah, F. (2021). Pengembangan Media Manipulatif Monopoli Matematika pada Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat untuk Siswa Kelas X di SMK Negeri 5 Jember. IAIN Jember.
  12. Herdianti, A., & Dharmayana, I. W. (2017). Penggunaan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Matematika (PTK di Kelas IV A SD Negeri 1 Kota Bengkulu). TRIADIK, 16(2), 35–43.
  13. Ikhwanudin, T. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal untuk Membangun Karakter Bangsa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika , 6(1), 11–18.
  14. Kemendikbud RI. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016.
  15. Latifa, A. N., Setyansah, R. K., Ningsih, M. K., & Malawi, I. (2022). Pengembangan Media Manipulatif Puzzle Game pada Materi Kombinasi Permutasi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5). https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1457-1466
  16. Lisarani, V. (2022). Simulasi Penerapan Media Manipulatif Jaring-Jaring Kubus untuk Peserta Didik SMP Kelas VIII. Jurnal Aksioma, 11(2), 132–140. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jax
  17. Martiasari, A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10356
  18. Mukhibah, I. Y., & Widiansyah, A. T. (2024). Penggunaan Media Belajar E-Learning Berbantu Aplikasi Benime dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 14(1), 13–20. https://images.app.goo.gl/jEuNXS18SGCBqbsz7
  19. Murniasih, R. T. (2016). Penggunaan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Teorema Pythagoras. Prosiding: Seminar Nasional Pendidikan Matematika , 142–152.
  20. Nabila, N. (2021). Konsep Pembelajaran Matematika SD Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 69–79. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.3574
  21. Nurrahman, M. N., Meisyaroh, S., Sagala, V. S., & Marini, A. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran dalam Bentuk Permainan Papan pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPDSH: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 437–446.
  22. Nursidrati, Syamratulangi, S., & Firmansyah, E. (2023). Pengembangan Media Papan Lingkaran Satuan Trigonometri Untuk Memudahkan Siswa Memahami Konsep Perbandingan Trigonometri. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 5(2), 119–128. https://doi.org/10.51518/lentera.v5i2.146
  23. Pramita, A., & Supriyo. (2024). Pengembangan Media Interaktif Canva pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMPN 4 Pasuruan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 74–81. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.74-81
  24. Rahmawati, E., Ferianto, A. N., Damarratih, R., & Sugiman. (2021). Potensi Alat Peraga Fun Fraction Set dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Bagi Siswa Tunagrahita. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 160–166. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
  25. Rasvani, N. L., & Wulandari, I. G. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi MaCa Materi Pecahan Berorientasi Teori Belajar Ausubel Muatan Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 74–81. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32032
  26. Saidah, N. L., & Faizah, S. (2023). Pengembangan Alat Peraga M3 (Mean, Modus, Median) dengan Menerapkan Konsep Statistika untuk Siswa di Tingkat Menengah. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(2), 130–140. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i2.570
  27. Shoimah, R. N., & Syafi’aturrosyidah, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III MI Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1–18.
  28. Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Mims, C., & Russell, J. D. (2019). Instructional Technology and Media for Learning Twelfth Edition (12th Edition). Pearson Education, Inc.
  29. Sulistyawati, E., Andini, N., Mala, A. A., & Rahayu, W. S. (2022). Pengembangan Media Manipulatif Papan Lingkungan Statistika Berbasis Pendekatan STEM untuk Siswa SD. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 29–40. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/circle
  30. Susanta, A., Koto, I., & Susanto, E. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Media Manipulatif Matematika Materi Pengukuran Bagi Guru Sekolah Dasar. JPM: JURNAL PENGABDIAN MASYRAKAT, 3(4), 103–108. https://doi.org/10.47065/jpm.v3i4.704
  31. Wafiyah, A. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Manipulatif Jaring-Jaring Kubus dan Balok untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV MI Nasyrul Ulum Bocek Karangploso Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
  32. Yanti, E. (2018). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar tentang pecahan dengan menggunakan media manipulatif dari kertas siswa sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 31. https://doi.org/10.29210/120182135