Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran matematika di kelas, dimana minat siswa terhadap pembelajaran matematika masih rendah. Peserta didik masih beranggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang membosankan, maka dari itu saat pembelajaran matematika dibutuhkan pemilihan model dan media pembelajaran yang menarik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu Problem Based Learning dan dibantu dengan media pembelajaran berbasis teknologi yaitu Baambooloze. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media pembelajaran baambooloze terhadap minat belajar matematika siswa kelas II SDN Tawang Mas 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Tawang Mas 01 dengan jumlah peserta didik berjumlah 27 anak. Data yang diperoleh didapatkan dari hasil pengisian angket minat belajar matematika yang diisi oleh semua peserta didik. Hasil dari pengisian angket mendapatkan hasil bahwa 89% peserta didik minat untuk belajar matematika, sedangkan 11% siswa masih kurang minat dalam belajar matematika. Kendala dari penelitian ini yaitu peneliti masih membutuhkan waktu untuk mempersiapkan media pembelajaran yang berbasis teknologi, solusinya pemeliharaan terhadap LCD yang dimiliki sehingga mudah saat akan digunakan.

Keywords

Baambooloze Minat Belajar Matematika Problem Based Learning

Article Details

How to Cite
Rizqiyani, S. B., Fajriyah, K., & Hartati, H. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA BAAMBOOLOZE TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SDN TAWANG MAS 01. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 218–225. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.218-225

References

  1. Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611
  2. Firdaussy, A. N., Khoiroh, F., Oktavia, P., & Krisdiyanto, D. Y. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Papan Pintar Untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Di SDN Roto 2 Krucil Probolinggo. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 02(01), 65–69. http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/
  3. Iskandar, S., Rosmana, S. P., Agnia, A., Farhatunnisa, G., Fireli, P., & Safitri, R. (2022). Pengunaan Aplikasi Baamboozle Untuk Meningkatkan Antusias Belajar Siswa di Sekolah Dasar Sofyan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 12052. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/download/22951/pdf
  4. Kartini, S. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(1), 1991–2000. http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/391%0Ahttp://202.162.210.184/index.php/guau/article/download/391/362
  5. Nurbaeti, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Menengah Pertama. Pedagogos ( Jurnal Pendidikan ), 1(2), 1–10. https://doi.org/10.33627/gg.v1i2.179
  6. Musaidah, E., Sulandari, D., & Mariani, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 125–132. https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/33298
  7. Rasyada, R. (2023). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Matematika. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 151–162. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3943
  8. Tsurayya, N. A. (2023). Pemanfaatan Media Interaktif Baamboozle pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Dinamika, 6(2), 81. https://doi.org/10.35194/jd.v6i2.3343
  9. Utama, K. H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 889–898. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.482