Isi Artikel Utama

Abstrak

Modul ajar kurikulum merdeka merupakan sebuah dokumen untuk rencana pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas, banyak guru yang belum menerapkan modul ajar berbasis budaya, khususnya budaya kain Ulos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul ajar kurikulum merdeka berbasis etnomatematika kain Ulos Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan model pengembangan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate). Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 di SMP Negeri 2 Bilah Hilir. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket dan soal tes berbasis etnomatematika kain Ulos. Desain uji coba yaitu uji kelompok kecil dengan 6 siswa kelas VII-3 dan uji kelompok besar dengan 31 siswa kelas VII-1. Hasil validasi memperoleh rata-rata 87,22% dengan kriteria sangat valid. Hasil angket respon siswa kelompok besar sebesar 8,31% dengan kriteria sangat praktis. Hasil tes berbasis etnomatematika kain Ulos dinyatakan sangat efektif dengan rata-rata sebesar 87,09%. Berdasarkan uraian tersebut hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar kurikulum merdeka kain Ulos Sumatera Utara dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi garis dan sudut.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ristayani, D., wulandari, W., & Isfayani, E. (2024). PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA KAIN ULOS SUMATERA UTARA. JP2MS, 8(3), 410–419. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.3.410-419

Referensi

  1. Astuti, S. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Kain Ulos Batak Toba Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Konsep Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 45–50. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN
  2. Azizah, I., & Suryaningsih, Y. (2024). Pengembangan modul ajar berbasis etnomatematika pada materi bangun datar untuk peserta didik kelas V SD / MI. Mendali Mathematics and Education Journal, 6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jm.v6i1.6712
  3. Azminah, S. N., Citrasukmawati, A., Widayanti, E., Fajar Prihantini, A., Nur Oktaviani, R., Kristanto, W., & Aini Saura Putri, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Kearifan Lokal Pasuruan Berbasis Kurikulum Merdeka Di Satuan Paud. Pancasona, 2(2), 405–414. https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7605
  4. Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
  5. Fajarsari, A. P., Krisdiana, I., & Masfingatin, T. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Etnomatematika pada Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Geger. Seminar Nasional Matematika, Geometri, Statistika, Dan Komputasi, 434–440. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/33533%0Ahttps://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/download/33533/11694
  6. Fatmawati, I., & Umi Hanik. (2024). Penerapan Modul Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kearifan Lokal Tradisi Nyadran Sidoarjo. Jurnal Basicedu, 8(1), 806–814. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7189
  7. Fitraini, D., & Andriani, L. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Model Pembelajaran REACT Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Siswa MTs Kabupaten Kampar. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 079. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.10654
  8. Herizal, H., Nuraina, N., Rohantizani, R., & Marhami, M. (2022). Profil TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 1847–1857. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2665
  9. Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
  10. Ignasius, P., Jawa, J., Robert, A., Sidabalok, S., Rudhito, M. A., Dharma, U. S., & Toba, U. B. (2024). Etnomatematika pada Pakaian Adat Ulos Batak Toba dan Implementasi dalam Rancangan Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7, 180–189. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3204
  11. Jannah, S. R., Munandar, K., Wadiono, G., & Aisah, D. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi dengan Model PjBL dan Pendekatan CRT. Jurnal Biologi, 1(4), 1–11. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1994
  12. Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2023). Penerapan PjBL (Project Based Learning) dengan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi Kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1–9. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1986
  13. Kurniawati, Y., & Ummah, S. (2023). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Stem-Pbl Pada Materi Statistika. Conscilience: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 48. https://doi.org/10.30587/jc.v1i2.6420
  14. Marlina, E. (2023). Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Menengah Pertama (Smp). Journal of Community Dedication, 3(1), 88–97. https://doi.org/https://adisampublisher.org/index.php/pkm/article/view/266
  15. Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Keguruan dan, F. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/384
  16. Saragih, J. D. G. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kain Ulos Hela Suku Batak Toba Terhadap Konsep Bangun Datar. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 9(2), 106–112. https://doi.org/10.36706/jisd.v9i2.19091
  17. Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05
  18. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
  19. Widayat, E. (2022). Perbedaan Model Problem Based Learning Dan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Langkah Polya Difference Between The Problem Based Learning Model And The Student Team Achievement Di. Jurnal Edumatic, 3(i), 1–8.
  20. Wulandari, Nuraina, Fadhilla, M., Saputra, E., & Isfayani, E. (2023). Penerapan Metode Scaffolding Berbantuan Soal Hots Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. Jurnal Serambi Ilmu; Journal of Scientific Information and Educational Creativity, 24(1), 30–41.
  21. Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Sigma : Kajian Ilmu Pendidikan Matematika, 2(2011), 35–40.