Isi Artikel Utama
Abstrak
Modul ajar kurikulum merdeka merupakan sebuah dokumen untuk rencana pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas, banyak guru yang belum menerapkan modul ajar berbasis budaya, khususnya budaya kain Ulos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul ajar kurikulum merdeka berbasis etnomatematika kain Ulos Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan model pengembangan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate). Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 di SMP Negeri 2 Bilah Hilir. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket dan soal tes berbasis etnomatematika kain Ulos. Desain uji coba yaitu uji kelompok kecil dengan 6 siswa kelas VII-3 dan uji kelompok besar dengan 31 siswa kelas VII-1. Hasil validasi memperoleh rata-rata 87,22% dengan kriteria sangat valid. Hasil angket respon siswa kelompok besar sebesar 8,31% dengan kriteria sangat praktis. Hasil tes berbasis etnomatematika kain Ulos dinyatakan sangat efektif dengan rata-rata sebesar 87,09%. Berdasarkan uraian tersebut hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar kurikulum merdeka kain Ulos Sumatera Utara dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi garis dan sudut.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Disky Ristayani, Wulandari wulandari, Erna Isfayani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Astuti, S. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Kain Ulos Batak Toba Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Konsep Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 45–50. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN
- Azizah, I., & Suryaningsih, Y. (2024). Pengembangan modul ajar berbasis etnomatematika pada materi bangun datar untuk peserta didik kelas V SD / MI. Mendali Mathematics and Education Journal, 6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jm.v6i1.6712
- Azminah, S. N., Citrasukmawati, A., Widayanti, E., Fajar Prihantini, A., Nur Oktaviani, R., Kristanto, W., & Aini Saura Putri, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Kearifan Lokal Pasuruan Berbasis Kurikulum Merdeka Di Satuan Paud. Pancasona, 2(2), 405–414. https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7605
- Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
- Fajarsari, A. P., Krisdiana, I., & Masfingatin, T. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Etnomatematika pada Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Geger. Seminar Nasional Matematika, Geometri, Statistika, Dan Komputasi, 434–440. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/33533%0Ahttps://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/download/33533/11694
- Fatmawati, I., & Umi Hanik. (2024). Penerapan Modul Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kearifan Lokal Tradisi Nyadran Sidoarjo. Jurnal Basicedu, 8(1), 806–814. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7189
- Fitraini, D., & Andriani, L. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Model Pembelajaran REACT Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Siswa MTs Kabupaten Kampar. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 079. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.10654
- Herizal, H., Nuraina, N., Rohantizani, R., & Marhami, M. (2022). Profil TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 1847–1857. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2665
- Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
- Ignasius, P., Jawa, J., Robert, A., Sidabalok, S., Rudhito, M. A., Dharma, U. S., & Toba, U. B. (2024). Etnomatematika pada Pakaian Adat Ulos Batak Toba dan Implementasi dalam Rancangan Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7, 180–189. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3204
- Jannah, S. R., Munandar, K., Wadiono, G., & Aisah, D. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi dengan Model PjBL dan Pendekatan CRT. Jurnal Biologi, 1(4), 1–11. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1994
- Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2023). Penerapan PjBL (Project Based Learning) dengan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi Kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1–9. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1986
- Kurniawati, Y., & Ummah, S. (2023). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Stem-Pbl Pada Materi Statistika. Conscilience: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 48. https://doi.org/10.30587/jc.v1i2.6420
- Marlina, E. (2023). Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Menengah Pertama (Smp). Journal of Community Dedication, 3(1), 88–97. https://doi.org/https://adisampublisher.org/index.php/pkm/article/view/266
- Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Keguruan dan, F. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/384
- Saragih, J. D. G. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kain Ulos Hela Suku Batak Toba Terhadap Konsep Bangun Datar. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 9(2), 106–112. https://doi.org/10.36706/jisd.v9i2.19091
- Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
- Widayat, E. (2022). Perbedaan Model Problem Based Learning Dan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Langkah Polya Difference Between The Problem Based Learning Model And The Student Team Achievement Di. Jurnal Edumatic, 3(i), 1–8.
- Wulandari, Nuraina, Fadhilla, M., Saputra, E., & Isfayani, E. (2023). Penerapan Metode Scaffolding Berbantuan Soal Hots Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. Jurnal Serambi Ilmu; Journal of Scientific Information and Educational Creativity, 24(1), 30–41.
- Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Sigma : Kajian Ilmu Pendidikan Matematika, 2(2011), 35–40.
Referensi
Astuti, S. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Kain Ulos Batak Toba Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Konsep Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 45–50. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN
Azizah, I., & Suryaningsih, Y. (2024). Pengembangan modul ajar berbasis etnomatematika pada materi bangun datar untuk peserta didik kelas V SD / MI. Mendali Mathematics and Education Journal, 6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jm.v6i1.6712
Azminah, S. N., Citrasukmawati, A., Widayanti, E., Fajar Prihantini, A., Nur Oktaviani, R., Kristanto, W., & Aini Saura Putri, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Kearifan Lokal Pasuruan Berbasis Kurikulum Merdeka Di Satuan Paud. Pancasona, 2(2), 405–414. https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7605
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Fajarsari, A. P., Krisdiana, I., & Masfingatin, T. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Etnomatematika pada Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Geger. Seminar Nasional Matematika, Geometri, Statistika, Dan Komputasi, 434–440. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/33533%0Ahttps://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/download/33533/11694
Fatmawati, I., & Umi Hanik. (2024). Penerapan Modul Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kearifan Lokal Tradisi Nyadran Sidoarjo. Jurnal Basicedu, 8(1), 806–814. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7189
Fitraini, D., & Andriani, L. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Model Pembelajaran REACT Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Siswa MTs Kabupaten Kampar. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 079. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.10654
Herizal, H., Nuraina, N., Rohantizani, R., & Marhami, M. (2022). Profil TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 1847–1857. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2665
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Ignasius, P., Jawa, J., Robert, A., Sidabalok, S., Rudhito, M. A., Dharma, U. S., & Toba, U. B. (2024). Etnomatematika pada Pakaian Adat Ulos Batak Toba dan Implementasi dalam Rancangan Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7, 180–189. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3204
Jannah, S. R., Munandar, K., Wadiono, G., & Aisah, D. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi dengan Model PjBL dan Pendekatan CRT. Jurnal Biologi, 1(4), 1–11. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1994
Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2023). Penerapan PjBL (Project Based Learning) dengan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi Kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1–9. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1986
Kurniawati, Y., & Ummah, S. (2023). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Stem-Pbl Pada Materi Statistika. Conscilience: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 48. https://doi.org/10.30587/jc.v1i2.6420
Marlina, E. (2023). Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Menengah Pertama (Smp). Journal of Community Dedication, 3(1), 88–97. https://doi.org/https://adisampublisher.org/index.php/pkm/article/view/266
Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Keguruan dan, F. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/384
Saragih, J. D. G. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kain Ulos Hela Suku Batak Toba Terhadap Konsep Bangun Datar. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 9(2), 106–112. https://doi.org/10.36706/jisd.v9i2.19091
Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Widayat, E. (2022). Perbedaan Model Problem Based Learning Dan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Langkah Polya Difference Between The Problem Based Learning Model And The Student Team Achievement Di. Jurnal Edumatic, 3(i), 1–8.
Wulandari, Nuraina, Fadhilla, M., Saputra, E., & Isfayani, E. (2023). Penerapan Metode Scaffolding Berbantuan Soal Hots Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. Jurnal Serambi Ilmu; Journal of Scientific Information and Educational Creativity, 24(1), 30–41.
Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Sigma : Kajian Ilmu Pendidikan Matematika, 2(2011), 35–40.