Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul ajar berbasis understanding by design terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas X-9 pada uji coba kelompok kecil dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi, dan 34 orang siswa kelas X-10 pada uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket respon siswa, dan instrumen tes. Teknik Analisis data pada penelitian ini meliputi analisis kevalidan modul ajar, analisis kepraktisan modul ajar, dan analisis keefektifan modul ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan penilaian oleh 2 ahli materi diperoleh persentase sebesar 86,74% dengan kriteria ‘sangat valid’, (2) berdasarkan penilaian oleh 2 ahli media diperoleh persentase sebesar 88,64% dengan kriteria ‘sangat valid’, (3) berdasarkan angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 86,55% dengan kriteria ‘sangat praktis’, (4) berdasarkan ketuntasan belajar 34 orang siswa dari hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis memperoleh persentase sebesar 82,35% dengan kriteria ‘sangat efektif’. Sehingga dapat disimpulkan bahawa modul ajar berbasis understanding by design terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa sangat valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords

Kemampuan Berpikir Kritis Bahan Ajar Understanding the Concept of Students

Article Details

How to Cite
Usfira, M., Aklimawati, A., & Isfayani, E. (2024). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS UNDERSTANDING BY DESIGN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(3), 338–352. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.3.338-352

References

  1. Achmad, A. (2020). Modul Pembelajaran SMA Matematika Umum Kelas XII.
  2. Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
  3. Difinubun, F. A., Makmuri, & Hidajat, F. A. (2022). Analisis Kebutuhan Modul Ajar Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK Kelas X. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2, 853–864. https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.38
  4. Gunawan, D., Sutrisno, S., & Muslim, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 249. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11518
  5. Mas’ula, N., & Rokhis, T. A. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Kinematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3), 177–185. https://doi.org/10.30998/sap.v4i3.6279
  6. Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
  7. Pertiwi, S., Sudjito, D. N., & Rondonuwu, F. S. (2019). Perancangan Pembelajaran Fisika tentang Rangkaian Seri dan Paralel untuk Resistor Menggunakan Understanding by Design (UbD). Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.24246/juses.v2i1p1-7
  8. Putra, Z. R. A., Pratama, C. E., Pramudito, M. S. P., & Nur Fauziyah. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berdiferensiasi Berbasis Understanding by Design (UbD). Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 128–139.
  9. Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Ansiru PAI, 6(1), 92–106.
  10. Ramdhani, L., Fauzi, A., Salahuddin, M., Rahman, S. (2022). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Materi Statistika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 8529–8541.
  11. Sari, M., R., Sa’dijah, C., & Sukoriyanto. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Tes Literasi Statistik Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11 (1), 156–169.
  12. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  13. Supardi. (2020). supardi. 2020.Landasan Pengembangan Bahan Ajar.Mataram. https://books.google.co.id/books?id=orQPEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=BAHAN+AJAR&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwie783e8azwAhWWaCsKHZ51AikQ6AEwAXoECAAQAg#v=onepage&q=BAHANAJAR&f=false
  14. Teman Mengajar. (2023). Mengapa Perlu Understanding by Design/Backward Design?. hhtps://youtu.be/CpD5cmiN3CU?si=dNS8O7-0oF6236sz
  15. Wati, W. (2022). Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan Understanding by Design Pada Pembelajaran PAI SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(4), 373–378. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau