Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran matematika di kelas, dimana minat siswa terhadap pembelajaran matematika masih rendah. Peserta didik masih beranggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang membosankan, maka dari itu saat pembelajaran matematika dibutuhkan pemilihan model dan media pembelajaran yang menarik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu Problem Based Learning dan dibantu dengan media pembelajaran berbasis teknologi yaitu Baambooloze. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media pembelajaran baambooloze terhadap minat belajar matematika siswa kelas II SDN Tawang Mas 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Tawang Mas 01 dengan jumlah peserta didik berjumlah 27 anak. Data yang diperoleh didapatkan dari hasil pengisian angket minat belajar matematika yang diisi oleh semua peserta didik. Hasil dari pengisian angket mendapatkan hasil bahwa 89% peserta didik minat untuk belajar matematika, sedangkan 11% siswa masih kurang minat dalam belajar matematika. Kendala dari penelitian ini yaitu peneliti masih membutuhkan waktu untuk mempersiapkan media pembelajaran yang berbasis teknologi, solusinya pemeliharaan terhadap LCD yang dimiliki sehingga mudah saat akan digunakan.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Shifliya Baroroh Rizqiyani, Khusnul Fajriyah, Hartati Hartati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611
- Firdaussy, A. N., Khoiroh, F., Oktavia, P., & Krisdiyanto, D. Y. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Papan Pintar Untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Di SDN Roto 2 Krucil Probolinggo. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 02(01), 65–69. http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/
- Iskandar, S., Rosmana, S. P., Agnia, A., Farhatunnisa, G., Fireli, P., & Safitri, R. (2022). Pengunaan Aplikasi Baamboozle Untuk Meningkatkan Antusias Belajar Siswa di Sekolah Dasar Sofyan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 12052. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/download/22951/pdf
- Kartini, S. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(1), 1991–2000. http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/391%0Ahttp://202.162.210.184/index.php/guau/article/download/391/362
- Nurbaeti, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Menengah Pertama. Pedagogos ( Jurnal Pendidikan ), 1(2), 1–10. https://doi.org/10.33627/gg.v1i2.179
- Musaidah, E., Sulandari, D., & Mariani, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 125–132. https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/33298
- Rasyada, R. (2023). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Matematika. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 151–162. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3943
- Tsurayya, N. A. (2023). Pemanfaatan Media Interaktif Baamboozle pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Dinamika, 6(2), 81. https://doi.org/10.35194/jd.v6i2.3343
- Utama, K. H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 889–898. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.482
References
Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611
Firdaussy, A. N., Khoiroh, F., Oktavia, P., & Krisdiyanto, D. Y. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Papan Pintar Untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Di SDN Roto 2 Krucil Probolinggo. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 02(01), 65–69. http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/
Iskandar, S., Rosmana, S. P., Agnia, A., Farhatunnisa, G., Fireli, P., & Safitri, R. (2022). Pengunaan Aplikasi Baamboozle Untuk Meningkatkan Antusias Belajar Siswa di Sekolah Dasar Sofyan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 12052. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/download/22951/pdf
Kartini, S. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(1), 1991–2000. http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/391%0Ahttp://202.162.210.184/index.php/guau/article/download/391/362
Nurbaeti, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Menengah Pertama. Pedagogos ( Jurnal Pendidikan ), 1(2), 1–10. https://doi.org/10.33627/gg.v1i2.179
Musaidah, E., Sulandari, D., & Mariani, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 125–132. https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/33298
Rasyada, R. (2023). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Matematika. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 151–162. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3943
Tsurayya, N. A. (2023). Pemanfaatan Media Interaktif Baamboozle pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Dinamika, 6(2), 81. https://doi.org/10.35194/jd.v6i2.3343
Utama, K. H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 889–898. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.482